Hari Pers Nasional: Partisipasi Media Massa dalam Kemajuan Aset Kripto di RI

Daftar isi

Majikanpulsa.com – Hari Pers Nasional: Partisipasi Media Massa dalam Kemajuan Aset Kripto di RI

#Hari #Pers #Nasional #Partisipasi #Media #Massa #dalam #Kemajuan #Aset #Kripto

Kemajuan aset kripto terhadap perkembangan industri di Indonesia tidak lepas dari peran media massa atau surat kabar. Fungsi media adalah sebagai sumber informasi dan sentimen di pasar keuangan, termasuk komoditas yang terkait dengan perdagangan aset kripto.

Banyak media massa terkemuka yang dapat mempengaruhi pasar, karena dapat mendorong perilaku investor yang bereaksi terhadap berita yang dipublikasikan. Hubungan sebab akibat ini dapat menggerakkan pasar dan mendorong pertumbuhan industri, khususnya crypto.

Kelly Ann Coulter, peneliti dari UCL Center for Blockchain Technology dalam penelitian terbaru berjudul “Dampak media berita pada harga Bitcoin: memodelkan wacana berbasis data dalam ekonomi kripto dengan pemrosesan bahasa alamitelah mengidentifikasi bahwa interaksi antara sentimen media dan harga Bitcoin (BTC) berkorelasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa aspek informasi dan afektif dari berita memengaruhi pasar secara mendalam, memengaruhi volume perdagangan, harga kripto, volatilitas, dan bahkan perkembangan masa depan perusahaan pemilik proyek.

Peran Media Massa

Ilustrasi investasi aset kripto
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Tokocrypto Menghadirkan Fitur Bukti Pajak Kripto Pengguna untuk Mendukung PMK 68

“Wacana apa yang disampaikan media kepada audiens mereka (konstruksi mereka), dan bagaimana media berita menyajikan aset crypto (analisis), sama pentingnya dan berpengaruh terhadap ekonomi crypto seperti pencarian Google dan metrik media sosial Bitcoin,” tulis Coulter.

Coulter juga mengonfirmasi interaksi antara sentimen media dan harga Bitcoin, tetapi juga menunjukkan bahwa ada kecenderungan investor untuk bereaksi berlebihan terhadap berita dalam waktu singkat. Kurangnya reaksi harga crypto terhadap berita seperti pengumuman kemitraan, dan reaksi berlebihan terhadap serangkaian berita baik atau buruk didokumentasikan keteraturan dalam perilaku investor tentang bagaimana kepercayaan terbentuk.

Media massa atau surat kabar adalah platform yang menyediakan semua informasi yang diinginkan investor, baik mereka yang baru memulai atau pemain veteran. Mereka dapat memperoleh pengetahuan yang dapat membentuk opini untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Apresiasi

Ilustrasi Tokocrypto.  Foto: Tokocrypto.
Ilustrasi Tokocrypto. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Bisakah Nilai Bitcoin Mencapai Rp 449 Juta pada Februari 2023?

Di awal dijelaskan bagaimana peran media massa bisa bergerak pasar crypto, terutama harga Bitcoin. Secara keseluruhan, perkembangan industri perdagangan atau investasi aset kripto di Indonesia selalu didukung oleh media massa.

Bertepatan dengan Hari Pers Nasional yang diadakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari, Tokocrypto mengapresiasi peran pers yang terus memantau dan bekerja sama dalam mengembangkan industri kripto di Indonesia. Surat kabar juga berperan dalam pendidikan dan literasi investasi crypto.

“Di Hari Pers Nasional ini, kami sangat mengapresiasi peran pers atau media massa dalam perkembangan industri aset kripto di Indonesia. Tidak melupakan peran penting media sebagai saluran edukasi dan literasi tentang aset kripto. Sesuai dengan fungsinya, surat kabar berkewajiban untuk menyampaikan informasi yang benar, mendidik, dan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat,” ujar Humas Tokocrypto, Bianda Ludwianto.

Dengan berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat, surat kabar juga memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan industri kripto. Perlu dicatat bahwa pertumbuhan investasi aset kripto di Indonesia terus menunjukkan angka positif. Berdasarkan data Bappebti, jumlah investor di dalam negeri akan bertambah sebanyak 5,46 juta orang sepanjang 2022, sehingga total menjadi 16,7 juta. Dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2021, jumlah investor crypto lebih rendah sebanyak 11,2 juta orang.

Nilai transaksi perdagangan aset kripto harus diakui mengalami penurunan pada tahun 2022. Bappebti juga melaporkan nilai transaksi kripto menjadi Rp306,4 triliun sepanjang tahun 2022. Angka tersebut turun 64,3% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp858,76 triliun.


Hari Pers Nasional: Partisipasi Media Massa dalam Kemajuan Aset Kripto di RI

#Hari #Pers #Nasional #Partisipasi #Media #Massa #dalam #Kemajuan #Aset #Kripto

Source: news.tokocrypto.com