Pembiayaan jangka pendek untuk bisnis dan manfaatnya!

Pembiayaan jangka pendek untuk bisnis dan manfaatnya!

,

Pembiayaan jangka pendek adalah solusi pendanaan yang banyak diadopsi oleh bisnis untuk menutupi kekurangan dana jangka pendek. Pembiayaan jangka pendek dapat berupa pinjaman, faktur yang dibeli, pembayaran dengan kartu kredit, atau pembiayaan lainnya. Manfaatnya adalah memungkinkan bisnis untuk bertahan dan tumbuh, mengurangi beban keuangan dan meningkatkan likuiditas. Ini juga membantu meningkatkan cash flow dan membantu membayar hutang dengan lebih cepat. Pembiayaan jangka pendek juga membantu mengurangi biaya yang ditimbulkan oleh biaya pinjaman jangka panjang, mengurangi risiko kredit dan meningkatkan aliran kas yang masuk.

Pembiayaan jangka pendek bisa menjadi cara yang bagus bagi bisnis untuk mengakses arus kas, baik mereka baru memulai, ingin meningkatkan atau merencanakan masa depan. Bagi kami sebagai karyawan, kami juga harus memastikan bahwa keuangan operasional berjalan seimbang. Jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendesak, jangan sampai menambah beban keuangan, apalagi membuat beban pinjaman bertambah, sehingga bisa menyebabkan Anda terlilit utang.

Menurut Stanford Management Consulting, jika Anda sedang membangun bisnis terkecil sekalipun, Anda tetap harus dapat memprediksi beberapa total investasi melalui formulasi ROI. Keuangan pribadi tidak boleh digabungkan. Melalui ringkasan data, Anda dapat mempelajari operasional perusahaan dengan lebih baik. Jadi apa sebenarnya pembiayaan jangka pendek itu? Dan apa saja pilihan pembiayaan jangka pendek? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu pembiayaan jangka pendek?

Pembiayaan jangka pendek adalah pembiayaan usaha dari sumber jangka pendek, yaitu kurang dari satu tahun. Ini membantu bisnis menghasilkan uang tunai untuk menjalankan bisnis dan untuk biaya operasional, yang biasanya jumlahnya lebih kecil. Ini melibatkan pengembangan uang dengan pinjaman online, jalur kredit dan pembiayaan faktur. Ini juga disebut sebagai pembiayaan modal kerja dan digunakan untuk inventaris, piutang, dll. Dalam kebanyakan kasus, jenis pembiayaan ini diperlukan dalam proses bisnis karena arus kas yang tidak merata ke dalam bisnis.

Keuntungan pembiayaan jangka pendek

Pembiayaan jangka pendek bisa menjadi cara yang bagus bagi bisnis untuk mengakses arus kas. Ini juga mencegah Anda mengumpulkan pinjaman dengan suku bunga tinggi karena kebutuhan mendesak akan pinjaman untuk melunasi beberapa layanan bisnis atau kebutuhan mendesak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai manfaat pembiayaan jangka pendek.

1. Pembiayaan start-up

Pembiayaan jangka pendek dapat membantu memastikan bahwa Anda memiliki keuangan yang cukup untuk menutupi semua biaya ini dan membangun bisnis Anda dengan dasar keuangan yang stabil. Ini dapat digabungkan dengan hibah pemerintah usaha kecil, pinjaman lain, tabungan atau keuangan lain yang sudah Anda miliki. Untuk perusahaan yang mencari pendanaan dan pelatihan bisnis, Anda dapat segera mencari lebih banyak Inkubator StartUp.

2. Pertumbuhan bisnis

Jika bisnis Anda berharap untuk tumbuh, apakah itu mengembangkan produk baru atau bahkan memperluas ke luar negeri, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki dukungan keuangan yang cukup untuk menutup semua biaya yang diperlukan.

Ketika penjualan Anda meningkat, biaya produksi Anda juga akan meningkat. Ini dapat mencakup pengeluaran seperti membayar vendor, pengiriman, karyawan, dan lainnya. Ada banyak cara bisnis dapat tumbuh, tetapi masing-masing membutuhkan dana tambahan untuk memastikan kesuksesan. Anda mungkin hanya memerlukan sedikit dana tambahan pada tahap pertama perluasan – misalnya, untuk membeli bahan tambahan atau sedikit tambahan untuk menyewa ruang kerja yang lebih besar. Pembiayaan jangka pendek mungkin merupakan cara terbaik untuk membantu pertumbuhan ini.

3. Keamanan terhadap biaya mendadak

Untuk melindungi dari biaya atau pengeluaran mendadak yang mungkin timbul, selalu disarankan agar bisnis (terutama pemula dan UKM) memiliki banyak dana darurat.

Namun bagi bisnis yang tidak memiliki banyak dana cadangan, pembiayaan jangka pendek dapat membantu mencegah masalah keuangan jika bisnis Anda terkena biaya tak terduga.

Itu bisa apa saja, mulai dari kenaikan harga pasokan dan pengiriman hingga kenaikan pajak. Jika perusahaan Anda tidak merencanakan atau menganggarkan untuk ini, ini dapat berdampak signifikan pada keuangan Anda.

Jenis pembiayaan jangka pendek

Mengenali jenis pembiayaan memang sangat penting, hal ini sangat mempengaruhi resiko yang akan diterima. Baik terkait dengan bunga, jangka waktu, jumlah hibah untuk jaminan dan validitas perusahaan pinjaman, jika Anda perlu mengajukan pinjaman setiap saat. Penyaluran pinjaman akan lebih tepat. Pendanaan jangka pendek dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pendanaan jangka pendek spontan dan pendanaan jangka pendek non-spontan.

1. Pembiayaan jangka pendek spontan

Pembiayaan jangka pendek spontan adalah bentuk pembiayaan yang tersedia secara alami dan tidak perlu dicari atau direncanakan. Misalnya, uang yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa, uang yang masuk ke rekening bank melalui pembayaran dari pelanggan, atau uang yang diperoleh dari kegiatan operasional lainnya.

2. Pembiayaan jangka pendek tidak spontan

Pembiayaan jangka pendek non-spontan adalah bentuk pembiayaan yang harus dicari atau direncanakan oleh perusahaan. Ini termasuk pinjaman bank, faktur diskon, kredit operasi, cerukan dan pinjaman pemasok. Pendanaan ini membutuhkan proses dan upaya aktif dari perusahaan untuk mendapatkan dana tersebut.

Pendanaan jangka pendek spontan biasanya tidak memerlukan agunan dan memiliki suku bunga yang rendah, sedangkan pendanaan jangka pendek non spontan biasanya memerlukan agunan dan suku bunga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, fleksibilitas, dan jangka waktu pembayaran ketika memilih jenis pembiayaan jangka pendek yang sesuai dengan kebutuhannya.

Jenis pembiayaan jangka pendek non-spontan

Berikut beberapa jenis pembiayaan jangka pendek non spontan yang bisa Anda coba terapkan pada bisnis Anda. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu dari segi biaya operasional, bunga untuk jangka waktu yang diberikan, agar Anda bisa melunasinya. Pastikan perusahaan pemberi pinjaman juga memiliki izin dan pengawasan dari OJK. Nah beberapa pendanaan non-spontan di bawah ini bisa Anda coba:

1. Pinjaman bank

Pinjaman bank adalah bentuk dana yang paling umum digunakan untuk pembiayaan jangka pendek. Perusahaan dapat meminjam uang dari bank dengan jangka waktu pengembalian yang singkat dan suku bunga yang telah ditentukan.

2. Faktur diskon

Pembiayaan inoice atau yang biasa dikenal dengan discount invoices merupakan bentuk pembiayaan jangka pendek dimana perusahaan menjual invoice kepada pihak ketiga dengan harga diskon untuk mendapatkan dana segar dengan segera.

3. Kredit operasional

Kredit operasional merupakan salah satu bentuk pembiayaan jangka pendek yang diberikan oleh bank untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan, seperti pembelian bahan baku atau pembayaran upah.

4. Cerukan

Cerukan adalah bentuk pembiayaan jangka pendek di mana perusahaan dapat menarik dana dari rekening bank selain saldo yang ada dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman biasa.

5. Pinjaman dari pemasok

Perusahaan juga dapat meminta pinjaman dari pemasoknya untuk membiayai kegiatan operasionalnya. Pemasok dapat memberikan pinjaman dengan syarat perusahaan melunasi utangnya tepat waktu.

6. Kredit komersial

Kredit komersial adalah bentuk pembiayaan jangka pendek yang diberikan perusahaan pembiayaan kepada bisnis lain untuk membiayai kegiatan bisnis mereka.

Kapan saya harus menggunakan pembiayaan jangka pendek?

Pembiayaan jangka pendek sering dipertimbangkan jika Anda membutuhkan dana dengan cepat untuk memanfaatkan peluang yang cepat berlalu atau untuk menutupi biaya tak terduga. Tetapi setiap situasi unik, dan mengetahui pro dan kontra dari pembiayaan jangka pendek akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan pembiayaan jangka pendek, Berikut adalah beberapa pro dan kontra dari pembiayaan jangka pendek.

Keuntungan Hilang
1. Tersedia dengan cepatPembiayaan jangka pendek dapat diperoleh dengan cepat dan mudah, membantu bisnis membiayai kebutuhan mereka dengan cepat. 1. Suku bunga yang lebih tinggiPendanaan jangka pendek biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pendanaan jangka panjang, sehingga perusahaan harus membayar lebih banyak biaya.
2. Biaya rendahBiasanya, pendanaan jangka pendek memiliki biaya yang lebih rendah daripada pendanaan jangka panjang, seperti pinjaman jangka panjang. 2. Ketergantungan pada sumber pembiayaan baruPerusahaan harus terus mencari sumber pembiayaan baru ketika masa pinjaman berakhir, dan berlari mencari pembiayaan baru dapat membuat perusahaan kekurangan dana.
3. FleksibilitasPembiayaan jangka pendek memiliki periode pembayaran yang singkat, memberi perusahaan lebih banyak fleksibilitas dan kebebasan untuk membelanjakan uang mereka. 3. Kemampuan untuk membayar terbatasBisnis mungkin memiliki batasan dalam hal pembayaran bulanan karena suku bunga yang lebih tinggi dan jangka waktu pembayaran yang pendek.
4. Tidak ada garansiBanyak bentuk pembiayaan jangka pendek, seperti pinjaman bank dan faktur diskon, tidak memerlukan agunan, membuatnya lebih mudah diperoleh. 4. Kemampuan untuk membiayai proyek jangka panjangKarena periode pengembalian yang singkat, pembiayaan jangka pendek mungkin tidak cukup untuk membiayai proyek jangka panjang yang membutuhkan sumber pembiayaan yang lebih stabil dan tersedia.

Keuntungan dan kerugian pembiayaan jangka pendek

Pembiayaan jangka pendek agar lebih produktif, kenapa tidak!

Bagaimana Anda memahami fungsi pembiayaan jangka pendek? Apakah Anda masih takut terlilit utang besar? Tenang saja, jika Anda mencermati suku bunga dan jangka waktu yang diberikan, Anda tentu tidak akan terlilit utang, asalkan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Jika ada pembiayaan jangka pendek, jika bisa membuat perusahaan atau bisnis menjadi lebih baik dan lebih produktif, kenapa tidak? Untuk utang Anda, tentu saja Anda dapat menjadwal ulang kapan saja. Namun, bijaklah sebelum melamar. Selamat mencoba, teruslah berkarya, salam produktif!

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Pembiayaan #jangka #pendek #untuk #bisnis #dan #manfaatnya majikan pulsa Pembiayaan jangka pendek untuk bisnis dan manfaatnya!