Bikin Jokowi Khawatir, Gautam Adani Miliki Tambang di Kaltim



Jakarta, CNBC Indonesia – Gautam Adani, orang yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia membuat kehebohan setelah perusahaan Adani Group terseret skandal yang mengguncang pasar keuangan India. Grup Adani dikatakan telah terlibat dalam manipulasi saham dan terlibat dalam aktivitas penipuan melalui akuntansi selama beberapa dekade menurut laporan Penelitian Hindenburg.

Aksi penggorengan saham tersebut sontak mendapat tanggapan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dimana Jokowi tidak ingin kasus tersebut berlanjut, khususnya di Indonesia. Jokowi juga memerintahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih intensif memantau industri keuangan dari makro hingga mikro.

“Harus dicek detailnya satu per satu. Minggu lalu ada event besar, Adani di India. Makro negara maju, mikro masalah kerugian US$ 120 miliar, rupiah Rp 1.800 triliun, hati-hati dalam pengawasan, kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Selain itu, ternyata benar, Grup Adani milik konglomerat India Gautam Adani memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Yang saya tahu, Gautam Adani pengusaha batu bara tidak hanya di India, tapi juga di Australia dan Indonesia di Kaltim,” jelas sumber di sektor mineral dan batu bara (minerba) kepada CNBC Indonesia, Kamis (9/1 /2023). .

Meski mengetahui nama perusahaan tersebut, sumber tersebut menolak disebutkan namanya. Hanya saja, sebagai pengusaha batu bara, baru dicanangkan untuk menyebarkannya ke dunia, tak terkecuali Gautam Adani yang memiliki tambang di Kaltim.

Informasi ini memperkuat perkataan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatakan bahwa konglomerasi bisnis milik Gautam Adani juga memiliki bisnis di Indonesia.

Hal itu terungkap dalam Catatan Dahlan Iskan di Disway.id. Mengutip catatan, Rabu (8/2/2023), seperti Low Tuck Kwong yang tiba-tiba menjadi orang terkaya di Indonesia berkat batu bara, Dahlan kembali memperkirakan kenaikan kekayaan Adani berkat batu bara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam penelusuran Tim Riset CNBC Indonesia, salah satu perusahaan yang menjadi tulang punggung utama impor batu bara Adani adalah perusahaan pemilik tambang batu bara di Indonesia. PT Adani Global adalah anak perusahaan Adani Enterprise yang fokus pada pertambangan, logistik dan perdagangan batubara. Situs resmi perusahaan menyebutkan, Adani memperoleh izin usaha pertambangan (IUP) untuk produksi pada 2007.

Proyek di Indonesia ini merupakan proyek luar negeri pertama Grup Adani di bidang pertambangan dan operasi batubara. Perusahaan mengatakan keputusan di Indonesia ini sejalan dengan tekad jangka panjang Adani untuk mengatasi masalah tingginya permintaan di India yang kekurangan energi.

Penambangan batu bara Adani dilakukan melalui PT Lamindo Inter Multikon di sebuah pulau kecil yang terletak di Kalimantan Utara bernama Pulau Bunyu. Data Modi dan Geoportal Minerba menyebutkan Lamindo memiliki IUP aktif hingga tahun 2037 dengan luas 2.414 hektar atau mencapai 12% dari total pulau bunyu.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Pengusaha India menyusul Bezos dalam daftar orang terkaya

(pgr/pgr)



Bikin Jokowi Khawatir, Gautam Adani Miliki Tambang di Kaltim

#Bikin #Jokowi #Khawatir #Gautam #Adani #Miliki #Tambang #Kaltim

Source: www.cnbcindonesia.com