Ingin Menggunakan Jasa Pegadaian? Waspadai Risiko Ini Terlebih Dahulu!

Majikanpulsa.com – Ingin Menggunakan Jasa Pegadaian? Waspadai Risiko Ini Terlebih Dahulu!

#Ingin #Menggunakan #Jasa #Pegadaian #Waspadai #Risiko #Ini #Terlebih #Dahulu

Afrika Dewasa Afrika 1035588 1

Pegadaian adalah salah satu tempat paling umum yang kita temukan hari ini. Ketika masyarakat kekurangan uang tunai dan membutuhkan dana segar, mereka dapat menggunakan barang berharga yang mereka miliki untuk digadaikan di pegadaian. Barang-barang tersebut bisa berupa alat elektronik, kendaraan bermotor, perhiasan hingga barang berharga seperti lukisan atau barang antik.

Jika ingin menggunakan pegadaian, jangan buru-buru memilih. Pasalnya, tidak semua pegadaian merupakan lembaga resmi yang mendapat izin dari pemerintah. Jika Anda salah menggadaikan barang, alih-alih untung, Anda malah bisa rugi. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apakah Layanan Hipotek Berbahaya?

Ada 2 jenis penyedia jasa pegadaian di Indonesia yaitu pemerintah dan swasta. Pemerintah menyediakan pegadaian bagi masyarakat yang ingin menggadaikan barang berharganya melalui pegadaian. Barang yang bisa digadaikan tidak bisa sembarangan alias sudah ditentukan jenisnya.

Pegadaian tentu aman karena dijamin langsung oleh pemerintah. Selama mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pegadaian, barang yang dititipkan sebagai jaminan juga aman di sana.

Selain Pegadaian, masyarakat juga dapat menggadaikan barang berharganya ke pegadaian swasta. Lalu, apakah semua layanan pegadaian swasta ini aman? Jawabannya: tidak. Untuk bisa mendirikan pegadaian, ada berbagai aturan yang harus diikuti. Salah satunya adalah mendapatkan izin operasional dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi, jika ingin menggadaikan barang di pegadaian swasta, pastikan perusahaan tersebut sudah mendapat izin dari OJK.

Apakah Ada Risiko Barang Gadai?

Secara umum, semua aktivitas keuangan yang kita lakukan tentu memiliki risiko termasuk yang ketiga ketika Anda memutuskan untuk menggadaikan barang. Secara umum, ada 2 risiko gadai barang yang perlu Anda waspadai, yaitu Anda gagal mengembalikan pinjaman dan kehilangan barang. Risiko kedua adalah Anda tidak mendapatkan nilai untuk barang yang Anda abaikan.

Dalam situasi seperti ini, alih-alih mendapatkan kemudahan, Anda justru akan mengalami kerugian. Itu sebabnya Anda perlu berpikir dengan hati-hati sebelum menggadaikan sesuatu. Apalagi jika barang yang kamu miliki merupakan barang berharga yang sudah langka atau tidak bisa dibeli lagi. Jika dilelang oleh pegadaian, Anda pasti akan rugi.

Jika dari awal Anda tidak ingin menebus barang tersebut, lebih baik menjual barang tersebut langsung ke toko terdekat yang menerimanya. Dengan menjual barang, Anda bisa mendapatkan uang yang sepadan dengan harga barang tersebut. Ini jelas lebih menguntungkan daripada kehilangan barang karena gagal menebusnya.

IndoGold, Tempat Menabung, Berinvestasi dan Gadai Emas Terpercaya

Salah satu barang yang sering digadaikan dan diterima oleh hampir semua perusahaan pegadaian adalah emas. Nilai emas juga biasanya sama dari satu tempat ke tempat lain. Meski ada perbedaan, nilainya tidak terlalu signifikan.

Jika Anda ingin memiliki aset tabungan yang bisa dijadikan tabungan, investasi bahkan digadaikan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang tunai, IndoGold siap memberikan solusi terbaik untuk Anda. Kami tidak hanya siap menjadi tempat menyimpan dan menginvestasikan emas, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pegadaian aset emas Anda jika terjadi situasi tak terduga yang membutuhkan uang segera.

Tunggu apa lagi Ayo download aplikasinya, daftarkan dirimu dan mulai menabung emasmu sekarang!

Cara Mudah dan Aman Berinvestasi di Tangan Anda bersama IndoGold!

Download aplikasi IndoGold di sini untuk kemudahan berinvestasi emas dan kripto!

Investasi emas mulai dari Rp 10.000, Anda dapat menarik emas ANTAM atau UBS secara fisik mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram. Beragam fitur yang memudahkan Anda berinvestasi emas seperti fitur auto debit, notifikasi harga, dan lainnya!

Sedangkan melalui fitur IndoGold Coin terbaru, Anda dapat berinvestasi aset kripto dengan pilihan lebih dari 50 koin kripto, transaksi real-time 24/7 dan spread terendah. Mulai investasi Anda bersama IndoGold!

Di IndoGold, Anda juga bisa belajar dan berdiskusi dengan investor lain dengan bergabung di grup komunitas IndoGold Investclub secara gratis.


Ingin Menggunakan Jasa Pegadaian? Waspadai Risiko Ini Terlebih Dahulu!

#Ingin #Menggunakan #Jasa #Pegadaian #Waspadai #Risiko #Ini #Terlebih #Dahulu

Source: blog.indogold.id