Mengenal Akuntan Publik: Tugas, Jenis dan Tips Karir – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Berta Mengenal Akuntan Publik: Tugas, Jenis dan Tips Karir – Majikanpulsa.com

#Mengenal #Akuntan #Publik #Tugas #Jenis #dan #Tips #Karir #Majikanpulsa.com

Akuntan publik merupakan profesi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama perusahaan yang akan melakukan audit dan memeriksa laporan keuangannya secara profesional.

Akuntan publik adalah orang yang akan melakukan audit independen atas keuangan perusahaan dan melaporkannya, sehingga laporan tersebut dapat digunakan untuk pertanggungjawaban perusahaan atau sebagaimana ditentukan.

Kantor akuntan publik adalah tempat dimana akuntan publik memberikan jasa profesionalnya, dimana prakteknya dilakukan dengan izin resmi dari pemerintah. Umumnya, perusahaan akan membutuhkan jasa kantor akuntan publik tersebut secara rutin.

Jika Anda masih bingung apa itu kantor akuntan publik dan apa itu akuntan sektor publik, simak penjelasan berikut ini:

  • Berdasarkan UU RI no. 3 Tahun 2011, akuntan publik didefinisikan sebagai profesi yang memberikan jasa yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk membantu pengambilan keputusan penting.
  • Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 443/KMK.01/2011 menjelaskan bahwa setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).
  • Berdasarkan UU Akuntan Publik no. 5 Tahun 2011, dijelaskan bahwa Akuntan Publik adalah orang yang diberi wewenang untuk memberikan jasa sebagaimana diatur dalam undang-undang yang bersangkutan.

Akuntan publik adalah akuntan yang bekerja secara mandiri, dimana orang tersebut memberikan jasa akuntansi tertentu dan mendapatkan sejumlah pembayaran tertentu atas jasa tersebut. Hal ini pula yang membuat profesi ini juga dikenal sebagai akuntan sektor publik.

Banyak tugas yang harus diselesaikan oleh sebuah kantor akuntan publik, bahkan berbagai tugas tersebut cukup kompleks. Tidak hanya menghitung angka, akuntan publik juga seringkali harus memperhatikan hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas dan keberlangsungan bisnis kliennya.

Dalam prakteknya, laporan yang disusun oleh kantor akuntan publik merupakan hal yang penting dan sering digunakan sebagai bahan analisis dalam pengambilan keputusan. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi akuntan publik untuk selalu bekerja secara profesional.

Dalam menjalankan profesinya, akuntan publik harus mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Selain itu, mereka juga wajib mematuhi etika profesi akuntan, sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Berdasarkan penjelasan diatas tentunya sudah cukup jelas apa itu kantor akuntan publik dan juga akuntan sektor publik itu sendiri bukan?

Baca Juga: Apa Peran Wanita dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga?

Bidang Jasa Akuntan Publik

Layanan Akuntan

Bidang jasa akuntan publik sendiri dapat dibagi menjadi 2 kelompok, di antaranya:

  1. Layanan Otentikasi

    Layanan yang satu ini adalah semua layanan yang meliputi: audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif, pemeriksaan pelaporan informasi faktur proformasebaik tinjauan laporan keuangan.

    Namun selain beberapa jasa di atas, masih ada beberapa jasa verifikasi lainnya yang dapat dilakukan oleh akuntan publik.

  2. Layanan Non-Autentikasi

    Jasa non atestasi adalah semua jasa yang berhubungan dengan hal-hal berikut ini, antara lain: keuangan, manajemen, akuntansi, persiapan, konsultasi dan urusan perpajakan perusahaan.

Tugas Akuntan Publik

Tugas seorang akuntan publik adalah melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan perusahaan yang telah disusun oleh akuntan perusahaan itu sendiri. Artinya, akuntan publik akan bertugas untuk memastikan apakah terdapat kesalahan dalam laporan keuangan, dan apakah laporan tersebut mengikuti standar yang dipersyaratkan.

Selain itu, kantor akuntan publik merupakan pihak yang akan ditugaskan untuk membantu perusahaan dalam menyusun laporan pajak, sehingga perusahaan dapat terhindar dari kesalahan terkait perpajakan, seperti penyusunan laporan tahunan dan pajak. amnesti pajak.

Dalam penyusunan laporan pajak, akuntan publik dapat membantu perusahaan agar pembayaran pajak dapat dilakukan dengan jumlah yang kecil, namun hal tersebut dilakukan dengan mengacu pada Undang-Undang Perpajakan dan peraturan yang terkait dengan hal tersebut.

Selain tugasnya sebagai pemeriksa laporan keuangan, akuntan sektor publik juga memiliki tugas untuk memeriksa laporan kepemilikan aset dalam perusahaan. Hal ini untuk melindungi aset perusahaan dan mencegah pengambilalihan dan kerugian lainnya.

Kantor akuntan publik juga mempunyai kewajiban untuk mengkomunikasikan informasi tentang laporan keuangan perusahaan secara transparan kepada publik, khususnya kepada pihak yang berkepentingan dalam hal ini. Jika terjadi inflasi, kantor akuntan publik adalah pihak yang tugasnya memberikan solusi keuangan kepada perusahaan yang menjadi kliennya, sehingga perusahaan tersebut dapat mengambil keputusan yang paling akurat dan benar.

Selain itu, akuntan publik juga wajib memberikan informasi tentang cara mengalokasikan berbagai sumber daya perseroan terbatas, seperti aset yang dimiliki, karyawan, modal usaha, dan lain-lain.

Baca Juga: Gaji UMR Terbaru yang Wajib Diketahui Karyawan

Jenis Jasa Akuntan Publik

Untuk memahami dengan jelas apa itu kantor akuntan publik, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai layanan yang mereka tawarkan. Berbagai layanan tersebut tentunya akan diberikan oleh akuntan publik sesuai dengan kebutuhan kliennya.

Berikut adalah beberapa jenis jasa yang diberikan oleh akuntan publik:

  1. Jasa Akuntansi atau Pembukuan

    Fungsi dari jasa ini adalah membantu perusahaan dalam menyusun laporan keuangan, dimana hal ini dilakukan mulai dari tahap penyusunan jurnal umum sampai dengan penyusunan neraca dan buku besar.

    Hal tersebut di atas bertujuan untuk memastikan bahwa laporan keuangan akurat dan dapat diperhitungkan oleh perusahaan. Jasa yang satu ini merupakan tugas umum yang biasanya ditangani oleh akuntan publik.

  2. Layanan Pajak

    Akuntan publik juga menyediakan jasa untuk menyiapkan laporan pajak perusahaan. Berbagai laporan pajak ini akan dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti laporan pajak penghasilan karyawan dan lain-lain.

  3. Jasa Konsultasi Manajemen

    Selain kedua jasa di atas, akuntan publik juga menyediakan jasa konsultasi manajemen bagi perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mendapatkan laporan keuangan dan hasil audit yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Menjadi Akuntan Publik?

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu kantor akuntan publik dan layanan yang diberikan oleh akuntan sektor publik, maka profesi ini pasti akan semakin menarik. Pada dasarnya akuntan publik merupakan profesi yang menarik dengan pendapatan yang relatif besar.

Namun, kantor akuntan publik adalah kantor yang memberikan layanan profesional, sehingga diperlukan keterampilan dan juga beberapa syarat untuk dapat membuka dan menyediakan layanan yang satu ini.

Sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 pasal 5 ayat 1, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin berkarir sebagai akuntan publik:

  • Wajib memiliki Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh IAPI atau perguruan tinggi lain yang memiliki akreditasi profesi.
  • Menyerahkan bukti telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Berkelanjutan (CPE) minimal 60 SKS PPK (SKP) yang diselesaikan dalam waktu 2 tahun.
  • Telah menyelesaikan praktek di bidang audit umum minimal 1000 jam dalam waktu 5 tahun dan telah diresmikan oleh kepala kantor KAP.
  • Domisili di Indonesia dan harus memiliki KTP dan NPWP.
  • Sebagai anggota IAPI, ia tidak pernah mendapat sanksi terkait pencabutan izin praktiknya atau tindak pidana lainnya.
  • Seorang calon akuntan publik tidak dapat memperoleh status amnesti.
  • Wajib mengisi formulir Permohonan Izin Akuntan Publik.
  • Wajib membuat surat pernyataan yang menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak merangkap jabatan, sesuai Pasal 46.
  • Membuat surat pernyataan bermeterai mengenai kebenaran data dan persyaratan yang diajukan.

Tips Sukses Berkarir sebagai Akuntan Publik

Berikut beberapa tips sukses membuka kantor akuntan publik dan berkarir sebagai akuntan profesional:

  • Mengambil pendidikan S1 atau D4 program studi akuntansi, kemudian melanjutkan dengan menyelesaikan program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) untuk memperoleh gelar profesi mengikuti sertifikasi di bidang tersebut.
  • Pilih spesialisasi karir yang tepat, karena profesi ini memiliki banyak tanggung jawab.
  • Perbanyak pengalaman kerja dengan magang atau kegiatan lainnya.
  • Selesaikan ujian sertifikasi, untuk membuka kantor akuntan publik.
  • Ingatlah untuk menjaga dan melakukan etos kerja profesional setiap saat.
  • Memberikan respon yang positif terhadap perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan profesi akuntan itu sendiri.

Karir Profesi Akuntan Publik yang Menjanjikan

Akuntan publik merupakan salah satu profesi yang paling menjanjikan di Indonesia. Namun untuk menjalankan profesi ini membutuhkan banyak persyaratan dan juga proses yang panjang. Pahami dan lakukan langkah yang tepat sejak awal, agar keinginan menjadi akuntan publik yang profesional dapat terwujud.

Baca Juga: Jadilah Kiat perencana keuangan Kesuksesan

#Mengenal #Akuntan #Publik #Tugas #Jenis #dan #Tips #Karir #Majikanpulsa.com Mengenal Akuntan Publik: Tugas, Jenis dan Tips Karir – Majikanpulsa.com

sumber: www.cermati.com