Resep Steak Daging Sapi Empuk dan Juicy, Gampang Banget!

Majikanpulsa.com – Resep Steak Daging Sapi Empuk dan Juicy, Gampang Banget!

#Resep #Steak #Daging #Sapi #Empuk #dan #Juicy #Gampang #Banget

Beef steak merupakan menu western yang sering dijadikan menu andalan di berbagai restoran mewah. Namun, bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah, ada resep beef steak mudah yang bisa Anda ikuti.

Dengan membuat beef steak sendiri di rumah, tentunya harganya jauh lebih murah dengan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Steak juga bisa menjadi alternatif olahan daging sapi di rumah jika Anda bosan mengolahnya menjadi bakso atau rendang.

Jika sudah beberapa kali mencobanya, cara membuat steak daging sapi akan mudah lho. Bahan dan alat juga mudah ditemukan. Nah, buat kamu yang berencana membuatnya, berikut resep beef steak ala rumahan yang empuk, juicy, dan sederhana.

Baca Juga: 8 Cara Merebus Daging Agar Empuk dan Tidak Bau, Wajib Tahu!

Resep Steak Daging Sapi

Agar sobat Shopee bisa memasak steak daging sapi dengan mudah, simak alat, bahan, dan langkah-langkahnya berikut ini. Jumlah resep beef steak bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

A. Alat untuk memasak steak daging sapi

B. Bahan untuk memasak steak daging sapi

400 gram sirloin sapi lokal 2 kuning telur 2 sdm tepung terigu 1 sdt garam 2-4 sdm lada hitam 1 sdm tepung maizena 6 siung bawang putih (jangan dikupas) 2-4 batang rosemary, dihaluskan 6 sdm mentega

C. Bahan saus steak

1-2 sendok makan saus steak atau saus BBQ 1 sendok makan saus tomat 500 ml kaldu sapi (6 kubus kaldu sapi, larutkan) ½ sendok makan kecap asin 5 siung bawang merah lada hitam secukupnya 100 ml krim 15 ml jus apel kemasan

Cara Membuat Steak Daging Sapi

Jika alat dan bahan sudah tersedia di dapur, ikuti resep steak daging sapi dengan bumbu lada hitam seperti di bawah ini.

Ambil dagingnya dan keringkan dengan handuk kertas. Tumbuk sirloin dengan bagian belakang pisau di kedua arah, lalu haluskan. Ambil kuning telur dan gosokkan pada daging yang telah dikocok sebelumnya. Bumbui beef steak dengan lada hitam, garam, tepung terigu dan tepung maizena (rendam beberapa menit). Untuk sausnya, campurkan kuahnya dengan saus steak (saus BBQ), saus tomat, kecap asin, lalu aduk hingga merata. Hancurkan bawang putih dan potong daun rosemary. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak. Panggang daging sapi selama 2-3 menit, lalu balik. Tambahkan mentega, bawang putih yang dihancurkan, dan daun rosemary. Setelah mentega meleleh, tuangkan di atas daging hingga tingkat kematangan yang diinginkan (rare, medium rare, medium, medium well, atau well). Istirahatkan daging selama 5-10 menit. Iris bawang merah. Tumis bawang merah di wajan yang digunakan untuk memasak steak agar rasanya lebih kaya. Tambahkan lada hitam, jus apel dan kaldu, masak selama 2-3 menit dengan api besar. Jangan lupa tambahkan krim dan mentega, lalu aduk rata dan matikan kompor. Ambil dagingnya, boleh dipotong atau tidak. Sajikan dengan saus, bisa ditambah dengan sayuran jika diinginkan. Steak bisa dinikmati bersama orang tersayang!

Tips Membuat Steak Daging Empuk

Beda jenis daging, beda cara memasaknya. Sobat Shopee perlu tahu cara memasak beef steak yang benar agar bisa mendapatkan rasa yang enak dengan tekstur yang lembut.

Oleh karena itu, setelah mengetahui resep steak daging sapi di atas, baca juga tips mendapatkan tekstur daging agar empuk berikut ini.

Tumbuk daging dengan punggung pisau secara dua arah, depan dan belakang, lalu geprek. Anda bisa mengasinkan daging dengan kuning telur, tepung maizena, dan tepung. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa melunakkan daging dengan alat atau menggunakan baking powder. Pastikan Anda menggunakan wajan yang bagian bawahnya tebal dan berkualitas baik agar steak matang secara merata. Agar daging empuk dan matang merata saat mengaplikasikan resep beef steak di atas, gunakan teknik busting saat memasaknya. Mengistirahatkan atau mengistirahatkan daging agar tekstur juicy tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Praktis! 3 Resep Daging Asap Sederhana yang Enak dan Mudah Dibuat

Beli Bahan Steak Daging Sapi dengan Pengiriman Instan Shopee

Menerapkan resep steak daging seperti yang sudah dijelaskan di atas itu gampang-gampang susah ya Sobat Shopee. Namun, jika sudah terbiasa, prosesnya akan terasa lebih mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki berbagai alat untuk membuatnya.

Salah satu alat yang cukup vital untuk membuat steak adalah wajan yang tebal dan berkualitas. Anda dapat membeli alat tersebut di Shopee dan memanfaatkan Pengiriman Instan Shopee. Tidak hanya panci atau wajan, ada juga berbagai kebutuhan dapur lainnya.

Jangan khawatir menunggu lama, dengan metode pengiriman cepat Shopee ini, paket Anda akan tiba di rumah hanya dalam 2 jam. Kamu juga bisa mendapatkan gratis ongkos kirim hingga Rp50.000 dengan menggunakan berbagai metode pembayaran, seperti COD, ShopeePay, SPayLater pay later, kartu kredit, transfer bank, dan lainnya.

#Resep #Steak #Daging #Sapi #Empuk #dan #Juicy #Gampang #Banget Resep Steak Daging Sapi Empuk dan Juicy, Gampang Banget!

Source: shopee.co.id