3 Cara Menabung dan Mengelola Keuangan Menurut Islam Agar Lebih Berkah – Majikanpulsa.com

Majikanpulsa.com – Umat Islam harus mengikuti ajaran agama agar mendapat kepuasan dan berkah dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. 3 cara menabung yang baik menurut ajaran Islam adalah dengan properti yang berguna, aset perdagangan dan peternakan. Selain itu, juga dianjurkan untuk bekerja halal, mengatur keuangan dengan bijak dan rajin bersedekah.

Bagi umat Islam, segala urusan kehidupan harus mengikuti apa yang dianjurkan oleh agama. Ketentuan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits bisa dijadikan acuan agar Anda tidak salah langkah. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kepuasan dan berkah baik dari Allah SWT maupun Nabi Muhammad SAW.

Sama seperti menabung, kegiatan mengumpulkan uang ini juga sudah mendapat bekal dan petunjuk dari Nabi Muhammad. Sebagai pemimpin umat, Nabi menganjurkan beberapa cara bagi umat Islam untuk menyelamatkan harta bendanya. Dan sebagai orang yang baik, sudah selayaknya mengikuti apa yang dianjurkan Nabi.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menabung menurut ajaran Islam? Berikut ulasannya.

Baca juga: Laba Rugi Tabungan di Perbankan Syariah

3 Cara Menabung Yang Baik Menurut Ajaran Islam

manajemen keuangan islami

Cara Menabung Menurut Ajaran Islam

Islam sangat menganjurkan berbuat baik, salah satunya adalah menabung. Hal ini karena dengan menabung, seseorang akan terhindar dari perilaku boros dan menghambur-hamburkan uang. Dan Islam dengan tegas melarang tindakan seperti itu

Bagi yang ingin menabung menurut Islam, berikut 3 cara yang dianjurkan Nabi.

  1. Properti yang Berguna

    Cara menabung yang pertama yang dianjurkan Nabi adalah dalam bentuk harta benda, seperti rumah, gedung, tanah, kebun dan lain sebagainya. Namun, perlu ditekankan bahwa properti harus memberikan manfaat, bukan mengganggu.

    Alasan utamanya adalah penghematan real estat ini tidak berlebihan. Jadi, itu terus menguntungkan pemilik dan penyewa.

    Anda dapat menyewakan properti ini sebagai tempat persewaan, sekolah atau untuk kegiatan lainnya yang tentunya tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama. Untuk tanah bisa disewakan sebagai taman atau lapangan. Dimungkinkan juga untuk menerapkan sistem bagi hasil yang ketentuannya juga telah diatur dalam Al-Quran.

    Perlu diingat bahwa meskipun Anda tertarik, pastikan Anda menetapkan harga yang rasional dan tidak berlebihan. Gunakan perhitungan yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini diperlukan agar dalam melaksanakannya tetap berkah.

  2. Aset Perdagangan

    Cara menabung selanjutnya adalah dalam bentuk aset trading. Artinya, aset yang dimiliki dibeli untuk barang lain yang nantinya dapat diperdagangkan kembali.

    Jadi, harta yang dimiliki disimpan dan berupa barang. Bisa dalam bentuk emas, alat elektronik, dll. Jadi, kapanpun uang dibutuhkan, barang-barang tersebut bisa dijual.

    Sebenarnya cara ini ingin menekankan untuk tidak menumpuk kekayaan dalam bentuk uang. Dengan membeli barang, ada keuntungan yang bisa didapatkan. Apalagi jika diperdagangkan kembali, bisa jadi keuntungannya akan bertambah.

    Pada dasarnya dengan menabung dalam bentuk aset dagangan, seseorang tidak akan menjadi miskin. Pasalnya, mereka masih memiliki barang yang bisa dijual untuk mendapatkan uang.

  3. Peternakan

    Cara menabung yang terakhir adalah berupa hewan ternak. Hal ini sangat disukai oleh Rasulullah, karena banyak sekali manfaat dengan beternak hewan.

    Bagi pemilik ternak, akan ada keuntungan yang didapat ketika menjual hewan atau hasil ternak. Sedangkan untuk lingkungan sekitar terbuka lapangan pekerjaan dan mudah bagi mereka untuk mendapatkan hasil ternak. Untuk ternaknya sendiri beruntung karena ada yang merawat dan memberi makan.

    Jadi, cara menabung dengan hewan ternak ini sangat dianjurkan dalam Islam. Selain kepentingan pribadi, ada juga hubungan cinta timbal balik antara sesama makhluk.

Baca juga: Memilih Tabungan Syariah Terbaik Tanpa Biaya Administrasi

Tips Mengatur Keuangan Dalam Islam

Selain menabung, Islam juga memberikan nasehat kepada umatnya dalam mengatur keuangan agar lebih berkah dan bermanfaat. Di antara tips tersebut adalah:

  • Pekerjaan halal

    Agar rezeki lancar dan penuh berkah, salah satu yang harus ditempuh adalah mencarinya dengan cara yang halal. Jadi, pastikan pekerjaan yang Anda miliki tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

    Bahkan dalam pelaksanaannya, lengkapi dengan doa dan niat berjuang di jalan Allah. Dengan begitu, rezeki yang didapatkan akan diridhoi oleh Allah SWT.

  • Habiskan Uang Cukup

    Islam sangat melarang pemborosan, termasuk pemborosan. Jadi, cobalah untuk membelanjakan uang dengan bijak sesuai kebutuhan. Bisa digunakan untuk membeli barang atau liburan, namun jumlahnya harus dibatasi dan jangan terlalu sering.

  • Sisihkan sebagian dari Providence for Savings

    Nah, dalam ajaran Islam juga dianjurkan untuk menyisihkan sebagian rezeki untuk ditabung. Ini harus dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan tak terduga di masa depan. Dengan menabung, seseorang bisa lebih siap dan terhindar dari perilaku berhutang.

  • Suka bersedekah

    Cara terbaik lainnya dalam mengelola keuangan menurut Islam adalah dengan rajin bersedekah. Allah juga telah menyatakan bahwa dalam rezeki seseorang ada hak dan rezeki orang lain. Dengan bersedekah, berarti Anda telah memberikan hak kepada yang membutuhkan.

    Disebutkan dalam hadits bahwa dengan bersedekah, rezeki seseorang tidak akan berkurang. Di sisi lain, Allah akan menambahnya dengan nikmat yang berlipat ganda. Jadi, jangan lupa untuk berdonasi, ya!

Baca juga: Perbedaan Bank Konvensional dan Syariah

Meraih Keberkahan Dengan Mengelola Keuangan Sesuai Ajaran Islam

Memiliki kekayaan yang melimpah merupakan dambaan setiap orang. Namun, apalah arti rezeki ini jika tidak diridhoi Allah SWT?

Allah sangat senang dengan rezeki yang diperoleh dengan cara yang halal. Selain itu, penggunaannya harus sesuai dengan ajaran Islam dan tidak boleh disia-siakan. Idealnya, biasakan menabung dan bersedekah agar rezeki yang didapat semakin melimpah dan berkah.

#Cara #Menabung #dan #Mengelola #Keuangan #Menurut #Islam #Agar #Lebih #Berkah #Majikanpulsa.com 3 Cara Menabung dan Mengelola Keuangan Menurut Islam Agar Lebih Berkah – Majikanpulsa.com

Source: www.cermati.com