Budget Hemat 100.000 Reksa Dana Seminggu, Yuk Hitung Untung Setahun! – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Anda dapat mencapai keadaan finansial yang lebih sehat dengan menyimpan uang dengan cara yang tepat, meskipun dengan modal minimal. Reksa dana 100 ribu seminggu memberikan keuntungan yang menjanjikan dengan disiplin dan rutin. Hilangkan pengeluaran yang tidak penting, prioritas menabung, pilih aplikasi yang tepat, dan jangan menunggu kaya untuk menabung secara rutin agar tujuan finansial tercapai.

Tidak sedikit dari Anda pasti sudah menyadari betapa pentingnya membiasakan diri menyimpan untuk masa depan keuangan yang lebih sehat. Hanya saja kebanyakan orang merasa bingung bagaimana cara menabung yang tepat untuk meraih keuntungan yang maksimal pula. Di sisi lain, kondisi finansial yang terbatas juga kerap menjadi kendala untuk mulai membudayakan kebiasaan ini.

Untungnya, saat ini siapa pun dapat menyimpan uang dengan mudah dengan modal minimal, tetapi mereka masih dapat memberikan peluang pengembalian yang baik. Salah satunya dengan menyimpan reksa dana 100 ribu seminggu. Ya, Anda membacanya dengan benar, hemat 100rb setiap minggu dalam reksa dana atau yang setara anggaran sekali nongkrong Hal ini justru mampu memberikan peluang yang menjanjikan keuntungan asalkan rutin dan disiplin diikuti.

tidak percaya? Untuk meyakinkan Anda bahwa Anda bisa membiasakan menabung dengan modal hanya 100 ribu setiap minggunya di instrumen reksa dana, yuk simak perhitungan keuntungan selama setahun dan tips menjalaninya berikut ini.

Baca Juga: 6 Pihak yang Berperan Penting dalam Investasi Reksa Dana

Mengapa Tabungan Rutin Perlu Diaktifkan

investasi

Tabungan = Investasi

Sebelum membahas manfaat menabung 100 ribu seminggu di reksa dana, ada baiknya Anda pahami dulu alasan mengapa kebiasaan rutin menabung harus digalakkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menabung merupakan salah satu kunci penting untuk mencapai keadaan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Salah satu alasan utama mengapa tabungan harus diaktifkan adalah agar Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda dalam waktu yang ditentukan. Misalnya, dengan menabung, Anda bisa mewujudkan impian Anda untuk membeli gadget secara tunai, mengumpulkan DP untuk membeli rumah, mendapatkan modal usaha, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan rutinitas menabung yang konsisten, Anda juga bisa membuat keadaan keuangan Anda menjadi lebih sehat. Beralih dari arus kas yang lebih hemat menjadi memiliki dana darurat untuk mengantisipasi risiko munculnya biaya segera.

Jika ditarik satu kesamaan dari kebiasaan ini, menabung pada dasarnya berguna untuk membantu seseorang meningkatkan asetnya. Meski begitu, mengingat risikonya inflasi yang terus meningkat setiap tahunnya, menabung secara konvensional atau menyimpan aset dalam bentuk tunai dianggap kurang optimal.

Hal ini karena nilai uang akan terus melemah akibat inflasi. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara untuk mengatasi risiko inflasi yang menyebabkan kegiatan menabung tidak berjalan maksimal. Salah satunya adalah dengan menabung di instrumen reksa dana.

Contoh Perhitungan Pendapatan Tabungan 100.000 Reksa Dana Seminggu

Setelah mengetahui pentingnya membiasakan diri menabung, Anda tentu tertarik untuk menjalaninya demi mencapai keadaan keuangan yang lebih sejahtera di masa depan. Lalu, apa saja manfaat membiasakan menabung 100 ribu setiap minggu di reksa dana?

Sebagai gambaran, perhatikan contoh berikut untuk menghitung imbal hasil atau keuntungan dari kebiasaan menabung 100.000 reksa dana setiap minggunya.

Saat ini, Anda rutin menabung 100 ribu setiap minggu di produk reksa dana. Karena termasuk dalam produk investasi, menabung di reksa dana tidak hanya mengakumulasi dana yang telah disimpan selama ini, tetapi juga meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu berkat peluang pengembalian dari bunga atau keuntungan modal.

Jadi, dalam keadaan normal, saat melakukan kegiatan rutin menabung di rekening bank, Anda akan mendapatkan dana tabungan dengan nominal sebesar 5.200.000 rupiah selama setahun. Nominal tersebut didapatkan dari perhitungan tabungan rutin sebesar 100 ribu rupiah per minggu selama 52 minggu. Jadi, perhitungannya adalah 100 ribu kali 52 minggu, yaitu 5.200.000.

Namun, jika Anda menabung di produk reksa dana, jumlahnya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Pertumbuhan simpanan pada instrumen reksa dana bergantung pada jenis produk yang dipilih dan kinerjanya dari waktu ke waktu. Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan pengembalian tabungan reksa dana 100 ribu per minggu dapat dilihat penjelasannya pada tabel berikut ini.

Jenis Reksa Dana

Potensi Pendapatan Tahunan

Perhitungan Keuntungan

Pengembalian yang Didapatkan

Reksa Dana Pasar Uang

4,33 persen

(100 ribu x 52 minggu) + 4,33 persen

5.200.000 + 225.160 = 5.425.160

Reksa Dana Obligasi

6,51 persen

(100 ribu x 52 minggu) + 6,51 persen

5.200.000 + 338.520 = 5.538.520

Reksa Dana Saham

13,55 persen

(100 ribu x 52 minggu) + 13,55 persen

5.200.000 + 704.600 = 5.904.600

Secara ringkas, dengan melihat perhitungan pada tabel terlihat bahwa return yang diperoleh dari tabungan pada produk reksa dana memberikan peluang keuntungan yang lebih tinggi. Misalnya, jika Anda menabung di produk reksa dana pasar uang dengan potensi imbal hasil tahunan sebesar 4,33 persen, maka akumulasi dana dalam setahun bisa mencapai 5.425.160.

Sedangkan jika diakumulasikan dalam produk reksa dana obligasi dengan potensi imbal hasil tahunan sebesar 6,51 persen, maka Anda bisa mengakumulasi dana dengan nominal hingga 5.538.520 dalam setahun. Kalaupun menabung di reksa dana saham dengan bunga 13,55 persen per tahun, nilai tabungan yang mungkin diperoleh seorang investor ketika rutin menabung 100 ribu setiap minggu adalah 5.904.600.

Namun, perlu diingat bahwa produk reksa dana obligasi dan produk reksa dana saham sama-sama memiliki risiko volatilitas. Dengan kata lain, bukan tidak mungkin hal ini justru akan membuat nilai simpanan reksa dana menurun dalam jangka pendek maupun menengah.

Pasalnya, dalam berinvestasi, semakin tinggi peluang keuntungan yang diperoleh, maka risiko kerugian yang ditanggung investor juga tidak kalah tinggi. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk berinvestasi pada suatu jenis produk reksa dana yang memiliki tingkat risiko tinggi, sesuaikan dengan kebutuhan dan jangka waktu investasi agar Anda mendapatkan peluang return yang diharapkan.

Baca Juga: Tidak Bisa Beli Gratis Kapan Saja, Yuk Kenali Definisi Reksa Dana Tertutup dan Tips Menjalankannya

Tips Konsisten Menabung Hingga Tujuan Finansial Tercapai

Tak kalah penting, Anda juga perlu memahami tips dan trik agar bisa konsisten melakukan aktivitas menabung di instrumen reksa dana hingga tujuan keuangan Anda tercapai. Tidak rumit dan terkesan sederhana, berikut adalah beberapa tips menabung yang konsisten dan penting untuk diketahui.

  1. Hilangkan Cek Pengeluaran Tidak Penting

    Untuk bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung, ada baiknya jika Anda mencari celah pengeluaran yang bisa dihilangkan. Misalnya, hentikan pengeluaran untuk langganan Gym, melayani mengalir, dan sebagainya yang sudah tidak digunakan lagi.

    Selain itu, biaya dari bea cukai nongkrong atau makan di luar juga bisa dikurangi secara berurutan anggaran untuk menyimpan lebih fleksibel. Terkait dengan hal tersebut, setiap orang tentunya memiliki gap yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Intinya, usahakan untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu agar bisa berhemat dengan nominal yang lebih besar.

  2. Tanamkan Diri untuk Mengutamakan Kebiasaan Menabung

    Selain itu, bagi yang belum terbiasa menabung, usahakan menjadikan kegiatan ini sebagai prioritas keuangan. Anda bisa melakukannya dengan menyisihkan anggaran tabungan di awal atau saat gajian tiba. Pasalnya, jika menabung hanya dengan mengalokasikan “uang sisa”, risiko kebiasaan ini terabaikan dan berhenti di tengah jalan lebih besar.

  3. Memilih Aplikasi yang Tepat untuk Menghemat 100.000 Reksa Dana Seminggu

    Tips terakhir, saat memutuskan untuk menabung 100 ribu setiap minggu di reksa dana, pastikan Anda memilih aplikasi atau platform investasi yang tepat. Padahal, saat ini sudah banyak aplikasi investasi on line yang dapat diunduh dengan mudah dan gratis di telepon pintar. Yang perlu diperhatikan adalah status terdaftar dan izin usaha dari aplikasi atau layanan penanaman modal on line untuk memastikan validitas dan kredibilitas.

Jangan Menunggu Kaya untuk Menabung Secara Rutin!

Sadar atau tidak, banyak orang yang menolak membiasakan diri menabung karena penghasilannya tidak cukup besar dan sulit untuk disisihkan. anggaran untuk menyimpan Bahkan, dengan berinvestasi hanya 100 ribu setiap minggunya, Anda berpeluang mendapatkan nominal tabungan yang menarik di akhir tahun dengan menyimpannya di instrumen reksa dana. Oleh karena itu, jangan menunggu kaya dulu baru mau menabung secara rutin agar tidak melewatkan kesempatan untuk mendapatkan return yang menggembirakan dari tabungan reksa dana seperti perhitungan di atas ya.

Baca Juga: Daftar Permohonan Dana Bersama OJK, Pelajari Mekanisme, Aturan, dan Risikonya

#Budget #Hemat #Reksa #Dana #Seminggu #Yuk #Hitung #Untung #Setahun #Majikanpulsa.com Budget Hemat 100.000 Reksa Dana Seminggu, Yuk Hitung Untung Setahun! – Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com