Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Kisaran Harga Terbaru – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Ganti oli motor matic secara berkala untuk memastikan performa maksimal dan kenyamanan saat berkendara. Pilih oli berkualitas terbaik, seperti Federal Matic 30 Ecomaxx, Oli MPX 2, Super Matic, Aksi Matic SAE 10W-40, Skuter LE 4T H-Tech 10W-30, Enduro MATIC-V SAE 10W-40, Skuter POWER1 10W-40, API MATIC Synthetic SN 10W-30 JASO MB, Repsol Moto 4T 10W30 Matic, BM1 PC 1500 Matic, dan SCOOTIC HX Sintetis 10W-30.

Oli motor matic menjadi kebutuhan tersendiri bagi pemilik kendaraan jenis matic. Pada dasarnya setiap pemilik kendaraan menginginkan oli motor matic terbaik untuk motor kesayangannya.

Selain memberikan performa maksimal pada kendaraan, oli berkualitas juga akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor Matic?

Idealnya, oli motor matic harus diganti secara berkala. Hal ini penting, terutama untuk kendaraan yang digunakan untuk menunjang rutinitas sehari-hari. Berikut waktu yang ideal untuk mengganti oli motor matic:

Jarak tempuh 2.000 KM

Saat sepeda motor memiliki jarak tempuh kurang lebih 2.000 KM. Dengan jarak tempuh selama ini, oli motor matic dinilai sudah tidak layak pakai dan harus diganti dengan yang baru.

Jarak tempuh 3.000 KM

Jika kendaraan sudah menempuh jarak sekitar 3.000 KM, oli juga perlu segera diganti dengan yang baru. Keadaan ini biasanya terjadi setelah motor matic digunakan selama kurang lebih 2 bulan.

Setiap 6-12 Bulan (Untuk Motor Jarang Dipakai)

Jika motor jarang dipakai dan tidak mencapai jarak tempuh 3.000 KM dalam 2 bulan pertama, maka lakukan penggantian oli setiap 6-12 bulan.

Setiap 2 minggu sekali (untuk sepeda motor yang menempuh jarak 200 KM/hari)

Jika motor digunakan secara rutin dan menempuh jarak sekitar 200 KM per hari, sebaiknya penggantian oli motor dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Ganti Oli Motor Matic Secara Rutin dengan Oli Terbaik

oli motor matic

Penggantian oli motor matic harus dilakukan secara berkala, sesuai dengan kondisi penggunaan motor itu sendiri. Hal ini akan menjamin performa sepeda motor matic pada level prima, sehingga kendaraan nyaman dan aman saat digunakan. Penting untuk memilih oli motor yang tepat dan berkualitas, agar oli dapat bekerja maksimal pada mesin sepeda motor matic.

Berikut adalah beberapa pilihan oli motor matic terbaik untuk dipertimbangkan:

1. Oli Federal – Federal Matic 30 Ecomaxx

Oli motor ini memiliki komposisi AE 10W-30 API SL JASO MB yang dianggap sebagai pelumas terbaik untuk sepeda motor matic. Oli sintetik ini cocok untuk berbagai varian motor matic dari 125cc hingga 150cc yang masih berusia di bawah 5 tahun. Federal Matic 30 Ecomaxx hadir dalam beberapa ukuran kemasan yang berbeda.

Kisaran harga: Rp 35.000 untuk ukuran 800 ml.

2. AHM – Oli MPX 2

AHM juga dikenal sebagai salah satu produsen oli motor matic terbaik hingga saat ini. Varian Oli MPX 2 ini bahkan diklaim mampu menghasilkan daya pelumasan yang maksimal pada mesin sepeda motor matic, bahkan dengan cara yang lebih baik dan hemat dibanding oli lain yang ada di pasaran. Minyak sintetis ini juga tersedia dalam berbagai ukuran.

Kisaran harga: Rp 40.000 untuk ukuran 800 ml.

3. Yamalube – Super Matic

Jika Anda menginginkan oli motor matic terbaik yang ada di pasaran, maka Oli Yamalube Super Matic bisa menjadi pilihannya. Secara khusus, oli ini dibuat untuk sepeda motor matic premium. Yamalube diklaim mampu memberikan pelumasan maksimal pada putaran mesin maksimal di segala kondisi jalan dan cuaca sekaligus.

Kisaran harga: Rp 54.000 untuk ukuran 800 ml.

4. TOP1 – Aksi Matic SAE 10W-40

TOP 1 sudah lama dikenal sebagai penghasil oli untuk berbagai jenis kendaraan bermotor. Varian Action Matic SAE 10W-40 merupakan produk yang dibuat khusus untuk sepeda motor matic. Oli ini memiliki masa pakai yang lama dan dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin, termasuk dari gesekan.

Kisaran harga: Rp 100.000 untuk kemasan 800 ml.

5. Motul – Skuter LE 4T H-Tech 10W-30

Oli motor matic ini dibuat khusus untuk mesin motor matic yang membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan 10W-30. Motul prime oil dapat menghasilkan pelumasan yang maksimal pada mesin, namun penggunaannya tetap irit dan efisien.

Baca Juga : Jenis Suku Cadang Mobil Dan Suku Cadang Yang Sering Diganti

Kisaran harga: Rp 70.000 untuk kemasan 800 ml.

6. Pelumas Pertamina – Enduro MATIC-V SAE 10W-40

Ini adalah salah satu oli motor matic terbaik yang diproduksi di Indonesia dan banyak digunakan oleh para pemilik motor matic. Produk ini telah melewati proses uji tester tabung panas, serta minyak terkenal lainnya di pasaran. Pelumas Enduro Matic-V ini juga diklaim mampu membersihkan bagian mesin secara maksimal.

Kisaran harga: Rp 45 ribu untuk kemasan 800 ml

7. Shell – Muka AX7 Matic 10W-40 4T

Pelumas motor matic unggulan Shell dipercaya mampu memberikan perlindungan yang bersih untuk mesin sepeda motor, bahkan untuk segala kondisi jalan sekaligus. Tak hanya itu, oli ini juga mampu meredam suara mesin saat berkendara, sehingga perjalanan akan terasa lebih nyaman dan tenang.

Kisaran harga: Rp 50.000 untuk ukuran 800 ml.

8. Evaluasi – SCOOTIC HX Sintetis 10W-30

Evalube prime oil diklaim mampu membatasi gesekan pada suhu mesin dan rpm tinggi. Oli motor SCOOTIC HX Synthetic ini sudah menggunakan Teknologi Veltec yang memungkinkan umur mesin lebih panjang dan durabilitas.

Kisaran harga: Rp 55.000 untuk ukuran 800 ml.

9. Castrol – Skuter POWER1 10W-40

Oli yang dibuat khusus untuk mesin sepeda motor matic ini menggunakan Power Release Technology, dimana teknologi ini dapat memaksimalkan performa mesin. Hal ini didukung dengan optimalisasi gesekan yang dapat memberikan akselerasi maksimal dan cepat pada mesin.

Kisaran harga: Rp 40.000 untuk ukuran 800 ml.

10. SyneRal – API MATIC Synthetic SN 10W-30 JASO MB

SyneRal secara khusus memformulasikan oli ini untuk mesin sepeda motor matic. menggunakan teknologi multipel aktifSynthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB dapat mengatur tingkat kehalusan oli saat digunakan pada mesin dengan suhu yang berlebihan.

Kisaran harga: Rp 65.000 untuk ukuran 800 ml.

11. Repsol Moto 4T 10W30 Matic

Repsol tentunya merupakan salah satu produsen oli mesin terbesar di dunia dan telah menghasilkan berbagai produk unggulan. Repsol Moto 4T 10W30 Matic dibuat khusus untuk mesin sepeda motor matic dan cukup populer. Oli ini diklaim mampu memberikan perlindungan pada mesin sepeda motor, khususnya sepeda motor yang digunakan di perkotaan yang sering terkena kemacetan.

Kisaran harga: Rp 40.000 untuk ukuran 800 ml.

12. BM1 PC 1500 Matic

Oli motor matic ini termasuk oli semi sintetik dan dibuat khusus untuk mesin yang menggunakan teknologi tinggi. Tergantung pada sistem PC-AFA, BM1 PC 1500 Matic mampu melindungi mesin dari gesekan, sehingga dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar.

Kisaran harga: Rp 66 ribu untuk kemasan 800 ml.

Baca Juga: Waspada! 9 Hal Yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar Di Jalan

Tips Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama dan Tidak Rewel

Sepeda motor matic telah menjadi jenis sepeda motor paling populer dalam beberapa dekade terakhir. Sama seperti motor lainnya, motor matic juga perlu perawatan yang cermat, agar mesin awet dan tidak mudah rusak. Selain mengganti oli secara berkala, beberapa tindakan lain juga diperlukan.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan agar sepeda motor matic lebih awet:

  • Lakukan pemanasan mesin sepeda motor secara rutin setiap pagi sebelum digunakan. Hal ini akan membuat mesin menjadi panas dan oli siap melumasi mesin, sehingga performa motor lebih maksimal saat digunakan.
  • Pastikan untuk selalu menggunakan bensin berkualitas dan hindari kehabisan bahan bakar.
  • Lakukan servis berkala, agar kondisi mesin tetap terjaga dengan baik dan optimal.
  • Lakukan penggantian oli secara rutin dan gunakan oli motor matic yang berkualitas baik.
  • Periksa kondisi aki secara rutin dan ganti aki minimal 7-8 bulan sekali.
  • Ganti oli shock absorber secara berkala, agar motor tetap nyaman saat dikendarai.

Rawatlah motor dengan menggunakan oli motor matic yang berkualitas

Melakukan perawatan yang baik merupakan kebutuhan tersendiri bagi para pemilik sepeda motor, termasuk sepeda motor matic. Penting untuk menggunakan oli motor matic yang terbaik dan benar sejak awal. Selain itu, lakukan penggantian oli secara berkala dan servis berkala, agar kondisi sepeda motor tetap terjaga dan dapat digunakan secara maksimal.

Baca Juga : Jenis Suku Cadang Mobil Dan Suku Cadang Yang Sering Diganti

#Rekomendasi #Oli #Motor #Matic #Terbaik #dan #Kisaran #Harga #Terbaru #Majikanpulsa.com Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Kisaran Harga Terbaru – Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com