Manfaat letter of credit yang bisa Anda rasakan dalam bisnis

Manfaat letter of credit yang bisa Anda rasakan dalam bisnis

#Manfaat #letter #credit #yang #bisa #Anda #rasakan #dalam #bisnis

Majikanpulsa.com

Dalam bisnis perdagangan internasional, letter of credit merupakan elemen penting. Berikut adalah manfaat dari Letter of Credit.

Baca Juga: Letter of Credit, Unsur Penting Dalam Ekspor dan Impor

Apa itu Letter of Credit?

Secara umum, Letter of Credit merupakan instrumen utang yang mempertemukan importir dan eksportir. Melalui surat ini importir meminta pembayaran yang ditujukan kepada eksportir setelah memenuhi semua persyaratan dalam L/C.

Manfaat & Manfaat Letter of Credit

Manfaat & Manfaat letter of credit bagi eksportir dan importir, antara lain sebagai berikut:

1. Keamanan Pembayaran dan Penghindaran Risiko.

Sekalipun eksportir tidak mengenal importir, L/C dapat menjadi jaminan bagi eksportir bahwa bank akan membayar tagihan sesuai ketentuan.

2. Menghindari Risiko Pembatasan Transfer Valuta Asing

Bank devisa di negara pengimpor mengetahui pembatasan transfer devisa dan dapat membuka letter of credit jika mengimpor semua peraturan pemerintah.

Selain itu, bank memiliki mata uang asing yang disiapkan untuk setiap piutang berdasarkan letter of credit. Dengan demikian, eksportir terhindar dari risiko gagal bayar yang mungkin terjadi.

3. Dokumen Bisa Segera Diserahkan

Saat Anda mengirimkan barang, advising bank dapat langsung menegosiasikan L/C dengan eksportir. Sehingga tidak perlu melakukan pembayaran atau pengiriman uang dari importir.

Namun, jika tidak ada letter of credit, eksportir tidak dapat bernegosiasi. Setelah itu, Anda perlu mengirim uang atau transfer ke importir.

4. Jaminan Dokumen.

Importir akan menerima dokumen barang secara lengkap karena diverifikasi oleh bank yang memiliki keahlian di bidang tersebut. Selain itu, pengimporan harus mensyaratkan pengaturan keamanan yang harus diselesaikan oleh eksportir untuk menarik uang dari L/C.

5. Meningkatkan kepercayaan eksportir terhadap importir.

Membuka letter of credit berarti bank pembuka meminjamkan nama baik dan reputasinya kepada importir agar eksportir dapat dipercaya.

Eksportir memiliki jaminan bahwa importir akan membayar pengiriman apa pun yang terjadi.

Beberapa Jenis Letter of Credit

Jenis L/C ini bisa sangat sederhana dan lugas. Suatu pihak dapat melakukan penarikan berdasarkan kredit bank tanpa harus memenuhi persyaratan lainnya.

  • Surat Kredit yang Tidak Dapat Dibatalkan

Dengan L/C jenis ini, pembatalan hanya dimungkinkan jika eksportir menerima konfirmasi.

  • Letter of Credit yang dapat dibatalkan

L/C jenis ini memungkinkan pembatalan transaksi antara importir dan eksportir tanpa memerlukan otorisasi dan konfirmasi dari eksportir.

  • Letter of Credit yang dikonfirmasi dan tidak dapat dibatalkan

Ini memastikan aktivitas pembayaran dan pemrosesan pembayaran.

Jenis ini mensyaratkan pihak yang ingin melakukan pencairan atau proses letter of credit untuk melengkapi semua dokumen yang dipersyaratkan dalam syarat dan ketentuan L/C.

  • Surat Kredit Bergulir

Berbeda dengan tipe dokumen, tipe bergulir tidak memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dokumen lain yang diperlukan untuk penarikan atau kredit. Para pihak dapat menggunakannya kembali, namun tidak harus melengkapi dokumen lainnya. Kredit juga dapat diberikan untuk jangka waktu tertentu, yang lebih fleksibel dibandingkan jenis lainnya.

  • Surat Kredit timbal balik

Ini biasanya hanya bertindak sebagai perantara antara importir dan eksportir tidak seperti L/C lainnya.

Baca Juga: 8 Aplikasi Pengiriman Uang Untuk Bayar Transaksi GRATIS Biaya Admin

Berikut Skema atau Cara Kerja Letter of Credit?

Setiap kali letter of credit diterbitkan, produk yang dipesan pembeli akan menjadi milik bank. Hingga pembeli melakukan pelunasan pembayaran atau melakukan pembayaran kepada bank atas semua dokumen dengan janji bahwa bank akan bertanggung jawab penuh, sehingga produk tidak akan dikirimkan oleh bank kepada pembeli.

Jika pembeli gagal melakukan pembayaran karena kekurangan dana atau sebab lain, maka penjual akan menuntut bank untuk meminta bank melakukan pembayaran.

Kemudian bank akan melihat permintaan yang diajukan oleh penjual atau beneficiary. Jika permintaan sesuai dengan detail yang ditentukan dalam letter of credit, maka bank akan memenuhi permintaan tersebut.

Namun jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan surat tersebut, namun bank akan berdiskusi dengan penjual dan melakukan pembayaran yang sesuai.

Karena itu, pembeli meminta bank untuk menerbitkan dan memberikan letter of credit, tetapi pembeli harus memberikan uang yang bersangkutan kepada bank.

Pembeli juga akan diminta untuk membayar biaya tertentu untuk dokumen dan penerbitan surat ke bank. Biaya ini biasanya merupakan persentase tertentu dari jumlah yang ditanggung oleh letter of credit.

Letter of credit adalah instrumen yang dapat dinegosiasikan. Dalam pengaturan ini, jika pembeli tidak dapat membayar seluruh pinjaman, bank penerbit letter of credit harus melakukan pembayaran kepada penjual.

Terkadang, dalam kasus tertentu, penjual akan memilih seorang bankir, dan bankir harus melakukan pembayaran. Jika letter of credit dapat dialihkan, maka penjual dapat memilih badan atau pihak lain untuk melakukan pembayaran.

Untuk memudahkan bisnis Anda, Anda bisa menggunakan software aplikasi invoice online dari Paper.id. Dengannya Anda dapat dengan mudah membuat dan mengirim faktur digital secara online secara langsung.

Paper.id membantu Anda mengelola bisnis Anda. Daftar sekarang dan dapatkan kesempatan untuk menggunakan Paper.id secara gratis, klik tombol daftar sekarang di bawah ini!

(Dikunjungi 38 kali, 1 kunjungan hari ini)

#Manfaat #letter #credit #yang #bisa #Anda #rasakan #dalam #bisnis Manfaat letter of credit yang bisa Anda rasakan dalam bisnis