Taruna diminta untuk segera bergabung dengan pihak swasta dan perguruan tinggi untuk mengatasi stunting



Majikanpulsa.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh kepala desa di Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo untuk memerangi stunting. Data Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, angka stunting di dua kabupaten tersebut cukup tinggi.

Indikator kemiskinan berisiko stunting di Kabupaten Banjarnegara mencapai 22.561 orang. Sedangkan untuk Kabupaten Wonosobo sebanyak 10.627 orang.

“Masih tinggi. Jadi, dua kabupaten ini memang menjadi perhatian kita. Jadi, hanya dua ini (Banjarnegara dan Wonosobo) yang akan dikonsentrasikan,” kata Ganjar, usai Percepatan Angka Pengentasan Kemiskinan di Balaidesa Kebanaran, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.

Namun, Ganjar menyebutkan, para kepala desa menunjukkan semangatnya dalam percepatan penanganan stunting di wilayahnya masing-masing. “Namun antusiasme para taruna cukup baik. Jadi kalau laporan sebelumnya bisa tiga hari, ini bisa mempercepat pendataan, ini bisa dua hari,” ujarnya.

Baca Juga:
Rakerda Dihadiri Ratusan Kades, DPD PAPDESI Sumut Berkomitmen Untuk Kemakmuran Masyarakat Desa

Komitmen tersebut, lanjut Ganjar, akan terus didukung dan diupayakan bersama. “Tadi kan Kades mau ngebut gas, jadi komitmen itu, hari ini saya butuh. Besok terakhir insya Allah, dan minggu depan kita harapkan mulai pendataan awal dan evaluasi sehingga kita bisa mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrim dan stunting,” jelas Ganjar.

Gubernur Jateng dua kali itu meyakinkan Kades tidak akan bisa memanfaatkannya sendirian. Mengatasi kemiskinan ekstrim dan stunting juga akan melibatkan sektor swasta dan universitas.

“Untuk perguruan tinggi, kami sudah berkomitmen dengan UGM, memberikan beras fortifikasi sebagai asupan. Nanti mahasiswa melalui KKN akan memeriksa dan memberikan pengobatan. Pertanian akan memantau, obat akan melihat hasilnya, UGM akan membuat sistem, dan perusahaan kami akan terlibat. perguruan tinggi, gotong-royong,” pungkasnya.


Taruna diminta untuk segera bergabung dengan pihak swasta dan perguruan tinggi untuk mengatasi stunting

#Taruna #diminta #untuk #segera #bergabung #dengan #pihak #swasta #dan #perguruan #tinggi #untuk #mengatasi #stunting

Source: www.suara.com