Mudah! Contoh Business Plan Sederhana untuk Pemula

Majikanpulsa.com – Coretan Mudah! Contoh Business Plan Sederhana untuk Pemula

#Mudah #Contoh #Business #Plan #Sederhana #untuk #Pemula

Ilustrasi contoh business plan sederhana.  sumber: www.pexels.com
Ilustrasi contoh business plan sederhana. sumber: www.pexels.com

Menyusun rencana bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan seorang wirausahawan. Tentunya perencanaan yang dibuat harus memuat berbagai faktor penting yang dapat mempercepat perkembangan usaha tersebut. Nah, apa saja contoh bisnisnya rencana mudah yang bisa Anda terapkan?

Sebelum melangkah lebih jauh, apa yang Anda ketahui tentang bisnis rencana? Bisnis rencana adalah rencana bisnis yang memuat tujuan, strategi, visi dan misi, serta tindakan bisnis. Rencana ini berfungsi sebagai panduan agar Anda berada di jalan menuju kesuksesan sejati.

Selain itu, rencana bisnis yang matang, realistis, dan terperinci dapat membantu Anda menyerahkan modal kepada investor dan membangun hubungan bisnis dengan merek lain. Jadi, siapkan contoh rencana bisnis kecil Anda dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

Contoh Business Plan Sederhana yang Cocok untuk Pemula

Selain bersifat umum, contoh business plan sederhana untuk mahasiswa memuat beberapa faktor penting yang terdiri dari nama dan tujuan usaha, deskripsi dan proses pembuatan produk, target pasar, strategi pemasaran, dll. Berikut adalah penjelasan dari faktor-faktor tersebut.

Nama dan Tujuan Bisnis

Bisnis atau nama bisnis Anda adalah tolak ukur awal untuk membedakan Anda dengan kompetitor lainnya. Namun, nama bisnis tidak boleh terlalu rumit. Jika terlalu rumit, akan sulit bagi calon pelanggan untuk mengingat dan mengucapkannya.

Cukup gunakan bahasa sehari-hari yang sederhana namun unik. Misalnya, Anda bisa menggunakan nama Dasteran jika ingin menjual daster khusus wanita. Dalam contoh bisnis rencana makanan sederhana, Anda juga bisa menggunakan kombinasi nama Anda dan produk yang dijual untuk nama bisnis.

Kemudian, tuliskan tujuan bisnis yang ingin Anda capai dengan jelas dan objektif. Muat informasi tentang berapa banyak keuntungan yang ingin Anda hasilkan, bagaimana mengembangkan pasar dan membangun identitas merek.

Deskripsi Produk dan Proses Manufaktur

Produk bisa menjadi senjata pilihan dalam contoh bisnis rencana sederhana Anda. Ambil contoh daster, jelaskan kualitas daster yang Anda jual, proses pembuatannya jika produknya asli, motif dan bahan yang digunakan, dll.

Memberikan konsep yang membedakan. Misalnya, Anda ingin menjual daster khusus ibu hamil saja. Jenis daster ini biasanya ukuran besar namun memiliki banyak pilihan bentuk, panjang, motif, dan gaya. Nah, konsep pembeda bisa seperti motif unik dan gaya trendi yang dimiliki daster bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis Plan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Sasaran pasar

Tentunya target pasar dari bisnis daster ini adalah ibu hamil. Namun, Anda tetap bisa menjabarkan secara detail seperti kecocokan pengasuh dengan rentang usia kehamilan dan lokasi pangsa pasar yang dituju (regional, nasional atau internasional).

Strategi pemasaran

Ini mengacu pada bagaimana Anda mempromosikan produk dan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa membuat rencana untuk membangun hubungan yang erat dengan pelanggan karena merekalah yang mendukung keberlangsungan bisnis.

Tim Keuangan dan Manajemen

Mengelola keuangan bisnis dan arus kas harus dilakukan dengan hati-hati dan tegas. Anda harus memiliki strategi keuangan yang mengatur pendapatan dan pengeluaran agar bisnis dapat berjalan dengan stabil.

Kemudian, pertimbangkan bagaimana Anda dan calon karyawan akan mengelola bisnis bersama. Jelaskan apa yang menjadi tanggung jawab setiap posisi dan bagaimana setiap orang harus menjalankan tugasnya.

Itulah contoh business plan sederhana untuk pemula. Rencana bisnis harus memuat informasi penting yang mendukung perkembangannya seperti nama dan tujuan, produk, pangsa pasar, pemasaran, dan manajemen keuangan dan tim.

Jika Anda tidak tertarik untuk memulai bisnis, Anda dapat membantu bisnis lain agar sukses dengan menjadi bisnis tersebut pemberi pinjaman platform pasar keuangan mikro, ». Tak perlu khawatir, » telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dimulai dengan hanya Rp 100.000, Anda bisa mendapatkan hingga 15%. datar setiap tahun! Apa yang kamu tunggu

Unduh aplikasi » di Android
Unduh aplikasi » di iOS

#Mudah #Contoh #Business #Plan #Sederhana #untuk #Pemula Mudah! Contoh Business Plan Sederhana untuk Pemula

sumber: blog.amartha.com