Solusi termudah untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas

Majikanpulsa.com – Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia dengan 99,9 juta pengguna aktif Instagram. Akun Instagram yang diretas bukanlah hal baru di Indonesia. Peretas memanfaatkan data pribadi, foto, atau video untuk melakukan tindakan kriminal. Untuk melawan hacker, gunakan kata sandi yang rumit dan aktifkan autentikasi dua faktor. Akun Instagram diretas disebabkan oleh penggunanya sendiri, phishing, dan kata sandi umum yang mudah ditebak. Untuk mengatasinya, ganti kata sandi, aktifkan autentikasi dua faktor, dan laporkan ke Instagram. Perlindungan privasi juga penting untuk mencegah akun diretas.

Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia dengan 99,9 juta pengguna aktif Instagram per April 2022. Tak heran jika Instagram menjadi salah satu aplikasi yang paling berpotensi mengalami peretasan.

Akun Instagram yang diretas bukanlah hal baru di Indonesia. Banyak yang menjadi korban para hacker, mulai dari artis, selebritis, hingga orang-orang yang berpengaruh besar di tanah air. Peretas memanfaatkan data pribadi, foto, atau video untuk melakukan tindakan kriminal, seperti penipuan.

Mayoritas orang yang mengalami kasus ini pasti akan bingung dan panik karena kurangnya pemahaman untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk melawan hacker. Informasi ini sangat penting untuk Anda lihat. Jika Anda mengalami ini, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Mengapa Akun Instagram Bisa Menjadi-retas?

Secara umum, akun Instagram diretas disebabkan oleh penggunanya sendiri. Karena kecerobohannya, peretasan ini bisa terjadi. Ada banyak penyebab akun Instagram diretas, yaitu sebagai berikut.

Gunakan kata sandi umum yang mudah ditebak oleh peretas. Oleh karena itu, gunakan kata sandi yang rumit dan sulit ditebak. Dipengaruhi oleh serangan phishing. Phishing adalah metode yang biasa digunakan oleh peretas untuk membajak akun media sosial. Ini berfungsi dengan mengirimkan tautan ke pesan teks, email, dan lainnya. Kemudian, Anda mengklik tautan dan memasukkan kata sandi Instagram Anda dan beberapa informasi lainnya. Tidak mengaktifkan autentikasi dua faktor. TFA sangat disarankan untuk mengamankan akun Anda dari peretasan karena jika seseorang ingin masuk ke akun Instagram Anda, Anda akan dimintai kode yang dikirimkan ke nomor Anda. Jika Anda merasa belum mengaktifkan akun Anda di saluran lain, bisa jadi itu adalah ulah peretas.

Baca juga: Lupa Kata Sandi Instagram? Ini Cara Mengatasinya!

Fitur – Fitur Instagram Diretas

Ada fitur yang sangat mudah ditemukan jika akun Instagram Anda diretas. Kalau kamu mengalami ciri-ciri di bawah ini, kamu perlu waspada, ya. Berikut ulasannya.

Tidak dapat masuk ke akun Instagram. Ada gambar-gambar aneh yang muncul di halaman umpan akun Anda. Meskipun Anda tidak memposting gambar. Ada banyak akun asin Instagram yang tiba-tiba Anda ikuti.

Cara Mengatasi Instagram Onretas

Jangan panik jika akun Instagram Anda dibajak oleh orang yang tidak dikenal. Ada beberapa cara cepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Segera ganti kata sandi yang sulit ditebak. Jika Anda gagal login, Anda dapat menggunakan opsi pemulihan akun dengan mengklik “lupa kata sandi” di halaman utama aplikasi Instagram. Lalu, ikuti semua langkahnya dengan benar dan cepat. Jika sudah berhasil login, segera aktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk mendapatkan keamanan berlapis. Jangan lupa laporkan kasus ini ke Instagram dengan memanfaatkan fitur “bantuan” di pengaturan. Periksa kembali aktivitas login Anda di fitur pengaturan, lalu aktivitas login. Dari fitur ini, Anda bisa melihat lokasi yang sudah login ke akun Instagram. Periksa semua data dan informasi, seperti alamat email dan nomor telepon.

Baca juga: Cara Mudah Download Video dari Instagram

Cegah Akun Instagram Tidak Aktifretas

Agar akun Instagram Anda aman dari hacker, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Gunakan Kata Sandi yang Kompleks

Semakin rumit kata sandi yang digunakan, maka akan semakin sulit bagi peretas untuk membobol akun Instagram Anda. Gunakan password yang terdiri dari kombinasi angka, huruf dan karakter. Juga, jangan bagikan kata sandi Anda dengan orang lain, bahkan orang terdekat Anda.

Aktifkan Fitur Otentikasi Dua Faktor

Fitur autentikasi dua faktor sangat disarankan untuk memberikan keamanan berlapis pada akun Instagram Anda. Otentikasi dua faktor adalah sistem keamanan untuk akun karena pengguna akan melakukan verifikasi dua langkah jika ingin masuk ke akun.

Biasanya kode ini berupa nomor yang akan dikirimkan melalui email atau SMS. Instagram memiliki fitur ini yang dapat Anda aktifkan dengan cara berikut. Buka aplikasi Instagram, lalu klik fitur “profile” di sisi kanan bawah. Kemudian, klik ikon tiga garis horizontal dan pilih menu pengaturan. Selanjutnya, pilih fitur keamanan> autentikasi dua faktor (2FA)> klik tombol “Mulai”. Ada tiga bentuk metode 2FA yang bisa dipilih, yakni melalui WhatsApp, SMS, dan aplikasi Instagram. Selain sebagai keamanan berlapis, kode ini bisa digunakan untuk memulihkan akun Anda jika Anda lupa kata sandi.

Aktifkan Mode Privasi

Privacy mode berfungsi untuk menutup informasi berupa profil atau postingan dari orang yang belum mengikuti (follow) akun Anda.

Jangan buka link asing

Memberikan tautan melalui SMS atau media lain adalah cara peretas untuk membobol akun Instagram Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan membuka link asing yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Baca juga: Cara Mudah Download Foto dari Instagram

Itulah cara mengatasi dan mencegah akun instagram diretas. Hacker punya banyak cara untuk membobol akun Instagram. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dan melindungi privasi Anda agar tidak bocor dan disalahgunakan oleh orang jahat.

#Solusi #termudah #untuk #mengembalikan #akun #Instagram #yang #diretas Solusi termudah untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di seluruh dunia. Pengguna dapat berbagi foto, video, dan cerita dengan teman dan keluarga mereka. Namun, seperti halnya platform media sosial lainnya, Instagram juga rentan terhadap pencurian akun. Jika akun Anda diretas, Anda mungkin merasa frustrasi dan bingung tentang bagaimana mengembalikan akun Anda. Berikut ini adalah solusi termudah untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas.

Pertama, cobalah untuk mengingat kata sandi Anda. Banyak pengguna lupa kata sandi mereka, dan jika Anda salah satunya, Anda dapat menggunakan fitur lupa kata sandi Instagram untuk menyetel ulang kata sandi Anda. Anda hanya perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, dan Instagram akan mengirimkan tautan untuk menyetel ulang kata sandi Anda.

Kedua, jika Anda tidak bisa mengingat kata sandi Anda, Anda dapat menghubungi tim dukungan Instagram. Mereka dapat membantu Anda untuk mengembalikan akun Anda. Anda hanya perlu mengirimkan tiket dukungan dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Ketiga, jika Anda tidak dapat mengakses email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, Anda dapat menggunakan fitur Akun Terkait Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan akun Instagram Anda dengan akun Facebook atau akun Twitter Anda. Jika Anda telah menghubungkan akun Anda dengan akun Facebook atau Twitter, Anda dapat mengakses akun Instagram Anda melalui akun tersebut.

Keempat, Anda juga dapat menggunakan fitur Pertanyaan Keamanan Instagram untuk mengakses akun Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih pertanyaan keamanan pribadi yang akan dijawab oleh Anda untuk mengakses akun Anda.

Itulah beberapa solusi termudah untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas. Jika Anda mengalami masalah dengan akun Instagram Anda, pastikan untuk mengikuti salah satu dari solusi di atas.

Source: www.sepulsa.com