Mengetahui perbedaan trading dan investasi, perbedaan tujuan dan metode

Majikanpulsa.com – Mengetahui perbedaan trading dan investasi, perbedaan tujuan dan metode

#Mengetahui #perbedaan #trading #dan #investasi #perbedaan #tujuan #dan #metode

Dalam dunia investasi juga dikenal istilah trading, terutama untuk memilih saham sebagai instrumen investasi. Ternyata, ada perbedaan antara trading dan investasi. Kami akan memberikan beberapa informasi tentang apa yang dimaksud dengan perdagangan dan investasi, perbedaan antara keduanya, dan poin tambahan tentang investasi dan perdagangan.

Pertama, kita tentu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan investasi dan perdagangan. Perdagangan adalah bentuk aktif dari investasi keuangan, dimana investor juga melakukan transaksi di pasar. Sedangkan investasi memiliki arti suatu kegiatan menanam modal, saham, bertransaksi di pasar keuangan.

investasi lebih luas jika dibandingkan dengan perdagangan. Investor cukup membeli sebidang tanah yang tidak ditempati kemudian menjualnya ketika harga tanah naik, investor dengan kata lain hanya menunggu atau pasif.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan trading dan investasi? Bisakah seseorang dikatakan sebagai investor dan trader? Perbedaan antara perdagangan dan investasi sebagaimana dijelaskan di awal artikel dirangkum dalam tabel berikut.

PARAMETER BERDAGANG investasi
Durasi aktivitas Jangka pendek Jangka panjang
Tujuan Fokus pada profitabilitas dan pertumbuhan aset Fokus pada pertumbuhan modal
Sifatnya Tidak stabil Stabilitas (tetap/tidak mudah berubah)
metode analitis Menggunakan analisis teknis Menggunakan analisis fundamental
Sistem pembelian Pembelian Beli & tahan

Tujuan investasi adalah membangun kekayaan secara bertahap dalam jangka waktu yang lama, biasanya investor akan membeli (membeli) dan menjual saham/aset (memegang) dengan harga yang diinginkan. Investor biasanya meningkatkan keuntungan mereka melalui teknik kompensasi, atau menginvestasikan keuntungan dan pembagian dividen di pasar keuangan.

Dalam berinvestasi, Sahabat harus cukup jeli memahami informasi fundamental di pasar modal, seperti data atau informasi mengenai laporan laba rugi yang dimiliki perusahaan yang sahamnya akan dibeli, melihat tren pasar juga perlu dicermati. Yang paling penting untuk diingat adalah lebih baik membeli saham dengan harga terendah dan menjualnya dengan harga terbaik atau tertinggi.

Trading, termasuk jual beli saham, komoditas, pasangan mata uang, atau melalui instrumen keuangan lainnya. Tujuan dari kegiatan perdagangan adalah untuk mengumpulkan margin atau keuntungan yang melebihi kegiatan tersebut beli – dan – tahan dalam kegiatan investasi. Untuk melakukan aktivitas trading, seseorang harus memiliki pemahaman yang baik tentang analisis teknikal sebagai alat untuk menentukan posisi trading.

Dari penjelasan diatas tentunya kita sudah memiliki sedikit gambaran tentang perdagangan dan investasi. Jika kita takut mengambil resiko tinggi dalam berinvestasi, kita bisa memilih investasi emas yang lebih mudah dipelajari dan memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan investasi lainnya.

Sama seperti pasar keuangan yang memperdagangkan saham, dan sertifikat saham sebagai bukti kepemilikan saham tersebut, emas sebagai alat investasi lebih jauh daripada membeli saham. Barang-barang yang dapat kita pegang dan sentuh, simpan, dan miliki.

Seperti program Tabungan emas Pegadaian dan Cicil emas Pegadaian, investasi emas dapat berupa emas batangan yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Keunggulan menjadikan emas sebagai salah satu instrumen investasi adalah emas dapat dijadikan sebagai jaminan bahkan sebagai alat tukar yang diterima dimana saja.

Nah, dengan penjelasan di atas semoga kita bisa mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi. Jangan lupa, Pegadaian juga memiliki salah satu pilihan investasi yang aman yaitu investasi emas, dan tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Mengetahui perbedaan trading dan investasi, perbedaan tujuan dan metode

#Mengetahui #perbedaan #trading #dan #investasi #perbedaan #tujuan #dan #metode

Sumber : sahabat.pegadaian.co.id