Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Memanfaatkan video Tiktok

Majikanpulsa.com – Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Memanfaatkan video Tiktok

#Tingkatkan #Bisnis #Anda #Dengan #Memanfaatkan #video #Tiktok

Halo teman teman.

Pada artikel kali ini kami akan mencoba membahas tentang pengaruh TikTok dalam membantu mempromosikan bisnis yang kami jalankan, cara melakukannya dan tips apa saja yang perlu diterapkan agar dagangan kami dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Namun sebelum kita mengulasnya lebih jauh, tidak ada salahnya jika kita mengetahui sedikit tentang sejarah awal bagaimana TikTok terbentuk dan kemudian berkembang menjadi platform media sosial nomor 1 di dunia saat ini.

Sejarah TikTok

Pada awal tahun 2012 seorang software engineer bernama Zhang Yiming dan Liang Rubo mendirikan sebuah perusahaan bernama ByteDance, pada tahun itu juga ByteDance meluncurkan aplikasi pertamanya yaitu ‘Neihan Duanzi’ yang jika diartikan adalah “Deep Joke”. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menampilkan konten, meme, dan video lucu. Kemudian masih di tahun yang sama, ByteDance meluncurkan kembali platform berita dan informasi yang disebut ‘TouTiao’ yang secara harfiah berarti berita utama atau judul. Hanya dalam 4 bulan setelah diluncurkan TouTiao’ memiliki 1 juta pengguna aktif harian.

Pada tahun 2014 SEQUOIA CAPITAL menginvestasikan 100 juta dolar ke ByteDance kemudian sebagian dari dana tersebut digunakan untuk mendirikan Laboratorium AI ByteDance yang berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan atau AI yang diklaim mampu memahami informasi tentang kepentingan pengguna internet berupa teks, gambar atau video secara lebih mendalam melebihi Facebook. Laboratorium AI ByteDance kemudian memperluas Algoritma pembelajaran mesin untuk memproses lebih banyak data yang kemudian mampu memberikan rekomendasi informasi yang lebih personal. Teknologi AI ini tertanam di ‘TouTiao’ sehingga memiliki kemampuan memprediksi dan menyediakan wadah berita dan informasi yang sangat sesuai dengan minat pengguna. Kekuatan rekomendasi berbasis AI inilah yang menghadirkan ‘TouTiao’ berhasil mendapatkan 120 juta pengguna aktif. Direkam untuk pengguna’TouTiao’ menghabiskan rata-rata 74 menit setiap hari.

Sukses dengan ‘TouTiao’ menginspirasi Zhang Yiming untuk membuat aplikasi serupa lagi namun konten yang disajikan berupa video pendek yang menarik, maka pada tahun 2016 lahirlah ‘Douyin’, sebuah layanan posting video pendek yang menampung berbagai video pengguna dari berbagai genre seperti lelucon, aksi atau trik, tarian dan juga hiburan lainnya. Douy menggunakan teknologi berbasis AI seperti yang digunakan ‘TouTiao’ untuk menghadirkan berbagai video yang sesuai dengan minat pengguna. Kesuksesan Douyin di Tiongkok mendorong ByteDance untuk membuat Douyin versi global untuk konsumsi publik di luar Tiongkok daratan, sehingga pada November 2017 ByteDance mengakuisisi aplikasi bernama ‘Musical.Ly’, media sosial asal Tiongkok yang berkantor pusat di Santa Monica, California. Melalui ‘Musical.Ly’ pengguna dapat membuat video musik lipsync selama 15 detik hingga 1 menit dari musik yang dipilih pengguna. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menelusuri video-video populer, lagu-lagu hit, tagar, dan berinteraksi langsung dengan para penggemar. Pada saat diakuisisi, ‘Musical.Ly’ sudah memiliki sekitar 200 juta pengguna di seluruh dunia. Tidak lama kemudian ‘Musical.Ly’ berganti nama menjadi ‘TikTok’.

Tingkatkan Promosi Bisnis Melalui TikTok

Total pengunduhan aplikasi TikTok pada tahun 2020 sebanyak 63,3 juta kali dan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi ini hingga mencapai 11% dari total jumlah pengunduhan TikTok di dunia. Berdasarkan fakta tersebut, maka TikTok memiliki peluang besar untuk menjadi media promosi yang efektif bagi pelaku usaha di semua sektor dan level.

Bagi Sahabat yang sudah memiliki bisnis baik di level UMKM maupun di level yang lebih besar, TikTok tentunya menjadi pilihan yang tepat sebagai media promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Tips menggunakan TikTok agar lebih efektif

Beberapa cara yang mungkin bisa kita lakukan untuk mendorong minat dan menarik perhatian pengguna.

  • Pastikan foto atau video diambil dengan kualitas yang baik

Tentunya akan lebih nyaman untuk ditonton jika kualitas gambar dan videonya jernih atau tidak pecah-pecah. Sebelum mulai memotret. Ada baiknya kita mencari referensi terlebih dahulu agar iklan kita lebih konseptual.

  • Menggunakan Hashtag atau Tag dengan lagu yang sedang viral di TikTok

Tidak diragukan lagi, lagu-lagu yang populer di TikTok mampu menarik lebih banyak penonton karena ingin mendengarkan dan menonton video yang kami buat menjadi lebih menarik. Jangan lupa gunakan hastag (#) yang juga sedang viral di postingan agar jangkauannya lebih luas.

  • Unggah video pada waktu yang tepat

Kita bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting video kita dengan cara googling terlebih dahulu. Semoga video yang kita upload semakin banyak penontonnya.. Nah sobat apa kabar sudah siap menyambut ratusan pelanggan baru? Ketika video TikTok kita sudah berhasil menarik lebih banyak pelanggan, maka kesiapan kita sebagai penjual dalam melayani juga harus ditingkatkan, baik dari produksi maupun ketersediaan barang. Pegadaian dapat kita manfaatkan untuk menambah modal usaha sebagai penunjang dalam meningkatkan usaha yang sedang dirintis. Sebagai saran, mungkin kita bisa memanfaatkan layanan Gadai seperti Gadai emas, Gadai Elektronik, atau Pegadaian KUR Syariah dalam memperoleh tambahan modal.


Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Memanfaatkan video Tiktok

#Tingkatkan #Bisnis #Anda #Dengan #Memanfaatkan #video #Tiktok

Sumber : sahabat.pegadaian.co.id