6 Cara Mudah Jualan di Tiktok Shop Mudah & Menguntungkan!

Majikanpulsa.com – 6 Cara Mudah Jualan di Tiktok Shop Mudah & Menguntungkan!

#Cara #Mudah #Jualan #Tiktok #Shop #Mudah #Menguntungkan

Jika kita berbicara tentang cara berjualan di TikTok, siapa yang tidak mengenal platform ini. Aplikasi ini telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Selama dua tahun terakhir, ada 313 juta pengguna aplikasi TikTok di kawasan Asia Pasifik (di luar China dan India). Selain itu, pengguna di Amerika Latin dan Eropa sebanyak 346 juta pengguna. Rata-rata pengguna TikTok berusia 20-29 tahun dan mencapai 35% populasi dunia.

Data pengguna Tik Tok

Dengan bertambahnya jumlah pengguna, TikTok mengembangkan fitur-fitur baru yang berfokus pada bisnis seperti profil bisnis, iklan, dan Toko TikTok.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis dan berjualan di platform TikTok. Berikut cara berjualan di TikTok yang harus Anda ketahui!

Baca juga: Tips Memilih Mitra Bisnis yang Tepat untuk Bisnis Anda!

Kenali Fitur Toko Tiktok

Pertengahan tahun 2021, aplikasi TikTok meluncurkan fitur baru yang cukup untuk media sosial yang bisa dijual secara online. Fitur tersebut bernama TikTok Shop.

Tak heran jika TikTok meluncurkan fitur tersebut, karena menurut data Semrush, pergeseran perilaku konsumen ke arah belanja online dipengaruhi oleh perkembangan e-commerce dan pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun lalu.

Selain data dari Sirclo, 17,5% masyarakat pada umumnya telah berpindah dari offline ke online. Mereka juga harus cukup nyaman dengan metode pembayaran yang sudah tersedia dan sistem belanja online.

Meningkatnya pelanggan yang berbelanja Menghubung juga cukup besar. Dari hanya 11%, akan meningkat menjadi 25% di tahun 2021. Tak heran jika banyak nasabah dan nasabah yang berpindah ke online untuk bertransaksi.

TikTok Shop adalah salah satu fitur terbaru yang dimiliki TikTok. Fitur ini memungkinkan kreator untuk mempromosikan dan menyediakan produk dalam video yang mereka upload.

Lihat Toko TikTok

Nah dengan fitur ini, penonton bisa langsung membeli melalui aplikasi TikTok. Tentunya hal ini sangat memudahkan penonton karena tidak perlu membuka aplikasi toko online tersendiri untuk membeli produk yang ditawarkan oleh pembuat video tersebut.

Tentunya fitur ini memberikan peluang bisnis bagi pengguna karena mereka membuat konten sekaligus berjualan. Saat menggunakan fitur ini, akan ada fitur tab belanja di profil.

Menurut survei yang dilakukan oleh Adweek, hingga 49% pengguna tiktok akan membeli produk atau layanan yang ditampilkan dalam iklan, ulasan, atau promosi yang ada.

Baca Juga: Apa itu UMKM? Memahami Jenis-Jenis UMKM

6 Alasan Jualan di TikTok Shop, Untung 3x lipat Lho

Ada beberapa alasan mengapa kita harus berjualan di TikTok Shop. Menurut Fakta.net, ada beberapa alasan untuk berjualan di Tiktok Shop.

  • Tiktok adalah aplikasi yang memiliki rata-rata satu juta tayangan per hari di tahun pertama. Tentu ini angka yang cukup luar biasa. Tentu angka ini akan terus berlanjut seiring berjalannya waktu.
  • TikTok bisa membuat konten berduet dengan dua kreator berbeda. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat bagi para kreator maupun mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya. Daripada Anda membayar influencer untuk produk Anda.
  • Data menunjukkan bahwa 34% pengguna aplikasi TikTok berbagi konten setiap hari. Tentu dari data tersebut dikatakan bahwa pengguna tiktok sangat aktif dibandingkan media sosial lainnya.
  • Ada fitur analisis video yang tersedia di platform TikTok yang membantu Anda melihat kinerja konten video yang Anda unggah.
  • TikTok dapat diakses dari browser pc ke ponsel. Tentunya Anda bisa membuat konten yang kekinian dan kapan saja.
  • Aplikasi TikTok tersedia di 154 negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Berikut beberapa tata cara pengisian struk yang benar

6 Cara Berjualan di Toko TikTok Untuk Pemula, 100% Pasti Berhasil

Seperti yang sudah disebutkan, tidak hanya sebagai media sosial, ternyata TikTok juga bisa digunakan untuk berjualan. Berikut cara berjualan di TikTok Shop untuk pemula.

1. Ubah Akun TikTok Anda menjadi Akun Bisnis

Pertama, Anda perlu membuat akun TikTok yang merupakan akun bisnis. Untuk bisa berjualan di TikTok Shop, Anda harus memiliki akun bisnis tersebut di atas. Pertama, Anda dapat mengunjungi halaman Penjual Toko TikTok.

Daftar Melalui Penjual Toko TikTok

Setelah Anda dapat memilih untuk mendaftar dengan Akun TikTok, jika Anda sudah memiliki akun tiktok. Jika belum, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di halaman yang sama, dengan mengisi data diri seperti nomor handphone, email, password dan klik kirim.

2. Lengkapi Data dan Verifikasi Akun Penjualan Anda

Setelah Anda terdaftar di TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi atau data di akun Anda. Mulai dari alamat, hubungi orang sampai ke rekening bank.

Setelah selesai, Anda dapat memverifikasi akun Anda dengan melengkapi data di bagian ‘verifikasi dokumen’ yang terletak di beranda. Pilih jenis akun yang ingin Anda buat, apakah itu formulir individu atau perusahaan. Kemudian unggah foto ID Anda dan ukurannya tidak boleh lebih dari 10MB. Periksa apakah informasi yang Anda kirimkan sudah benar.

3. Tambahkan Produk yang Anda Jual ke Toko TikTok

Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat mulai menambahkan produk ke akun Toko TikTok Anda. Begini caranya:

  • Masuk ke Pusat Toko Penjual TikTok.
  • Pastikan produk yang ingin diunggah bukan termasuk produk yang dilarang atau melanggar kebijakan TikTok.
  • Gulir ke bawah dan klik ‘Tambahkan Produk Pertama’ dan pilih ‘Unggah Sekarang’.
  • Nama produk dan detail lainnya seperti dimensi produk, berat, warna, dll.
  • Pilih kategori produk.
  • Tambahkan merek produk jika ada.
  • Upload foto produk minimal 3 gambar dan maksimal 9 gambar. Pastikan foto yang Anda gunakan beresolusi tinggi dengan dimensi 1:1 dan menampilkan detail produk dengan jelas.
  • Unggah video produk jika tersedia.
  • Tambahkan opsi variasi seperti ukuran dan lainnya.
  • Periksa lagi dan tekan ‘Publikasikan’.

Tips Menambahkan Produk untuk Dijual di TikTok Shop:

  • Gunakan foto skala 1:1.
  • Gunakan deskripsi yang menarik. Deskripsi yang menarik adalah kalimat aktif yang dilengkapi dengan emoji untuk menghadirkan kesan visual pada teks yang ada.
  • Unggah dokumen kepemilikan untuk menjelaskan bahwa produk tersebut adalah milik Anda atau menyatakan keasliannya.
  • Agar lebih menarik, tambahkan video produk.

4. Buat Konten Yang Dapat Menarik Audiens Anda

Keempat, ini adalah hal yang sangat penting, yaitu jangan lupa untuk membuat konten yang menarik, konten yang bisa memberikan audiens yang besar juga. Jika memungkinkan, konten bisa masuk FYP (For Your Page).

5. Buat promo yang menarik

Apalagi, ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk mendongkrak penjualan TikTok Anda. Salah satunya seperti memberikan promo menarik seperti Beli satu gratis satu dan masih banyak promo menarik yang bisa kamu lakukan.

6. Bekerja sama dengan pemberi pengaruh

Salah satu bentuk promosi yang bisa membuat banyak pembeli bekerja pemberi pengaruh. Sejumlah besar pengikut dan pemirsa TIK tok mandiri pemberi pengaruh, dapat menjangkau khalayak yang lebih luas juga. Untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Nah itulah beberapa langkah atau cara berjualan di TikTok Shop untuk pemula dan untung!

Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi atau berbisnis di TikTok Shop. Anda bisa menggunakan software invoice online dari majikanpulsa.com.

Dengan majikanpulsa.com Anda dapat dengan mudah membuat invoice digital secara online, baik melalui browser maupun menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Selain itu, ada berbagai metode pembayaran yang memungkinkan Anda memberikan pembayaran kepada pelanggan Anda.

Selain membuat invoice, Anda dapat dengan mudah mengirimkan invoice hanya dengan sekali klik melalui Whatsapp, Email, bahkan SMS. Itu juga direkonsiliasi bersama dengan pembayaran digital. Ayo gunakan majikanpulsa.com sekarang juga dengan klik tombol daftar di bawah ini!

(Dikunjungi 19 kali, 1 kunjungan hari ini)

#Cara #Mudah #Jualan #Tiktok #Shop #Mudah #Menguntungkan 6 Cara Mudah Jualan di Tiktok Shop Mudah & Menguntungkan!

sumber: www.paper.id