Kasus Gagal Ginjal Akut Muncul Lagi, Wakil Ketua DPR Minta Kemenkes dan Komisi IX Lakukan Ini


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi soal gagal ginjal akut atau gangguan ginjal akut pada anak (GGAPA) yang muncul kembali. Dasco meminta Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk mewujudkannya.

Dasco meminta Komisi IX dan Kementerian Kesehatan untuk menentukan apakah kasus ini harus dilihat lagi setelah yang sebelumnya sudah ditulis.

“Kami akan meminta komisi teknis dan pemerintah untuk mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi lagi, apakah ada obat yang belum ditarik yang beredar di masyarakat. Ini cukup sulit, terutama di daerah terpencil,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Sufmi Dasco menyebutkan termasuk GGAPA bahwa ini bukan pertama kalinya harus ditangani dengan cara yang lebih keras daripada kaca dalam kasus sebelumnya.

“Bersama-sama kita belajar dan belajar, kemudian kita mengambil tindakan-tindakan yang dianggap perlu dan tegas menurut saya agar hal ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Saya tidak ingin menyebut pemerintah sebagai pecundang

Politisi Partai Gerindra menyebut kegagalan pemerintah seperti GGAPA yang terjadi. Namun, ada beberapa tindakan yang diambil pemerintah terhadap obat-obatan yang terkontaminasi senyawa kimia etilen glikol (EG) atau dietilen glikol (DEG) yang melebihi batas aman.

“Persis seperti ini kita perhatikan apa yang dilakukan pemerintah dengan segera menarik obat-obatan yang sudah beredar di masyarakat,” ujarnya.

Dengan itu, lanjutnya, dapat dilakukan evaluasi guna mengambil langkah-langkah yang lebih tepat agar hal semacam ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Untuk itu akan kami evaluasi dan kemudian akan ada tindakan yang terukur dan tegas dalam hal antisipasi agar hal ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Apalagi, ada kasus baru gagal ginjal akut di DKI Jakarta


Kasus Gagal Ginjal Akut Muncul Lagi, Wakil Ketua DPR Minta Kemenkes dan Komisi IX Lakukan Ini

#Kasus #Gagal #Ginjal #Akut #Muncul #Lagi #Wakil #Ketua #DPR #Minta #Kemenkes #dan #Komisi #Lakukan #Ini

Source: nasional.tempo.co