Kepala WhatsApp mengkritik Telegram karena menyesatkan penggunanya atas enkripsinya

Majikanpulsa.com – Artikel Kepala WhatsApp mengkritik Telegram karena menyesatkan penggunanya atas enkripsinya

#Kepala #WhatsApp #mengkritik #Telegram #karena #menyesatkan #penggunanya #atas #enkripsinya

WhatsApp (atau lebih tepatnya perusahaan induk Meta) sedang menyerang – beberapa bulan yang lalu Mark Zuckerberg mengklaim bahwa “WhatsApp jauh lebih aman daripada iMessage”, sekarang aplikasi perpesanan lain, Telegram, telah dipanggil oleh Will Cathcart, kepala WhatsApp di Meta.

Cathcart mengutip sebuah artikel oleh Wired dan kritiknya sendiri terhadap implementasi enkripsi end-to-end (E2EE) Telegram. Itu belum diverifikasi secara independen, kata Cathcart, dan ada kelemahan lain, misalnya tidak diaktifkan secara default dan E2EE tidak tersedia untuk obrolan grup (karena masalah yang ditimbulkannya saat mencadangkan data Anda, menurut Telegram sendiri) .

Telegram tidak dienkripsi end-to-end secara default dan tidak menawarkan e2ee untuk grup. Dari artikel: “Telegram memiliki kapasitas untuk membagikan hampir semua informasi rahasia yang diminta pemerintah”

— Will Cathcart (@wcathcart) 10 Februari 2023

Tim Telegram memiliki kritik tersendiri terhadap WhatsApp. Misalnya, opsi untuk mencadangkan obrolan ke Google Drive secara efektif menonaktifkan enkripsi karena cadangan tidak dienkripsi dan lembaga pemerintah dapat mengajukan petisi ke Google untuk data tersebut, bukan WhatsApp.

Tentu saja, kedua belah pihak berkepentingan untuk mengklaim bahwa layanan mereka lebih unggul dari yang lain. Anda dapat membaca utas Twitter Cathcart untuk detail lebih lanjut tentang kritiknya terhadap Telegram. Artikel Wired itu juga patut dibaca, ia menceritakan beberapa contoh otoritas Rusia yang tampaknya memiliki akses ke obrolan rahasia Telegram. Terlebih lagi, API lokasi Telegram yang cacat mungkin telah memberikan lokasi pengguna hingga sekitar radius 3km/2mi. Telegram mengerjakan ulang API tetapi mungkin tidak benar-benar memperbaiki masalah ini.

Melalui

#Kepala #WhatsApp #mengkritik #Telegram #karena #menyesatkan #penggunanya #atas #enkripsinya Kepala WhatsApp mengkritik Telegram karena menyesatkan penggunanya atas enkripsinya

Source: www.gsmarena.com