Spesial Hari Ibu: Daftar Ilmuwan Wanita Paling Bersejarah

Majikanpulsa.com – Spesial Hari Ibu: Daftar Ilmuwan Wanita Paling Bersejarah

#Spesial #Hari #Ibu #Daftar #Ilmuwan #Wanita #Paling #Bersejarah

Halo teman teman

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, artikel Pegadaian kali ini akan membahas tentang wanita-wanita hebat yang mengukir namanya dalam daftar ilmuwan paling berpengaruh sepanjang sejarah dan kemajuan peradaban dunia. Siapakah wanita-wanita hebat ini? Kami rangkum menjadi 6 ilmuwan perempuan versi Sahabat Pegadaian.

Daftar Ilmuwan Wanita Paling Berpengaruh dalam Sejarah.

1.Marie Curie

Marie Curie lahir di kota Warsawa, Polandia pada tanggal 7 November 1867. Tercatat Marie Curie berhasil meneliti dan mendemonstrasikan Radioaktivitas, Polonium dan Radium serta perkembangan Sinar-X yang kini dapat kita temukan dalam bentuk X- sinar. Bersama suaminya Pierre Curie, Marie melakukan banyak penelitian ilmiah lainnya. Pada tahun 1903, Marie memenangkan hadiah Nobel dalam bidang fisika, dan memenangkan hadiah Nobel dalam bidang kimia pada tahun 1911. Dia adalah satu-satunya ilmuwan wanita yang menerima hadiah Nobel dan satu-satunya manusia, baik pria maupun wanita, yang memenangkan Nobel. dua kali. Karena itu ia mendapat penghargaan lebih dari prestasinya di dua bidang ilmu yang berbeda yaitu fisika dan kimia.

2. Ada Lovelace

Ada Lovelace lahir di London, Inggris Raya pada tanggal 10 Desember 1815. Ada Lovelace adalah pemrogram komputer konvensional wanita pertama di dunia dan dia juga seorang matematikawan brilian yang berkontribusi besar bagi peradaban. Didampingi lagi oleh Charles Babbage yang dikenal sebagai bapak komputer pertama di dunia, Ada Lovelace berhasil menemukan dan menulis algoritma pertama untuk mesin analitik atau mesin analitik dengan tujuan menghitung bilangan Bernoulli. Algoritma penemuannya ini dianggap sebagai algoritma pertama dan secara khusus diadaptasi untuk implementasi pada perangkat komputer. Temuannya kemudian menginspirasi Alan Turing dan mempelajarinya tentang komputer modern. Fakta menarik lainnya, Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat menobatkan Ada Lovelace sebagai proyek pengembangan bahasa pemrograman komputer.

3. Mariam Al-Ijliya

Mariam Al-Ijliya atau akrab disapa Mariam Al-Astrulabi adalah seorang peramal wanita muslimah pada abad ke-10 M yang berasal dari Aleppo, Syria. Ia dikenal dalam sejarah sains atas pencapaian inovatifnya dalam mendesain ulang Astrolabe yang lebih canggih. Astrolabe adalah alat navigasi kuno yang menentukan posisi planet dan bintang. Astrolabe bisa dikatakan sebagai nenek moyang GPS (Satelit Pemosisian Global) yang kini kita gunakan sehari-hari untuk mencari alamat pada aplikasi maps di HP kita. Astrolabe sebenarnya ditemukan pertama kali oleh para ilmuwan Yunani kuno pada tahun 150 SM. Inovasi dari alat ini terus berkembang hingga memasuki abad pertengahan. Selama fase inilah astrolabe universal pertama berhasil dirancang kembali oleh Mariam Al-Ijliya. Saat itu, umat Islam kerap menggunakan astrolabe Mariam sebagai alat penunjuk waktu shalat, kiblat, awal Ramadhan hingga Idul Fitri.

4.Rosalind Franklin

Rosalind Elsie Franklin lahir di London, Inggris pada tanggal 25 Juli 1920, merupakan pelopor dalam bidang biologi molekuler. Ia adalah seorang ahli kimia sekaligus master kristalografi sinar X. Kristalografi sinar X merupakan metode yang digunakan untuk menentukan struktur atom dan molekul suatu kristal. Rosalind Franklin meneliti struktur DNA dengan difraksi sinar-X bersama ilmuwan Francis Crick, James Watson, dan Maurice Wilkins. Bisa dikatakan istilah saintis, karena Franklin sudah tua sejak usianya masih 15 tahun. Pada tahun 1950-an ia berhasil mengambil gambar molekul DNA yang paling jelas. Atas jasa seorang Rosalind Franklin, temuannya membawa perkembangan ilmu forensik.

5. Hedy Lamar

Hedy Lamarr lahir di Wina, Austria pada tanggal 9 November 1914 dengan latar belakang keluarga Yahudi yang kaya. Ia dikenal dengan pesonanya sebagai aktor yang telah membintangi berbagai film. Namun dibalik ketenarannya sebagai bintang film, ternyata ada seorang ilmuwan wanita yang memberikan kontribusi besar. Lamarr menemukan teknik awal komunikasi spektrum luas modern. Semuanya berawal ketika dia bertemu George Antheil, seorang komposer musik, di sebuah pesta makan malam. Penemuan ini membentuk semacam sistem komunikasi rahasia yang tidak dapat diputus. Penemuan ini pertama kali digunakan oleh militer Amerika Serikat dalam misi blokade Kuba pada tahun 1962. Penemuan ini kemudian menjadi dasar sistem komunikasi Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS yang kini kita gunakan setiap hari.

6. Maria Goeppert-Mayer

Lahir di Kattowitz, Polandia pada tanggal 18 Juni 1906. Karena ketertarikannya yang besar pada matematika dan fisika, ia membawanya ke University of California pada tahun 1956 di Amerika, dan menjadikan dirinya tokoh terpenting dalam bidang fisika senjata. Berkat jasa-jasanya, kini pembangkit listrik tenaga nuklir sudah mulai dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup masyarakat dunia. Maria Goeppert menjadi ilmuwan wanita kedua setelah Marie Curie yang menerima Hadiah Nobel dalam bidang fisika pada tahun 1963.

Menarik, temanku. Menyadari bahwa perempuan juga memiliki peran besar dalam kemajuan peradaban kita. Berbicara tentang wanita hebat, pasti jika ditanya siapa wanita terhebat yang pernah kamu temui? Pasti jawabannya adalah: Ibu kami.

Ibu menjadi contoh Dan Super hero dalam menjalani hidup kita. Mungkin sebagian dari kita ingin memberikan kado di Hari Ibu untuk Ibu kita. Program Mupung Pegadaian Wujudkan Impian masih berlaku hingga 31 Desember 2022, jadi tidak ada salahnya kita ikut serta mewujudkan impian ibu-ibu. Mungkin ibu kita ingin memiliki sesuatu yang belum dia miliki, nah, maka inilah kesempatan kita untuk mewujudkannya. Anda dapat membaca syarat dan ketentuan di sini.

Yuk, berikan yang terbaik untuk ibu tercinta.
Selamat Hari Ibu!


Spesial Hari Ibu: Daftar Ilmuwan Wanita Paling Bersejarah

#Spesial #Hari #Ibu #Daftar #Ilmuwan #Wanita #Paling #Bersejarah

Sumber : sahabat.pegadaian.co.id