Berkencan dengan Negara Berbeda? Ikuti Saran Ahli untuk Hubungan yang Langgeng


ilustrasi foto seseorang tersenyum sambil melihat layar ponsel

Foto: Phiromya Intawongpan, Getty

Menjalin ikatan cinta dengan pasangan dari berbagai negara memang tidak mudah dibayangkan orang. Dibutuhkan ketekunan untuk menghadapi rintangan demi rintangan yang mungkin akan Anda temui dalam perjalanan Anda untuk menyatukan cinta. Terkadang Anda harus berkompromi untuk menyelesaikan perbedaan.

Konsultan asmara Au Mayari mengatakan kurangnya kontak fisik adalah ujian terbesar dalam mempertahankan hubungan jarak jauh. Setiap manusia ingin selalu dekat dengan pasangannya, dan hatinya akan terpisah dari orang lain. Hubungan berisiko goyah dengan mudah tanpa keintiman fisik.

Keharmonisan juga dapat terwujud jika terjalin komunikasi yang baik antar individu dalam suatu hubungan. Saat pasangan Anda tinggal di negara lain, Anda akan dapat berkomunikasi dengan mereka karena perbedaan waktu dan batasan konteks. “Ada banyak sinyal nonverbal [yang tidak bisa kamu tangkap] ketika berbicara secara digital,” jelas Mayari.

Risiko miskomunikasi dan kesalahpahaman semakin besar. Selain itu, tidak ada jaminan hubungan akan tetap mesra meski komunikasi lancar. Terkadang bertukar kabar terasa seperti sebuah kebutuhan yang membuat Anda atau pasangan bosan.

Namun, semua keterbatasan tersebut tidak akan menjadi halangan untuk setia pada pasangan. Life coach Paul Eguia bahkan mengatakan bahwa dipisahkan oleh jarak justru mempererat ikatan cinta. Pasangan LDR mampu menyeimbangkan kehidupan romantis dan pribadi mereka—sesuatu yang sulit dicapai oleh pasangan. Momen yang Anda miliki dengan pasangan bahkan lebih penting ketika Anda akhirnya bertemu.

Berikut adalah beberapa tips ahli yang bisa Anda ikuti untuk membuat hubungan Anda bertahan lama meski sedang LDR.

Memahami dan menghargai latar belakang satu sama lain

“Tidak jarang pasangan beda ras bertengkar karena kedua belah pihak gagal memahami satu sama lain,” jelas Mayari.

Contoh paling umum terjadi ketika dua orang memiliki sudut pandang yang bertentangan karena budaya mereka yang berbeda. Orang Barat dilatih untuk hidup mandiri sejak remaja, sehingga mereka tahu bahwa pasangan Asia mereka tidak dapat dipisahkan dari keluarganya. Namun, orang Asia mungkin terkejut mengetahui bahwa pasangan Barat mereka menjadikan keluarga sebagai hal yang paling penting.

“Untuk memahami pola pikir dan preferensi pasangan Anda, Anda perlu mempelajari budaya dan latar belakang mereka. Anda dapat menentukan hubungan seperti apa yang Anda inginkan melalui lensa ini,” kata Eguia.

Bingkai ulang gaya komunikasi Anda dengan pasangan

Mayari mengatakan bagi banyak orang, saling memenuhi kebutuhan adalah prioritas dalam sebuah hubungan. Cara mewujudkannya bisa sesederhana menemani pasangan berbelanja, yang tentunya tidak bisa dilakukan saat Anda sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan.

Itulah mengapa orang sering merasa frustasi saat LDR, karena tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengatasinya, Mayari mengatur agar Anda mengubah cara Anda berkomunikasi dengan pasangan. Saat berbicara, Anda bisa mengubah cerita dari sekadar bertanya. “Ketika sesuatu terjadi pada Anda, jangan berharap pasangan Anda membantu Anda. Lebih baik jika Anda memberi tahu setelah situasi terbaik.

Anda juga dapat membicarakan pencapaian Anda sehingga Anda dapat merayakannya bersama. Cara merayakannya tergantung selera masing-masing orang. Mungkin dengan mengirimkan hadiah atau melakukan hajatan kecil-kecilan melalui video call.

“Dengan startup, percakapan Anda lebih menyenangkan dan saling mendorong untuk menjadi yang terbaik.”

Cobalah aktivitas baru sesekali

“Api cinta bisa redup ketika Anda merasa dekat dengan pasangan melalui komunikasi yang rutin. Perasaan ini muncul berkali-kali lebih cepat dalam hubungan jarak jauh,” kata Mayari.

Menurutnya, Anda bisa mengajak pasangan untuk membuat rencana yang ingin Anda lakukan. Kehidupan cinta Anda terasa lebih berwarna dengan mencoba hal-hal baru bersama. Anda mungkin bisa pergi berlibur bersama pasangan, atau menekuni hobi baru. Hal sederhana seperti bermain game bersama bahkan bisa saling berbicara. “[Mencoba] pengalaman baru dapat meningkatkan keintiman yang dapat memperkuat hubungan Anda.”

Ikuti Romano Santos di Instagram.




Berkencan dengan Negara Berbeda? Ikuti Saran Ahli untuk Hubungan yang Langgeng

#Berkencan #dengan #Negara #Berbeda #Ikuti #Saran #Ahli #untuk #Hubungan #yang #Langgeng

Source: www.vice.com