Ternyata Ini Alasan Pengajuan Kartu Kredit Tidak Disetujui Sepulsa

Majikanpulsa.com – Pengajuan kartu kredit di Indonesia cukup populer, namun tidak semudah membuka kartu debit. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, seperti usia minimal 21 tahun, memiliki kartu identitas, dan surat keterangan penghasilan. Penghasilan yang tidak sesuai, data pribadi yang tidak pantas, verifikasi gagal, belum menjadi nasabah bank, pekerjaan tidak tetap, memiliki banyak kartu kredit, dan skor kredit buruk bisa menjadi alasan pengajuan ditolak. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda melengkapi semua persyaratan dan perbaiki skor kredit.

Tidak semua pengajuan kartu kredit berjalan lancar. Pasti ada yang ditolak dengan berbagai alasan, salah satunya penghasilan yang tidak sesuai data. Artinya, gaji yang besar bukan satu-satunya tolok ukur yang bisa lolos pengajuan kartu kredit.

Sebagai informasi, hingga Juni 2022, nilai transaksi kartu kredit di Indonesia mencapai Rp26,62 triliun. Artinya, kartu kredit merupakan metode pembayaran yang cukup populer di kalangan masyarakat. Namun, mendapatkan kartu kredit tidak semudah membuka kartu debit. Sebab, banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pengguna. Agar pengajuan kartu kredit Anda tidak ditolak, syarat-syarat berikut harus dipenuhi.

Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit

  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Memiliki kartu identitas, baik itu KTP/SIM/Paspor.
  • Memiliki surat keterangan penghasilan atau slip gaji.
  • Tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir (jika sudah memiliki kartu kredit).
  • Rekening koran minimal 3 bulan terakhir untuk pengusaha.
  • akta pendirian perusahaan bagi pengusaha.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Menumpuk

Alasan Menolak Pengajuan Kartu Kredit

Ternyata pengajuan kartu kredit tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan kartu kredit Anda ditolak seperti berikut ini.

Penghasilan Tidak Sesuai

Dalam mengajukan kartu kredit, Anda memiliki penghasilan standar yang harus Anda miliki setiap bulan. Jika penghasilan Anda tidak sesuai atau kurang dari limit yang ditetapkan pihak bank, besar kemungkinan pengajuan kartu kredit Anda akan ditolak. Umumnya, syarat penghasilan yang harus dipenuhi minimal Rp 3 juta per bulan.

Data Pribadi yang Tidak Pantas

Ada beberapa kelengkapan data yang harus Anda penuhi. Pasalnya pihak bank akan melakukan validasi data pribadi calon nasabah secara hati-hati. Jika bank menemukan fakta data yang tidak sesuai atau dipalsukan, aplikasi Anda dapat ditolak.

Baca juga: Waspada! Penipuan Kartu Kredit untuk Transaksi Online

Verifikasi Gagal

Berikan semua informasi kepada bank dengan jujur. Termasuk kontak keluarga atau kerabat yang diminta. Sebelum memberikan nomornya, pastikan Anda telah menjelaskan maksud dan tujuan Anda agar pihak bank dapat dengan mudah memastikan kredibilitas Anda. Sebab, jika pihak bank sedang memverifikasi data Anda dan ternyata ada yang tidak benar atau sengaja dipalsukan, pengajuan kartu kredit Anda bisa dibatalkan.

Belum menjadi nasabah bank

Banyak orang yang ditolak pengajuan kartu kreditnya karena bukan nasabah bank bersangkutan. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menjadi nasabah dan memiliki rekening di bank tersebut sebelum mengajukan kartu kredit.

Memiliki pekerjaan tidak tetap

Harap dicatat, bank akan mempertimbangkan pendapatan rutin setiap bulan. Jika tidak, bank dapat menyimpulkan bahwa keuangannya tidak stabil. Untuk itu biasanya dialami oleh pekerja lepas atau pekerja kontrak.

Koleksi Kartu Kredit

Memiliki banyak kartu kredit akan membuat pihak bank meragukan kemampuan Anda untuk membayarnya. Sebab, dengan memiliki banyak kartu kredit, Anda berpotensi mengalami gagal bayar.

Skor Kredit Buruk

Selain memiliki sejumlah kartu kredit, skor kredit menjadi acuan bank untuk menyetujui atau menolak aplikasi kartu kredit Anda. Oleh karena itu, pastikan skor kredit Anda dalam kondisi baik.

Solusi Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Solusinya agar pengajuan kartu kredit Anda tidak ditolak bank, pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu, perbaiki skor kredit yang buruk sehingga memberikan kepercayaan bagi pihak bank untuk menyetujui pengajuan kartu kredit Anda.

Baca juga: Penasaran bagaimana cara kerja kartu kredit? Cari Tahu Disini!

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda agar pengajuan kartu kredit Anda tidak ditolak. Jika permohonan terpenuhi, cobalah untuk tetap bijak dalam mengatur pengeluaran agar skor kredit Anda tetap dalam kondisi baik.

#Ternyata #Ini #Alasan #Pengajuan #Kartu #Kredit #Tidak #Disetujui #Sepulsa Ternyata Ini Alasan Pengajuan Kartu Kredit Tidak Disetujui Sepulsa

Source: www.sepulsa.com