SBR012 Tawarkan Banyak Keuntungan Bagi Investor – Majikanpulsa.com

SBR012 Tawarkan Banyak Keuntungan Bagi Investor – Majikanpulsa.com

#SBR012 #Tawarkan #Banyak #Keuntungan #Bagi #Investor #Majikanpulsa.com

Dalam berinvestasi, diversifikasi merupakan strategi yang tidak boleh dilewatkan oleh semua investor. Pasalnya, strategi ini mampu membantu pemilik modal dalam melindungi nilai asetnya dari risiko volatilitas dan gejolak di pasar Saham. Secara sederhana, diversifikasi ini dapat dilakukan dengan mengalokasikan sebagian modal investasi pada instrumen yang memiliki risiko rendah dan pergerakan harga yang stabil.

Bicara tentang instrumen investasi dengan tingkat resiko yang rendah, pernahkah anda mendengar produk bernama SBR? Merupakan produk yang dijamin oleh pemerintah, investasi pada instrumen ini dikenal aman dan tidak memiliki resiko gagal bayar. Di Indonesia sendiri setiap tahunnya terdapat berbagai penawaran produk SBR yang tentunya sangat menarik bagi investor yang ingin membeli instrumen berisiko rendah.

Sebagai produk SBR pertama yang ditawarkan di tahun 2023, Anda pasti perlu memahami apa itu SBR012 jika ingin membelinya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja yang ditawarkan produk tersebut, beserta sederet keuntungan yang bisa didapatkan investor.

Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita simak ulasan SBR012 sebagai produk SBN Ritel pertama di tahun 2023 berikut ini.

Tentang Produk SBR atau Obligasi Tabungan Eceran

Tentang SBR012 yang perlu Anda ketahui

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang SBR012

Sebelum membahas penawaran produk SBR012, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu alias SBR Obligasi Tabungan Eceran. Pada dasarnya SBR merupakan jenis produk SBN Ritel yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut tidak dapat diperdagangkan atau tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Dengan kata lain, investor hanya dapat membeli produk atau instrumen investasi ketika masih dalam masa penawaran. Itu sebabnya investor yang sudah membeli produk juga harus menahannya hingga jatuh tempo.

Namun dengan memiliki produk ini, investor bisa mendapatkan fasilitas yang disebut penebusan awal atau pelunasan awal. Dengan fasilitas ini, pemilik produk SBR dapat mengajukan penarikan dana awal yang dapat mencapai maksimal 50 persen dari nilai pembelian.

Permohonan produksi awal ini hanya dapat dilakukan ketika masa kepemilikan produk SBR telah melewati setengahnya periode memegang. Oleh karena itu, investor harus memahami ketentuan instrumen tersebut sebelum membelinya dan menyesuaikan keadaan dan kebutuhan keuangannya.

Kemudian mengenai keunggulan atau keunggulan yang ditawarkannya sendiri juga berbeda dengan berbagai jenis produk investasi lainnya. Dibandingkan dengan instrumen investasi seperti Saham dan real estate, investasi produk SBR bisa dikatakan memiliki tingkat resiko yang sangat rendah.

Berikut berbagai keuntungan investasi SBR.

  • Perlindungan yang terjamin dari negara sehingga resiko gagal bayar hampir tidak mungkin bagi investor.
  • Tidak ada risiko suku bunga karena kuponnya floating, dan ada minimum nominal kupon.
  • Memiliki fasilitas cash out awal atau penebusan awal yang dapat disajikan sebelum akhir periode jatuh tempo.
  • Bisa dibeli dengan modal mulai dari 1 juta rupiah.
  • Berkontribusi dalam proses pembangunan di Indonesia melalui investasi SBR.

Meski begitu, masih ada beberapa kerugian yang perlu dipahami investor SBR. Yang pertama adalah sifatnya tidak dapat diperdagangkan alias tidak bisa dijual ke investor lain setelah dimiliki. Oleh karena itu, investor perlu mencari cara diversifikasi lain untuk mengurangi risiko tidak dapat menarik kembali dana yang disimpan dalam produk tersebut pada saat yang mendesak.

Baca Juga: Yuk Kenali investasi Digital, Pilihan dan Tips Amannya

Tentang Penawaran Produk SBR012

SBR012 merupakan seri pertama SBN Ritel 2023 yang dibuka periode penawarannya mulai 19 Januari hingga 09 Februari 2023. Mengacu pada penjelasan SJPPR Kementerian Keuangan, ada yang baru dalam penawaran produk SBN Ritel ini. Bagi investor yang ingin membeli produk SBR ini terdapat 2 pilihan cabang atau tahap yang bisa dipilih dengan 2 varian tenor yang berbeda.

Nah, produk SBR012 ini diterbitkan dengan opsi tenor atau jangka waktu 2 tahun untuk produk SBR012-T2, dan tenor 4 tahun untuk produk SBR012-T4. Di kedua cabang SBR tersebut, terdapat berbagai perbedaan lain selain jangka waktu atau tenor investasi. Beberapa di antaranya terkait dengan tingkat kupon atau yield, meskipun keduanya masih sama atau memiliki sifat floating yang sama mengambang dengan lantai alias batas minimal .

Di satu sisi, prospek investasi produk SBN Ritel masih memiliki peluang yang cukup besar di tengah dinamika perekonomian global. Produk ini hadir sebagai pilihan alternatif yang aman karena dijamin oleh negara, relatif terjangkau, dan mampu mendukung pembiayaan APBN. Selain itu, dengan kupon yang dibagikan setiap bulan, investor SBR012 juga dapat menggunakannya untuk menambah pendapatan dan penghasilan bulanan pendapatan pasif .

Baca Juga: Ini Pengertian Return Reksa Dana dan Cara Menghitungnya

Perbedaan Tipe SBR012 T2 dan T4

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai perbedaan antara produk SBR012 T2 dan T4, seperti durasi atau tenor dan besaran kupon yang diberikan. Namun, selain kedua poin tersebut, masih banyak perbedaan lain antara cabang T2 dan T4 SBR012 yang harus dipahami investor sebelum membelinya.

Berikut rincian perbedaan antara SBR012-T2 dan SBR012-T4 yang penting untuk dipahami.

Seri

SBR012-T2

SBR012-T4

Periode Penawaran atau Waktu

19 Januari hingga 9 Februari 2023

19 Januari hingga 9 Februari 2023

membentuk

Itu tidak memiliki skrip dan tidak dapat diperdagangkan

Itu tidak memiliki skrip dan tidak dapat diperdagangkan

Mengatur waktu

13 Februari 2023

13 Februari 2023

Penempatan

15 Februari 2023

15 Februari 2023

Tenggat waktu

10 Februari 2025

10 Februari 2027

Pemesanan minimum

1 juta rupiah

1 juta rupiah

Pesanan Maksimum

5 miliar rupiah

10 miliar rupiah

Tanggal pembayaran kupon

Setiap 10 hari dalam sebulan

Setiap 10 hari dalam sebulan

Pembayaran kupon pertama

10 Maret 2023 dengan kupon pendek

10 Maret 2023 dengan kupon pendek

Periode pengiriman fasilitas penebusan awal

26 Februari 2024 hingga 5 Maret 2024

24 Februari 2025 hingga 4 Maret 2025

Penyelesaian Penebusan Awal

11 Maret 2024

10 Maret 2025

Dilihat dari rekam jejak penawaran seri SBR sebelumnya, SBN Ritel cenderung laris manis dan banyak diminati investor. Bahkan, tidak sedikit seri yang sebelum masa penawaran berakhir, kuota sudah habis dipakai investor. Hal ini wajar karena instrumen investasi tersebut mampu memberikan berbagai keuntungan yang menguntungkan bagi pemiliknya

Cara Membeli Produk SBR012

Beli SBR012

Beli SBR012

Lalu, dimanakah produk SBR012 ini bisa dibeli dan dimiliki oleh para pihak investor? Pada dasarnya saat ini jumlahnya banyak peron investasi berbasis on line yang telah terpilih sebagai mitra resmi untuk membeli produk investasi ini. Lebih detail, ada 29 mitra distribusi resmi pemerintah maupun mitra sub distribusi yang menawarkan produk SBR ini.

Untuk cara membelinya sendiri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, register atau daftarkan akun di peron mitra distribusi resmi produk SBR012 dengan mengisi data diri yang diminta.
  • Setelah akun berhasil dibuat, Anda bisa memesan produk SBR012 selama penawaran masih berjalan.
  • Setelah pesanan dikonfirmasi, investor akan menerima kode pembayaran atau penagihan melalui surel.
  • Kode pembayaran dapat digunakan untuk menyetor dana investasi melalui bank, baik melalui ATM, kasir, internet banking, atau perbankan seluler dll.
  • Kemudian, Penempatan atau konfirmasi bahwa investor akan menerima NTPN atau Nomor Transaksi Penerimaan Negara.
  • Setelah itu, notifikasi bahwa order telah berhasil dieksekusi akan didapatkan oleh investor dan menjadikannya sebagai pemilik resmi produk SBR012.
  • Investor juga akan menerima alokasi SBR012 pada tanggal penerbitan atau larutan.

Jadi, Tertarik Berinvestasi dan Mendukung APBN?

Demikian penjelasan rangkaian produk SBN Ritel SBR012 yang akan ditawarkan mulai 19 Januari hingga 9 Februari 2023. Pada dasarnya, produk ini tetap menawarkan manfaat dan keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan seri SBN Ritel yang dirilis sebelumnya.

Nah, dengan fitur dan keunggulan tersebut, apakah Anda tertarik untuk membeli produk ini agar bisa mendapatkan keuntungan sekaligus dukungan investasi dan pendanaan APBN Indonesia?

Baca Juga: Pahami Obligasi Pemerintah Sebelum Mulai Berinvestasi


SBR012 Tawarkan Banyak Keuntungan Bagi Investor – Majikanpulsa.com

#SBR012 #Tawarkan #Banyak #Keuntungan #Bagi #Investor #Majikanpulsa.com