Fakta terbaru kasus gagal ginjal akut pada anak yang kembali mengemuka


TEMPO.CO, Jakarta – Belakangan ini, kasus gagal ginjal akut kembali muncul. Setidaknya ada dua kasus yang dilaporkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Seorang anak di Jakarta lahir akibat penyakit ini pada 1 Februari 2023. Sementara yang lain masih ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya disebut mengalami gejala gagal ginjal akut setelah diberi sirup penurun panas.

“Penambahan kasus tercatat tahun ini, satu kasus konfirmasi GGAPA (Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal), dan satu kasus suspek,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, M Syahril, Senin, 6 Februari 2023.

Fakta Terbaru Kasus Gagal Ginjal Akut

1. Satu tersangka kasus di Solo

Selain dua kasus di Jakarta, ada satu kasus lagi di Solo. Kasus ini dilaporkan Direktur RSUD Moewardi Solo Cahyono Hadi. Pihaknya menyebut ada seorang pasien anak dengan kondisi gagal ginjal saat dirawat di rumah sakit tersebut. Namun, ini berarti kasus pasien tidak termasuk dalam kriteria gagal ginjal akut. Dalam kabar terbaru, kondisi sang anak dilaporkan setelah mengalami beberapa gejala.

2. Pemerintah mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes sebenarnya sudah menyatakan hal ini November lalu. Kasus terakhir terjadi pada awal Desember tahun lalu. Dengan kejadian baru ini, pemerintah mengorganisir dinas kesehatan masing-masing daerah untuk mengawasi. Terutama gejala GGAPA pada anak-anak. Orang tua juga diminta untuk berhati-hati saat berhadapan dengan anak yang mengalami demam.

3. Pemerintah akan mengecek tanggal rilis obat penyebab gagal ginjal akut

Sementara itu, Kementerian Kesehatan memastikan obat yang diduga menjadi penyebab penyakit ginjal akut pada anak sudah ditarik dari peredaran. Juru Bicara M. Syahril menyebutkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan perintah penghentian sementara produksi dan peredaran obat-obatan tersangka hingga penyidikan selesai. Dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih lanjut terhadap sampel darah dan obat pasien.

“Terkait perintah penghentian sementara dari BPOM, industri farmasi memiliki izin obat dan telah melakukan penarikan sukarela (voluntary drug withdrawal),” kata Syahril.

4. Sirup Praxion sedang menjadi sorotan

Obat sirup Praxion menjadi sorotan setelah diduga menjadi penyebab munculnya GGAPA baru. BPOM berhasil memasukkan sirup ini ke dalam daftar obat yang aman dikonsumsi. Berdasarkan penelusuran Tempo, BPOM memasukkan Praxion ke dalam daftar obat aman pada 29 Desember 2022. Nama obat ini masuk dalam lampiran penjelasan BPOM RI No. HM.01.1.2.12.22.191. Praxion masuk dalam daftar 176 sirup obat yang memenuhi syarat berdasarkan verifikasi data hasil pengujian bahan baku.

5. PT Pharos Indonesia secara sukarela menarik produknya

PT Pharos Indonesia secara sukarela menarik obat sirup penurun demam, Praxion, dari peredaran. Recall sukarela ini dilakukan sebagai akibat tanggung jawab Pharos terkait kejadian pasien gagal ginjal akut.

“Sebagai langkah penting, PT Pharos Indonesia telah melakukan penarikan sukarela produk Praxion dari batch terkait sebagai tanggung jawab industri farmasi,” kata Director of Corporate Communications PT Pharos Indonesia Ida Nurtika, Selasa, 7 Februari 2023.

6. Bareskrim Polri akan turun tangan

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri masih menunggu hasil uji laboratorium dari BPOM sebelum turun tangan memeriksa produsen Praxion. Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Brigjen Pipit Rismanto mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan BPOM apakah Praxion melebihi ambang batas kandungan zat berbahaya atau tidak.

“Yang dikonsumsi adalah informasi sementara, Praxion yang terakhir. Dulu ada, sebelum ini kami ingin tahu,” kata Pipit, Selasa 7 Februari 2023 tentang kasus gagal ginjal akut pada seorang anak.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Pilihan redaksi: Kemenkes mengimbau para dokter untuk segera merujuk pasien dengan indikasi gagal ginjal akut ke rumah sakit

Ikuti berita terbaru dari Tempo.co di Google News, klik Di Sini.


Fakta terbaru kasus gagal ginjal akut pada anak yang kembali mengemuka

#Fakta #terbaru #kasus #gagal #ginjal #akut #pada #anak #yang #kembali #mengemuka

Source: nasional.tempo.co