Ingin Memulai Bisnis Hipotek Anda Sendiri? Periksa Persyaratan

Majikanpulsa.com – Ingin Memulai Bisnis Hipotek Anda Sendiri? Periksa Persyaratan

#Ingin #Memulai #Bisnis #Hipotek #Anda #Sendiri #Periksa #Persyaratan

bpkb gadai di pegadaian

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah KPR. Saat ini, banyak orang membutuhkan dana cepat untuk berbagai kebutuhan mendesak. Karena mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan cukup sulit, KPR dianggap sebagai pilihan yang lebih mudah dan aman. Bagi Anda yang berminat mengambil peluang membuka usaha pegadaian, Anda bisa melakukannya asalkan memenuhi persyaratan.

Usaha pegadaian sendiri merupakan usaha yang bergerak di bidang keuangan sehingga kegiatan operasionalnya harus berada di bawah pengawasan OJK (Keuangan Jasa Keuangan). OJK memiliki peraturan dan ketentuan yang harus diikuti sebelum seseorang atau perusahaan ingin menjalankan layanan pegadaian.

Apa itu Bisnis Layanan Hipotek?

Di Indonesia, bisnis gadai sebenarnya sudah ada sejak lama, baik secara formal maupun informal. Usaha gadai sendiri merupakan usaha peminjaman dengan hak yang diperoleh atas barang yang dijadikan jaminan oleh orang yang menggadaikannya.

Untuk memulai bisnis pegadaian, Anda harus menyediakan sejumlah modal. Anda juga harus pintar mengantisipasi lonjakan harga untuk menghindari kerugian. Selengkapnya bisa Anda baca mengenai syarat dan cara membuka pegadaian sendiri pada pembahasan berikut ini.

Bagaimana Cara Membuka Bisnis Hipotek Anda Sendiri?

Untuk memulai pegadaian Anda sendiri, ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil. Langkah-langkah ini meliputi:

Pemberian Perizinan kepada Otoritas Jasa Keuangan

Berdasarkan aturan di negara kita yaitu Peraturan Bisnis Gadai, siapa pun yang ingin memulai bisnis gadai harus mendapatkan izin dan terdaftar di Dewan Jasa Keuangan. Saat mendaftar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat bagi Anda yang menjalankan usaha pergadaian namun belum memiliki izin adalah harus mengajukan izin sebagai penyelenggara pergadaian minimal 3 tahun sejak POJK 31/2016 dicanangkan.

uang sendiri

Saat mengajukan izin mendirikan usaha pegadaian, Anda diharuskan menyetor sejumlah modal. Jumlah ekuitas yang harus Anda miliki adalah Rp 500 juta untuk area bisnis di tingkat kabupaten atau kota.

Jika bisnis gadai yang Anda jalankan dalam lingkup provinsi, maka dana yang harus disetorkan lebih besar lagi, yakni Rp 2,5 miliar. Modal ini harus dibayar uang tunai Dan penuh atas nama perusahaan pegadaian kepada salah satu bank syariah dan umum yang beroperasi di Indonesia.

Membuat Badan Usaha Berbentuk PT

Sambil menunggu izin keluar, Anda juga harus memenuhi syarat-syarat berikut untuk dapat memulai usaha pegadaian, yaitu mendirikan atau membuat badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas atau PT. Anda juga diharuskan memiliki kantor untuk operasi gadai di masa mendatang. Bisa berupa rumah, kantor atau ruko/gedung perkantoran.

Selain itu, Anda juga wajib menyediakan brankas standar yang berukuran besar dan telah diasuransikan. Alat untuk memeriksa emas atau perhiasan juga diperlukan, lengkap dengan penilai bersertifikat. Memiliki penilai memungkinkan pegadaian Anda untuk memberikan pelanggan nilai perkiraan yang benar sehingga tidak merugikan pelanggan atau perusahaan Anda sendiri.

Untuk tahap awal, PT Pegadaian akan langsung melatih penilai perusahaan pegadaian swasta agar bisa mendapatkan sertifikat. Ke depan, mungkin pemerintah akan membentuk lembaga independen khusus yang akan menghasilkan penilai yang berwibawa bagi perusahaan pegadaian di Indonesia. Ternyata mendirikan pegadaian sendiri cukup rumit ya? Jika Anda tertarik dan ingin menambah modal, Anda bisa memulainya dengan menggunakan IndoGold. Nantinya ketika modal sudah terkumpul, Anda bisa membuka usaha pegadaian sendiri seperti yang Anda impikan

Cara Mudah dan Aman Berinvestasi di Tangan Anda bersama IndoGold!

Download aplikasi IndoGold di sini untuk kemudahan berinvestasi emas dan kripto!

Investasi emas mulai dari Rp 10.000, Anda dapat menarik emas ANTAM atau UBS secara fisik mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram. Beragam fitur yang memudahkan Anda berinvestasi emas seperti fitur auto debit, notifikasi harga, dan lainnya!

Sedangkan melalui fitur IndoGold Coin terbaru, Anda dapat berinvestasi aset kripto dengan pilihan lebih dari 50 koin kripto, transaksi real-time 24/7 dan spread terendah. Mulai investasi Anda bersama IndoGold!

Di IndoGold, Anda juga bisa belajar dan berdiskusi dengan investor lain dengan bergabung di grup komunitas IndoGold Investclub secara gratis.


Ingin Memulai Bisnis Hipotek Anda Sendiri? Periksa Persyaratan

#Ingin #Memulai #Bisnis #Hipotek #Anda #Sendiri #Periksa #Persyaratan

Source: blog.indogold.id