Nomor Faktur, Elemen Penting di Faktur yang Tidak Bisa Anda Lupakan! | majikanpulsa.com Blog

Majikanpulsa.com – Tulisan Nomor Faktur, Elemen Penting di Faktur yang Tidak Bisa Anda Lupakan! | majikanpulsa.com Blog

#Nomor #Faktur #Elemen #Penting #Faktur #yang #Tidak #Bisa #Anda #Lupakan #majikanpulsa.com #Blog

Saat membuat invoice, nomor invoice merupakan elemen yang tidak boleh dilupakan. Mengapa? Karena nomor ini berfungsi sebagai penanda untuk membedakan invoice yang dikirimkan. Lalu berapa nomor invoicenya?

Padahal, nomor invoice merupakan bagian penting dari invoice yang berfungsi untuk menandai invoice Anda. Biasanya nomor terdiri dari beberapa digit diikuti dengan tahun atau tanggal. Kombinasi angka-angka ini bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan.

Baca juga: 5 Fakta Faktur Digital vs Faktur Kertas

Nomor faktur juga dimaksudkan untuk memastikan bahwa pendapatan disimpan dengan benar untuk keperluan pajak dan akuntansi. Dengan adanya nomor invoice, Anda dapat mempermudah pelacakan pembayaran dan dapat dijadikan acuan bagi penjual maupun pembeli.

Selain itu, nomor ini digunakan untuk mengurutkan tagihan dari satu ke yang lain. Setiap invoice yang diterbitkan harus diberi nomor, nomor invoice harus selalu dicantumkan dengan jelas tanpa nomor invoice, invoice dapat dianggap sebagai dokumen yang tidak sah. Pada umumnya, nomor invoice biasanya ditempatkan di seberang kanan informasi kontak klien. Untuk membuat nomor invoice, ada beberapa poin yang harus diperhatikan, seperti:

  • Hapus angka
  • Tanggal faktur dibuat
  • Batas waktu pembayaran
  • Metode pembayaran yang dapat dilakukan oleh pelanggan
  • Berikan pengingat pembayaran kepada pelanggan agar tidak lupa
  • Pertimbangkan untuk mengenakan denda saat pelanggan lupa membayar

Bagaimana cara membuat nomor invoice?

Karena nomor invoice adalah aspek yang paling penting, Anda harus membuatnya secara berurutan, artinya jumlah setiap invoice baru harus bertambah. Secara hukum, urutan nomor faktur tidak boleh diulang atau dilewati.

Contoh Template Faktur majikanpulsa.com

Cara umum untuk membuat nomor faktur yang lebih panjang dan lebih spesifik adalah dengan menyertakan bulan atau tahun penerbitan faktur. Misalnya, dalam urutan yang mengacu pada tahun, seperti faktur pertama untuk tahun 2023, bisa diberi nomor 200001 dan seterusnya.

Di awal tahun baru, Anda dapat memperbarui nomor faktur pertama untuk tahun berikutnya, seperti 210001. Hal ini memungkinkan Anda melihat dengan cepat tahun berapa faktur diterbitkan. Pada kenyataannya, nomor invoice tidak selalu berisi angka. Anda juga dapat membuat kode unik yang menyertakan angka, huruf, dan karakter khusus seperti garis miring (/) atau tanda hubung (-).

Baca juga: 5 Solusi Sengketa Faktur untuk Billing Tanpa Masalah

Menambahkan huruf dan karakter ke rangkaian nomor faktur dapat membantu Anda mengatur catatan dan mengidentifikasi faktur dengan mudah. Dalam seri nomor faktur alfanumerik, Anda harus mengikuti aturan yang sama seperti pada seri nomor faktur biasa.

Nomornya harus berurutan dan tidak boleh dilewatkan. Jika Anda memilih untuk memasukkan huruf dalam seri nomor invoice Anda, huruf tersebut tidak dapat diubah hanya angkanya yang harus ditambah. Berikut contoh penulisan nomor invoice :

  • 2023/INV/0001
  • 20-QUT-0001
  • 2023/0001
  • 2023-0001
  • 20/0001

Jika Anda ingin mengubah nomor seri pada faktur Anda seluruhnya, sebaiknya tunggu hingga periode akuntansi berikutnya. Melakukannya dapat membantu Anda menghindari kebingungan dan mencegah kehilangan atau duplikat nomor faktur.

Faktur dan nomor faktur dihapus

Sebagai aturan standar, faktur tidak boleh dihapuskan. Karena sudah diberi nomor secara berurutan. Sedangkan invoice yang sudah selesai dan kemudian ingin dihapus akan menjadi celah dalam catatan keuangan Anda. Kami menyarankan jika Anda ingin menghapus transaksi, lebih baik menerbitkan nota kredit dengan jumlah yang sama. Ini secara efektif akan membatalkan transaksi, dan memastikan bahwa urutan nomor Anda lengkap tanpa melewatkan apapun.

Jika invoice dihapus, Anda akan kesulitan melacak invoice yang ada. Apalagi invoice yang ada biasanya disimpan di arsip atau lemari yang bisa rusak oleh rayap atau kebakaran. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuatnya sebagai faktur digital. Untuk itu, Anda bisa membuat invoice digital dengan majikanpulsa.com, sebuah platform invoice & pembayaran di Indonesia.

Anda dapat membuat faktur BEBAS dan tidak terbatas di majikanpulsa.com. Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi dengan 30 metode pembayaran kepada pemasok dan pelanggan. Cocok untuk berbagai jenis usaha, yuk daftar sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini

(Dikunjungi 12.210 kali, 2 kunjungan hari ini)

#Nomor #Faktur #Elemen #Penting #Faktur #yang #Tidak #Bisa #Anda #Lupakan #majikanpulsa.com #Blog Nomor Faktur, Elemen Penting di Faktur yang Tidak Bisa Anda Lupakan! | majikanpulsa.com Blog

Source: www.paper.id