Here You Are, 7 Ide Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Here You Are, 7 Ide Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

#Ide #Peluang #Bisnis #untuk #Mahasiswa

Hai teman,
Tidak sedikit siswa yang dituntut untuk lebih kreatif agar mampu bertahan dalam kemandirian. Daripada mengandalkan rekomendasi dari orang tua, memulai usaha atau bisnis sambil tetap kuliah dan lulus tepat waktu adalah penting jika Anda tidak ingin memiliki pengeluaran tambahan di kemudian hari.

Lalu, bisnis seperti apa untuk mahasiswa yang pekerjaannya tidak mengganggu waktu kuliah?

Modal mungkin kita bisa mulai dari ilmu yang didapat di kelas, sedikit uang dan poin untuk mencari peluang, maka dari situlah kreativitas akan muncul.

Nah sobat mari kita bahas model bisnis apa yang cocok untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan banyak modal, namun tetap memiliki peluang yang bagus.

Sebenarnya banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, namun kami akan mempersempitnya menjadi 7 ide bisnis yang peluang keuntungannya paling besar.

7 Ide Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

  1. Layanan Pelajaran Privat

Hal pertama adalah menentukan bidang pengajaran yang akan Anda tawarkan dan pastikan Anda menguasai materi yang akan diajarkan nanti. Jika Anda seorang mahasiswa jurusan bahasa asing dan telah menguasai apa yang telah Anda pelajari, maka Anda bisa mencoba menjadi tutor bahasa asing yang Anda kuasai. Untuk mempromosikannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial, membuat selebaran, atau Anda bisa memulai promosi dengan teman-teman terdekat Anda. Dan jangan lupa latih keterampilan teknik mengajar yang baik agar siswa merasa nyaman dan mudah memahami materi yang Anda ajarkan.

  1. Pemrogram Web Daring / Blogger

Bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi, ada lowongan kerja online yang cocok untuk dijalankan. Layanan yang ditawarkan juga terkait dengan mata pelajaran yang dipelajari yaitu bisnis pemrogram web online dan blogger. Anda dapat membuat situs, blog, atau e-niaga yang menghasilkan pendapatan pasif. Ada banyak cara untuk uangkan blogseperti dalam Bayar Per Klik (PPC), mengiklankan, mempromosikan layanan atau menjual produk melalui blog. Jika situs atau blog yang Anda buat ternyata memiliki banyak pengunjung dan mendapat tempat di hati pembaca, maka peluang untuk mendapatkan uang tambahan terbuka lebar. Anda dapat mencoba menawarkan konten yang dipublikasikan perusahaan terkait untuk beriklan di beranda situs atau blog Anda.

  1. Servis Komputer dan Laptop

Bisnis mahasiswa yang bisa menghasilkan pendapatan selanjutnya adalah bisnis service komputer atau laptop. Bisnis ini memiliki potensi yang sangat besar mengingat mahasiswa saat ini umumnya memiliki laptop atau komputer pribadi. Model bisnis ini hanya bisa dijalankan oleh mahasiswa yang paham atau memiliki keterampilan di bidang hardware dan software. Kalau kamu jurusan komputer, beginilah seharusnya bisnismu, sobat. Karena sudah pasti Anda memiliki perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan komputer, baik dari sisi hardwarenya juga perangkat lunak.

  1. Desain Grafis

Bagi mahasiswa jurusan desain komunikasi visual atau mahasiswa jurusan lain yang cukup jago membuat desain, ini juga bisa menjadi bisnis bagi Anda. Model bisnis seperti ini menuntut kita untuk menguasai beberapa hal perangkat lunak desain seperti, Adobe Illustrator, Photoshop, Corel Draw dan lain-lain. Anda bisa memulainya dengan berpromosi melalui media sosial dengan menawarkan layanan komisi terbuka untuk membuat ilustrasi gratis dengan harga yang wajar. Buat beberapa contoh ilustrasi desain Anda sendiri untuk dikirim sebagai portofolio Anda.

  1. menulis / Copywriting

Jika Anda suka menulis dan memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan maka menjadi penulis lepas bisa menjadi bisnis yang bagus bahkan tanpa modal. Anda hanya perlu keterampilan menulis yang baik. Tentunya kreativitas juga dibutuhkan dalam hal ini. Bisnis ini bisa Anda lakukan dimana saja, kapan saja dan tidak terikat oleh waktu. Bentuk tulisan yang ditawarkan bisa bermacam-macam, mulai dari tulisan umum tentang suatu produk, atau tulisan lain yang lebih kreatif seperti puisi atau cerpen atau ebook.

  1. Pemandu wisata

Nah, model bisnis seperti ini tergantung dari lokasi tempat Anda kuliah. Jika lokasi Anda berada di daerah atau kawasan yang kaya akan wisata alam dan cagar budaya lainnya, maka hal ini bisa menjadi potensi bisnis yang bagus. Namun Anda harus terlebih dahulu menguasai beberapa hal penting untuk menjadi pemandu wisata. Anda harus tahu sejarah tempat wisata ini, dan setidaknya Anda fasih berbahasa Inggris jika turis asing sedang berkunjung. Cara mendapatkan pekerjaan seperti ini adalah dengan bekerja sama dengan agen travel dan pariwisata agar kedepannya bisa mendapatkan pekerjaan lebih banyak lagi dari agen tersebut.

  1. Layanan Cetak

Ini adalah model bisnis yang akan banyak diminati saat kita memasuki masa mahasiswa mengerjakan ujian akhir. Meski sudah banyak kampanye untuk go paperless, hingga saat ini masyarakat Indonesia masih lebih menyukai karya yang menggunakan kertas sebagai alat dokumentasi. Menggunakan printer di kamar asrama bisa menjadi mesin pencetak uang ketika mahasiswa membutuhkan jasa percetakan terdekat. Tawarkan harga yang sama atau sedikit lebih murah daripada tempat atau persewaan di sekitar wisma Anda. Sehingga mahasiswa ini tidak akan berpikir panjang untuk mencetaknya di tempat Anda.

Sebagai mahasiswa yang mulai belajar untuk berkarir di bidang bisnis, rata-rata tidak sedikit yang terbentur masalah modal. Namun jangan khawatir, Pegadaian siap membantu mendukung usaha kecil Anda menjadi besar nantinya. Dapatkan modal dengan menggunakan Sewa Non-Emas dari Pegadaian. Biaya bunga mulai dari 1% untuk pinjaman 15 hari dan biaya administrasi hanya Rp 2.000, program ini bisa dikatakan sangat cocok untuk kantong mahasiswa.

Ayo, ajukan pinjaman Pajak Non-Emas dan mulai bisnis kecil Anda! Silahkan klik link ini untuk mendapatkan informasi lengkap tentang KPR Non emas.

Bagaimana, teman-teman, bisakah kami cukup membantu Anda dalam menemukan ide bisnis? Kalau kamu punya ide lain yang nggak kalah hebatnya, kamu bisa share di kolom komentar ya.


Here You Are, 7 Ide Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

#Ide #Peluang #Bisnis #untuk #Mahasiswa