6 Cara Hemat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu

Majikanpulsa.com – Kabar 6 Cara Hemat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu

#Cara #Hemat #Beli #Rumah #Milenial #dan #Gen #Wajib #Tahu

Ilustrasi cara menabung untuk membeli rumah.  sumber: www.pexels.com
Ilustrasi cara menabung untuk membeli rumah. sumber: www.pexels.com

Apakah generasi milenial dan Gen Z tahu cara menabung untuk membeli rumah? Walaupun penghasilannya masih kecil, tidak ada salahnya untuk belajar dari sekarang. Pasalnya, setiap tahun harga rumah dan tanah akan terus meningkat.

Meski tidak harus memilikinya, memiliki rumah idaman pasti akan menjadi aset berharga di masa depan. Terutama bagi Anda yang ingin membangun keluarga bahagia. Yuk, simak artikel di bawah ini tentang cara menabung untuk membeli rumah tanpa KPR.

6 Cara Hemat Membeli Rumah

Berikut beberapa cara cerdas yang bisa Anda ikuti agar impian Anda memiliki rumah idaman bisa segera terwujud.

1. Bayar dan Hindari Hutang

Pengajuan pinjaman dan tabungan dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Namun, ini akan mematahkan fokus untuk menabung di masa depan. Lebih berbahaya lagi jika simpanan yang diberikan malah digunakan untuk melunasi hutang.

Ini tidak baik jika Anda mencari cara menabung untuk menikah dan membeli rumah. Bukannya terkumpul, tabungan terus berkurang. Jadi, lunasi dulu semua utang dan hindari mengajukan pinjaman jika keuntungannya tidak signifikan.

2. Tentukan Target Harga Rumah dan Tanggal Pembelian

Setelah utang lunas, Anda bisa mulai mencari daftar rumah dengan harga yang sesuai dengan perkiraan jumlah tabungan akhir. Kemudian, tentukan tanggal kapan rumah tersebut akan dibeli. Ini akan membantu Anda dalam membuat rencana keuangan yang objektif.

3. Tetapkan Target dan Saluran Tabungan

Berapa banyak uang yang dapat Anda beli setiap bulan? Perhitungkan secara realistis semua kebutuhan pokok dan darurat, lalu sisihkan dana yang ingin ditabung segera. Ingat, konsistensi adalah kuncinya.

Jika Anda tidak terbiasa menyisihkan dana, coba buat jadwal investasi atau aktifkan debet otomatis. Banyak aplikasi keuangan menyediakan sistem otomasi sehingga dana segera ditarik dari sumber tabungan pada tanggal tertentu.

Baca Juga: Cara Menghitung Budget Bulanan untuk Beli Rumah Pertamamu

4. Mulailah Gaya Hidup Hemat

Cara menabung untuk membeli rumah selanjutnya adalah dengan memulai gaya hidup hemat. Gaya hidup konsumtif tidak bisa berjalan seiring dengan menabung. Jadi, belilah kebutuhan yang benar-benar mendasar dan esensial saja. Berhenti cari dulu diskon atau promosi berskala besar.

5. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Untuk mempercepat proses menabung, Anda harus siap mencari sumber penghasilan tambahan lainnya. Freelancer adalah cara atau cara untuk menghemat 50 juta dalam setahun.

Pelajari keterampilan yang banyak diminati seperti menulis, membuat konten media sosial, atau situs webfotografi, video mengedit, dan lain-lain. Anda juga bisa mencoba berjualan online dengan total keuntungan sekitar 1 juta per minggu.

6. Meningkatkan Portofolio Investasi

Investasi dapat ditemukan dalam berbagai jenis instrumen dari yang berisiko rendah hingga tinggi sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Pelajari dulu detail masing-masing instrumen agar tidak salah pilih.

Contoh jenis investasi yang bisa Anda gunakan dengan resiko rendah adalah investasi deposito, reksadana, emas, Peer to Peer Lending (P2P), pasar keuangan mikroobligasi dan mata uang asing.

Itulah 6 cara hemat beli rumah yang bisa kamu terapkan untuk saat ini. Kunci sukses adalah konsistensi. Jadi, hindari perilaku konsumtif yang bisa membuatmu sedih di akhir bulan.

Selain menabung, Anda juga bisa mempercepat pengumpulan dana tabungan dengan menjadi pemberi pinjaman di » untuk mendapatkan pendapatan pasif. » adalah sebuah platform pasar keuangan mikro telah terdaftar dan diawasi di OJK. Modal UMKM mulai dari Rp 100.000 bisa profit hingga 15% datar setiap tahun. Yuk, mulai pendanaan di »!

Unduh aplikasi » di Android
Unduh aplikasi » di iOS

#Cara #Hemat #Beli #Rumah #Milenial #dan #Gen #Wajib #Tahu 6 Cara Hemat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu