Jakarta dan kota besar lainnya berpeluang diguyur hujan hari ini – Katadata.co.id Nasional

Majikanpulsa.com – BMKG memprediksi hujan ringan akan mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta. Hujan lebat dan sedang diperkirakan akan terjadi di Palembang, Denpasar, Bandung, dan kota lain. BNPB memperkirakan bencana hidrometeorologi di Indonesia meningkat dari 1.619 bencana pada 2011 menjadi 5.402 bencana pada 2023. Pada 2023, bencana ini diperkirakan berkurang menjadi 3.544 bencana. Warga diminta waspada terhadap dampak hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi intensitas hujan ringan akan melanda sejumlah kota besar di Indonesia pada Minggu (12/2). Hujan ringan diperkirakan akan turun di Jakarta pada hari ini.

Dikutip dari Di antara, hujan ringan juga berpotensi terjadi di kota Medan, Semarang, Pekanbaru, Padang, dan Tanjungpinang. Kota lain yang diperkirakan akan diguyur hujan ringan adalah Banjarmasin, Jayapura, Ambon, dan Gorontalo.

Sedangkan hujan sedang dan lebat berpotensi terjadi di Palembang, Denpasar, Bandung, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, dan Bengkulu. Misalnya, hujan disertai petir dapat terjadi di Surabaya, Samarinda, Palu, Kupang, dan Jambi.

BMKG mengimbau warga di kota-kota besar untuk mewaspadai dampak hujan yaitu genangan air dan banjir.

Sementara itu, hujan mengguyur Jakarta sejak Sabtu (11/2) hingga pagi ini. Meski demikian, hampir seluruh pintu air di ibu kota masih berstatus Siaga 4 atau normal.

Satu-satunya pintu air sungai yang berstatus Siaga 2 atau Waspada adalah pintu air Pasar Ikan. Sedangkan Pintu Air Katulampa, Bogor hingga pukul 08.00 WIB masih berstatus Siaga 4 atau Normal.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan total kecelakaan dan kerugian akibat bencana hidrometeorologi pada periode 2023-2023 mencapai Rp 31,5 triliun. Namun demikian, tren bencana hidrometeorologi di Indonesia sudah terjadi sejak 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2011, BNPB menghitung terjadinya 1.619 bencana. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan mencapai 5.402 bencana pada tahun 2023.

“Bencana hidrometeorologi pada tahun 2023 akan berkurang menjadi 3.544 bencana. Namun kecenderungannya cenderung meningkat dari tahun ke tahun,” kata Kepala Bidang Komunikasi Kebencanaan BNPB Dodi Yuelova, Rabu (8/2).

#Jakarta #dan #kota #besar #lainnya #berpeluang #diguyur #hujan #hari #ini #Katadata.co.id #Nasional Jakarta dan kota besar lainnya berpeluang diguyur hujan hari ini – Katadata.co.id Nasional

Source: katadata.co.id