Terbaru: Powerboat F1 Bisa Ditonton Dengan Kerbau dan Sapi, Presiden Jokowi Disebut Teten


TEMPO.CO, Jakarta – Kabar ekonomi dan bisnis terkini Rabu sore hingga malam ini, 8 Februari 2023, mulai dari Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Arya Sinulingga, menyinggung event F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, akan segera menjadi tontonan publik. Orang bisa menonton kerbau dan sapi bersama-sama.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk membahas tindak lanjut berbagai koperasi bermasalah, seperti Indosurya.

Lebih lanjut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, 70 persen sampah plastik akan hilang dari lautan Indonesia pada tahun 2025.

Namun, PT Aviasi Parwisata Indonesia atau InJourney memprediksi dampak ekonomi yang bisa diraih dari ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, setidaknya bisa mencapai Rp 220 miliar.

Terakhir, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta agar pilot dan penumpang pesawat Susi Air yang hingga kini masih ditahan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

Lima berita terbaru ini paling banyak diakses oleh pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis tempo.co. Berikut rangkuman dari lima berita trending tersebut:

1. Stafsus Erick Thohir: Acara Powerboat F1 Tontonan Rakyat, Bisa Ditonton Bersama Kerbau dan Sapi

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Arya Sinulingga mengatakan, ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, akan menjadi tontonan masyarakat. Kejuaraan dunia balap perahu motor Formula 1 akan digelar mulai 24 hingga 26 Februari.

“Saya mendapat berita dari InJourney, tempat untuk menonton, orang bisa menonton terutama kerbau dan sapi. Nanti ini juga jadi ajang yang di luar negeri jadi tontonan orang kaya, di Indonesia jadi tontonan rakyat,” kata Arya dalam acara Ngopi BUMN F1 Powerboat Danau Toba di Kementerian BUMN, Rabu, 8 Februari 2019. , 2023.

Selain menjadi ajang olahraga, Arya menyebut Powerboat F1 pun akan mendapatkan pemasukan dari usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Sebab, pihak penyelenggara menyediakan tempat bagi UMKM untuk bisa menjual produknya. “Jadi, ini yang kami yakini akan dilakukan ekonomi kerakyatan,” kata Arya.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

2. Jokowi Panggil Teten Untuk Usut Kasus Indosurya cs, OJK dan LPS Bakal Dibentuk Koperasi Khusus

Presiden Joko Widodo atau Jokowi siang ini menelepon Menteri Koperasi Teten Masduki untuk membahas tindak lanjut berbagai koperasi bermasalah, salah satunya rencana revisi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Melalui revisi aturan ini, pemerintah membuat pembentukan Otoritas Pengawas Koperasi yang merupakan pengawas koperasi seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengurusi perbankan dan asuransi.

“(Langsung) di bawah UU, kalau pemerintah, Kementerian Koperasi tidak ada struktur ke bawah,” kata Teten yang datang menemui Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2022.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

3. Targetkan 70 Persen Sampah Plastik Hilang dari Laut pada 2025, Luhut: Saat Ini 35,5 Persen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan 70 persen sampah plastik akan hilang dari lautan Indonesia pada tahun 2025.

“Kita punya komitmen 2025, 70 persen sampah plastik sudah selesai, tahun ini kita selesaikan 35,5 persen sampah plastik di laut,” kata Luhut dalam sambutannya di fasilitas acara Coca Cola yang disiarkan secara virtual, Rabu, 8 Februari 2023.

Luhut mengatakan, kehadiran fasilitas daur ulang buatan perusahaan minuman soda tersebut diharapkan dapat membantu komitmen Indonesia dalam mengatasi masalah sampah plastik.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

4. InJourney Prediksi Dampak Ekonomi Event Powerboat F1 Danau Toba Rp 220 Miliar

PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney memprediksi dampak ekonomi yang bisa diraih dari ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, bisa mencapai setidaknya Rp 220 miliar.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia Maya Watono mengatakan, hal itu bisa terjadi karena melibatkan banyak masyarakat setempat.

“Estimasi kami Rp 220 miliar belum termasuk multiplier effect. Kalau dengan multiplier effect, mungkin 1,5 kali lebih bisa mencapai Rp 300 miliar,” ujar Maya dalam acara Ngopi BUMN F1 Powerboat Danau Toba di Kementerian BUMN, Rabu, 8 Februari 2023.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

5. Pilot dan Penumpang Susi Air Masih Disandera KKB, Susi Pudjiastuti: Mohon Doanya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi pesawat Susi Air yang tidak bisa dihubungi di Nduga, Papua, dan tidak teridentifikasi oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Pilot dan penumpang pesawat pilot masih disandera oleh KKB.

“Mohon doa dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan.. Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY,” kicau Susi melalui akun Twitternya @susipudjiastuti, Selasa, 7 Februari 2023.

Sejak diunggah pada Selasa sore, cuitan tersebut telah disukai 5.811 orang dan di-retweet sebanyak 1.257 kali.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

Pilihan Redaksi: Zulhas Temukan Timbunan Minyak 515 Ton, ID FOOD: Rapat Hari Ini, Kami Sebut Pelaku Usaha

Ikuti berita terbaru dari Tempo di Google News, klik Di Sini.


Terbaru: Powerboat F1 Bisa Ditonton Dengan Kerbau dan Sapi, Presiden Jokowi Disebut Teten

#Terbaru #Powerboat #Bisa #Ditonton #Dengan #Kerbau #dan #Sapi #Presiden #Jokowi #Disebut #Teten

Source: bisnis.tempo.co