Apa itu saham ARA, batasan dan keuntungan bagi investor

Apa itu saham ARA, batasan dan keuntungan bagi investor

,

Saham ARA adalah saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang berkaitan dengan asuransi jiwa. Saham ARA memungkinkan investor untuk melakukan investasi dalam asuransi jiwa, yang dapat meningkatkan pendapatan mereka. Saham ARA diterbitkan dengan jumlah yang terbatas dan memiliki batasan tertentu. Batasan ini mencakup jangka waktu, jumlah saham yang dapat dibeli, dan harga saham. Keuntungan dari investasi saham ARA termasuk proteksi asuransi, peningkatan pendapatan, dan potensi peningkatan nilai jangka panjang. Investasi saham ARA juga dapat meningkatkan diversifikasi portofolio investor dan memberikan keamanan finansial.

Dalam dunia investasi saham, Anda akan menjumpai sejumlah istilah baru yang mungkin baru Anda dengar. Istilah-istilah tersebut perlu Anda ketahui agar dalam kegiatan investasi saham menjadi lebih mudah dipahami. Istilah yang sering digunakan untuk investasi adalah ekuitas ARA dan ekuitas ARB.

Di tahun 2023, equity ARA dan equity ARB sudah sering terdengar, khususnya bagi Anda yang berkecimpung di bidang investasi saham. Salah satu yang ramai dibicarakan adalah Bukalapak yang menyelesaikan IPO dan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2023 lalu mengalami ARA karena kenaikan minat dari saham perseroan.

Kedua ungkapan dalam dunia saham ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan sifat saham yaitu berfluktuasi. Terkadang saham perusahaan mengalami ARA, namun mungkin mengalami ARB keesokan harinya. Apa itu stok ARA dan stok ARB? Bagi Anda yang masih pemula, mari pelajari lebih lanjut untuk memudahkan Anda saat terjun ke dunia investasi saham. Ini penjelasannya.

Apa itu Saham ARA?

ARA Shares adalah singkatan dari auto-rejection yang berarti mekanisme perdagangan yang berlaku di pasar saham Indonesia. Penerapan sistem ini dilakukan melalui Jakarta Automated Trading System (JATS) next-G yang berfungsi untuk menyelenggarakan perdagangan saham dan surat berharga.

Sistem ini dapat menangani setiap permintaan untuk membeli dan menjual saham, meskipun ketika saham tersebut mencapai harga tertentu, maka secara otomatis sistem akan menolaknya. Fenomena ini dikenal sebagai ARA. Istilah ARA adalah ketika harga jual saham melebihi batas kertas yang telah ditentukan.

Batas stok ARA dan ARB 2023

Penetapan batas atas berupa persentase Bi telah menetapkan batas atas saham ARA dengan mempertimbangkan harga jual yaitu:

Bentuk harga saham Nilai ARA
Rp50 – Rp200 > 35%
> Rp 200 – Rp 5.000 > 25%
> Rp5.000 > 20%

Untuk mengetahui ARA, Anda hanya perlu melihat apakah saham tersebut memiliki order antrian jual atau tidak. Misalnya harga Samsung A10 kemarin Rp 3.000, maka nilai ARA sahamnya adalah 25% berdasarkan aturan BEI. Jadi pada mode ini sistem JATS NEXT -G akan menghitung ARA saham untuk perdagangan hari ini.

Berapa persentase ARB? Sedangkan untuk ARB, harga saham acuan mulai dari Rp. 50 – Rp. 200 maka batas bawah ARB dalam sehari adalah 7%. Untuk harga saham mulai dari Rp. 200 – Rp. 5.000, batas bawah 7% per hari. Maka harga saham > Rp 5.000, batas penurunan sehari adalah 7%.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa batas penolakan otomatis untuk IPO atau saham baru tercatat adalah urutan besarnya 2x lebih besar dari persentase. Berlaku untuk pembelian saham maksimal 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang terdaftar (lihat yang lebih kecil). Jika lebih, maka dapat dipengaruhi oleh penolakan otomatis. Sejak pandemi di Indonesia, ARB berubah menjadi 7%.

Definisi Saham ARB

Saham ARB adalah penolakan otomatis di bagian bawah yang digunakan untuk menentukan batas minimum penurunan harga suatu saham. Jadi ketika nilai persediaan mencapai ARB, sistem akan menolak semua pesanan pembelian. Dalam kondisi normal, BEI menetapkan nilai ARB pada kisaran 20% hingga 35%. Misalnya, ketika Perusahaan A dijual seharga Rp 5.000 pada penutupan pasar saham kemarin, batas ARB adalah 7%. Dengan begitu, perusahaan memiliki ARB sebesar Rp 4.650 dan jika pada saat itu terjadi penurunan harga maka secara otomatis sistem akan menolak pesanan pembelian tersebut.

Manfaat saham ARA

Auto reject over share ternyata memiliki keuntungan bagi investor dan perusahaan. Manfaat memegang saham ARA adalah untuk memastikan harga tidak terus naik tanpa batas. Berikut adalah keuntungan bagi investor dan perusahaan:

satu. Keuntungan bagi investor

Manfaat ARA dapat dirasakan oleh investor atau trader karena mereka akan mendapatkan keuntungan ketika membeli saham pada batas bawah kemudian menjualnya kembali pada saat harga berada pada batas atas. Manfaat tersebut bisa Anda rasakan jika sudah memiliki kemampuan menganalisis dan menentukan strategi di pasar saham. Adanya sistem ARA dan ARB pada saham akan terlihat dari kemampuannya memberikan jaminan kepada para pedagang sehingga mendapatkan saham dengan harga normal dan jangka waktu yang telah ditentukan.

b. Manfaat bagi perusahaan

Saham ARA juga memiliki keuntungan bagi perusahaan yaitu nilai saham akan terlindungi. Bagi saham ARA, keuntungannya adalah dapat mencegah terjadinya extreme equal value, sehingga dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, sistem ini dapat meminimalkan kerugian tersebut.

Fitur Saham ARA

Anda bisa melihat di kolom offer (sell) apakah sudah tidak ada lagi aktivitas antrian order. Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contohnya:

  • Saham Kencana ditutup di Rp. 3.000 pada 18 September 2023
  • Batas penolakan otomatis atas harga saham adalah 25%
  • Maksimal kenaikan harga saham Kencana pada 19 September 2023 adalah: Rp 3.000 + (Rp 3.000 x 25%) = Rp 3.750.
  • Jika saham Kencana melebihi harga Rp3.750, maka saham Kencana akan dikenakan ARA.

Cara menjual saham ARB

Selama perdagangan ARB dihentikan, jelas bahwa Anda tidak akan dapat mengirim pesanan beli atau jual. Namun ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menjual saham ARB. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

satu. Potong harga di pasar negosiasi

Untuk saham yang terpengaruh oleh ARB di pasar reguler, masih dapat diperdagangkan di pasar negosiasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah transaksi di pasar yang diperdagangkan ini tidak dapat dilakukan dengan menggunakan platform perdagangan saham biasa. Anda harus menghubungi broker (perusahaan sekuritas) secara khusus melalui email atau telepon untuk menawarkan saham ARB dengan harga tertentu.

Biasanya harganya jauh lebih murah dari yang tertera di buku pesanan pasar reguler. Perlu diingat bahwa saham ARB sedang mengalami sentimen jual yang kuat sehingga sulit untuk dijual dengan harga pasar yang wajar.

Solusi ini bisa dipilih jika ARB terjadi pada saham-saham yang memang sudah tidak memiliki masa depan lagi. Jadi Anda memilih cut loss daripada kehabisan modal karena saham tidur di level gocap atau bahkan delisting. Namun jika saham tersebut masih memiliki harapan untuk pulih, pilihan ini bukanlah pilihan yang tepat.

b. Menunggu hari perdagangan berikutnya

Biasanya, penghentian perdagangan ARB hanya terjadi selama satu hari. Jadi Anda bisa mencoba untuk menjualnya lagi pada hari perdagangan berikutnya. Namun, ada kemungkinan saham akan mengalami ARB lagi, sehingga Anda perlu melakukan order jual saham sejak awal pembukaan pasar. Dengan menggunakan skenario ini, ada kemungkinan harga yang dicapai akan lebih rendah dari harga saham hari sebelumnya, namun berpotensi lebih tinggi dari harga di pasar perdagangan.

c. Menunggu akhir dari pergolakan pasar

Biasanya fluktuasi harga saham yang sangat besar berlangsung selama beberapa hari. Untuk menghindari panic selling, Anda bisa menunggu hingga gejolak mereda. Saham dengan fundamental bagus yang mengalami ARB akibat momen gejolak biasanya akan pulih dalam jangka panjang. Sehingga alternatif pilihan bisa dilakukan. Namun, solusi ini dinilai kurang tepat untuk “saham gorengan” yang mengalami ARB karena dealer lepas kendali.

Ketentuan Berbagi ARA ARB

Saham yang berasal dari perusahaan dalam negeri yang telah go public atau tercatat akan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia atau BEI. BEI memiliki sistem yang dapat mengatur perdagangan saham agar berjalan lancar, termasuk untuk penentuan ARB dan ARA yaitu Jakarta Automated Trading System (JATS). Berdasarkan ketentuan di bawah ini, maka pergerakan harga saham setiap hari dalam perdagangan saham dapat mencapai ARA yaitu:

  • IPO atau pertama kali (IPO/IPO)
  • Tanggal tip adalah tanggal terakhir untuk memiliki saham dan dapat memperoleh hak karena aksi korporasi oleh emiten
  • Ada berita positif terkait ekspansi, akuisisi, dan bahkan proyek baru
  • Laporan keuangan dan laporan tahunan diterbitkan. Tentu saja karena ada catatan di dalamnya bahwa laporan tersebut telah menulis manfaat yang dianggap memuaskan.

Agar pergerakan harga saham tidak naik atau turun drastis dalam sehari, BEI menetapkan penolakan otomatis sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direksi nomor Kep-00023/BEI/03-2023. Berikut detailnya:

  • Batas kenaikan dan penurunan sebesar 35% dalam sehari untuk harga saham yang dihargai antara Rp 50 – Rp 200 per saham.
  • Batas kenaikan dan penurunan adalah 25% per hari untuk harga saham mulai dari Rp 200 – Rp 5.000
  • Batas kenaikan dan penurunan adalah 20% untuk harga saham di atas Rp5.000.

Saat menyetel penolakan otomatis, terdapat catatan khusus yang lebih bersifat situasional, yaitu:

  • Khusus untuk saham yang sudah tercatat di bursa atau baru masuk, batasannya adalah 2x persentase penolakan otomatis
  • Beli saham maksimal harga 50.000 lot atau 5% dari jumlah efek yang telah didaftarkan. Jika lebih dari itu, otomatis akan ditolak
  • Selama pandemi, ARB diubah menjadi 7% atau penolakan otomatis simetris. Hal itu bertujuan untuk menahan penurunan harga saham dan IHSG yang signifikan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham ARA

Jangan beli saham ARA saja? Saat Anda ingin membeli Saham ARA, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Khusus bagi Anda yang masih pemula dan belum tahu tentang ARA, sebaiknya pahami poin-poin di bawah ini. Yuk simak penjelasannya!

Analisis perbandingan harga negosiasi dan harga wajar

Harga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih emiten. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan dengan membandingkan harga yang wajar saat membeli saham. Untuk membantu, Anda dapat mengetahui berapa harga wajar atau diskon tertentu dari emiten sehingga Anda dapat melakukan perhitungan singkat nilai BVPS atau Book Value Per Share dari setiap saham.

Cari tahu kapitalisasi pasar yang besar dari emiten yang berminat

Anda dapat mengetahui besarnya nilai pasar dari saham yang Anda cari. Kapitalisasi pasar adalah nilai pasar yang menunjukkan jumlah dana yang harus dikeluarkan jika ingin membeli seluruh saham suatu perusahaan. Semakin besar kapitalisasi pasar suatu perusahaan, maka fundamentalnya akan semakin baik. Pada umumnya perusahaan dengan pasar yang besar tergolong maju dan berkembang ketika berada di first liner atau blue chips.

Tingkat kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah melihat seberapa tinggi tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan ekuitas.

Keuntungan berinvestasi saham bisa berupa capital gain atau dividen. Namun, tidak semua perusahaan membagikan dividen secara terstruktur kepada investornya, oleh karena itu ada baiknya melakukan riset terhadap suatu saham sebelum membelinya.

Mengetahui prospek masa depan perusahaan

Anda Anda butuhkan di masa depan Anda harus melihat perspektif dan kemungkinan untuk sebuah perusahaan Bagaimana di masa depan. Saham yang memiliki prospek jangka panjang dan cocok untuk tujuan investasi. Di sisi lain, pertimbangkan saham yang tidak memiliki prospek tersebut dan tidak cocok untuk tujuan investasi.

Analisis volatilitas saham

Sebelum membeli saham yang terkena ARA, sebaiknya Anda juga mengecek status fluktuasi saham secara berkala. Secara umum, saham-saham yang terkena dampak Ara diminati oleh investor karena dapat dengan cepat menganalisis setiap perubahan. Kemudian Anda bisa mengecek faktor apa saja yang mempengaruhi naik turunnya harga saham seperti kondisi ekonomi politik dan lainnya.

Kejar keuntungan maksimal dengan modal bisnis paling aman!

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Apa #itu #saham #ARA #batasan #dan #keuntungan #bagi #investor majikan pulsa Apa itu saham ARA, batasan dan keuntungan bagi investor