Cegah Stunting, Ganjar Gunakan Metode Tombol Merah



Majikanpulsa.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) mencanangkan program Gerakan Pencegahan Stunting Masa Depan Cerah (RED BUTTON). Halimi dalam rangka menekan angka stunting untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Jawa Tengah.

Ganjar meluncurkan program tersebut saat memimpin koordinasi percepatan pengentasan kemiskinan untuk Kabupaten Cilacap, Purbalingga, Banyumas. Rakor tersebut dihadiri oleh Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten, Camat, Kades, hingga kader Posyandu.

“Mudah-mudahan tombol merah ini menjadi bagian dari sistem yang akhirnya bisa dipantau lebih detail,” kata Ganjar di Pendopo Bupati Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2023).

Ganjar menjelaskan, program ini melibatkan seluruh bidan desa, kader PKK, dan dinas terkait. Ganjar mengatakan, pihaknya akan menyusun database bayi dan balita yang berpotensi mengalami stunting.

Baca Juga:
Ridwan Kamil Ucapkan Selamat Tinggal Warga Jabar, Maju Sinyal Pilpres 2024?

Kemudian, lanjut Ganjar, pihaknya akan mulai mengintervensi para penangan stunting setelah mendapatkan database. Intervensi tersebut antara lain pemberian makanan tambahan (PMT) dan penimbangan ulang bayi atau balita yang telah diberikan nutrisi tersebut.

“Artinya, nanti semua bisa memahami detail dan detail tata ruang tiap desa. Mudah-mudahan lebih cepat,” kata Ganjar.

Selain itu, terdapat sekitar 20.794 individu berpotensi stunting di Kabupaten Cilacap. Sedangkan di Kabupaten Purbalingga sebanyak 20.323 jiwa dan di Kabupaten Banyumas sebanyak 24.055 jiwa.

Melalui program ini, Ganjar berharap stunting sebagai salah satu indikator kemiskinan dapat dicegah. Ganjar juga berharap semua data terkait stunting bisa terkumpul minggu ini, sehingga Pemprov Jabar bisa mempercepat penurunan angka kemiskinan mulai minggu depan.

“Dalam sepekan ke depan sudah kami terima laporan progresnya. Nanti pasti akan ada beberapa pertanyaan mengenai sumber daya yang dibutuhkan untuk bisa melakukannya,” ujar Ganjar.

Baca Juga:
Wow! Elektabilitas Ganjar Pranowo tertinggal jauh, dengan Prabowo dan Anies memimpin

“Itu biar kita siap konsolidasi. Jadi sebenarnya dalam penanganan stunting misalnya, kita bisa ambil pengalaman daerah yang bagus untuk ditiru,” lanjutnya.

Rakor Percepatan Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Cilacap, Purbalingga, dan Banyumas merupakan rangkaian terakhir kunjungan Ganjar ke daerah-daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi. Sebelumnya, rapat koordinasi telah dilakukan di Pemalang, Brebes, Grobogan, Wonogiri, Demak, Magelang, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, dan Wonosobo.

Menurut informasi, tahun ini Ganjar menargetkan angka stunting di Jabar turun hingga 14 persen. Untuk mencapai target tersebut, Pemprov Jabar dan BKKBN membentuk Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) yang tersebar di 35 kabupaten/kota, 576 kecamatan, dan 8.562 desa/desa.


Cegah Stunting, Ganjar Gunakan Metode Tombol Merah

#Cegah #Stunting #Ganjar #Gunakan #Metode #Tombol #Merah

Source: www.suara.com