Cara Menaikkan Harga Tanpa Risiko Kehilangan Pelanggan

Majikanpulsa.com – Cara Menaikkan Harga Tanpa Risiko Kehilangan Pelanggan

#Cara #Menaikkan #Harga #Tanpa #Risiko #Kehilangan #Pelanggan

Bagi investor miliarder Warren Buffet, hal terpenting yang dia cari dalam bisnis adalah kemampuan untuk menentukan harga, di mana “Jika kita memiliki kemampuan untuk menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan, maka kita memiliki bisnis yang sangat bagus.

Ada beberapa strategi yang dapat kami gunakan untuk meminimalkan dampak kenaikan harga dan memastikan konsumen tetap setia pada bisnis kami. Kenaikan harga tentu saja tidak pernah disukai dan selalu ada risiko kehilangan pelanggan. Namun, kita tidak perlu takut menaikkan harga.

Berikut adalah panduan untuk mengomunikasikan perubahan harga kepada pelanggan dengan cara yang lebih mudah diterima dan dipahami oleh mereka.

1. Jelaskan Untung Bukan Alasan

Yang paling penting adalah terbuka tentang kenaikan harga dan jelaskan alasannya. Karena itu kabar buruk. Kita mungkin tergoda untuk tidak memberi tahu mereka, dan berharap mereka tidak menyadarinya.

Sebenarnya, di beberapa bisnis tertentu ini akan berhasil. Seperti di bisnis retail sembako, kita tidak perlu membuat pengumuman saat harga sudah naik. Namun, untuk bisnis di mana kita memiliki banyak pelanggan tetap, mereka pasti akan memperhatikan, dan mereka akan merasa telah ditipu oleh kita.

Jadi beri tahu mereka tentang kenaikan harga dan alasannya agar mereka mengerti. Namun, jangan meminta maaf atau menyalahkan diri sendiri. Bersikaplah positif dan tunjukkan kepada pelanggan mengapa kenaikan harga itu logis dan adil. Misalnya, bisnis Anda mungkin terpaksa menaikkan harga karena kenaikan biaya bahan baku. Kedengarannya lebih alami untuk menyalahkan harga bahan mentah pada pelanggan, tetapi itu bukan strategi yang baik menurut pakar penjualan Grant Cardone.

“Jangan pernah menyalahkan inflasi.” tapi “Tingkatkan nilai penawaran Anda.”

Kami akan membahas cara memberikan nilai pada tahap selanjutnya, tetapi intinya bukan untuk meminta maaf.

kami dapat menyebutkan kenaikan biaya, tetapi dengan cara yang lebih positif. seperti:

“Biaya kami meningkat sebesar 20% dibandingkan tahun lalu sehingga kami perlu melakukan beberapa perubahan dalam struktur harga kami untuk mempertahankan kualitas atau layanan yang kami miliki untuk meningkatkan harga kami”

2. Informasikan tentang Nilai-Nilai kita

Beberapa pelanggan sangat sensitif terhadap harga, tetapi kebanyakan orang tidak membeli berdasarkan harga saja. Banyak yang akan bertahan jika mereka menilai produk kita bagus. Jadi ambil kesempatan ini dan ingatkan mereka tentang apa yang mereka dapatkan.

“Komunikasikan nilai inti produk dalam pengumuman dan pastikan pelanggan mengingat elemen unik dari solusi versus kompetisi,” tulis Lisa Singer di Sirius Decisions.

“Misalnya, jelaskan secara khusus beberapa manfaat yang kami berikan selama beberapa tahun terakhir dan jelaskan mengapa kenaikan biaya akan mendukung perusahaan untuk mengatasi lebih banyak masalah konsumen di masa depan.”

Anda juga dapat menambahkan bonus layanan, atau peningkatan produk. Sulit bagi orang untuk membayar lebih untuk produk yang sama, tetapi jika kami dapat memberikan dukungan atau layanan tambahan, itu akan lebih dapat diterima. Atau dengan produk, kami dapat menambahkan fitur tambahan, atau menawarkan jaminan yang lebih lama atau insentif lain yang akan membuat pelanggan merasa mendapatkan lebih dari sebelumnya,

3. Adil untuk Pengguna Setia

Kenaikan harga sangat sulit terutama ketika kami memiliki sistem berlangganan, di mana pengguna telah lama menikmati layanan kami, berharap harga tetap sama. Jadi jika kita ingin menghindari kekecewaan banyak pelanggan, alangkah baiknya jika kita memberikan penawaran khusus untuk pelanggan yang sudah ada.

Misalnya, jika kami membuat layanan yang memenuhi syarat untuk 99rb per bulan, tetapi kami telah memutuskan untuk menaikkan harga menjadi 199rb, maka biarkan pelanggan lama kami menggunakan harga awal dan hanya membebankan biaya yang lebih tinggi kepada pelanggan baru. Atau jika kita ingin semua orang membayar 199K, setidaknya coba tawarkan insentif atau diskon untuk pelanggan yang sudah ada.

4. Berkomunikasi dengan intens

Komunikasikan kenaikan harga kami baik di media sosial, forum atau di toko. Karena tanpa informasi sebelumnya bisa lepas kendali dan membuat pelanggan tidak senang. Oleh karena itu, kami memerlukan rencana komunikasi yang komprehensif untuk memastikan kami tetap berada di jalur yang benar.

Hal ini bisa dimulai dengan menghubungi pelanggan utama terlebih dahulu sebelum melakukan pengumuman. Lakukan satu per satu jika Anda bisa, sehingga lebih personal dan kami dapat menjelaskan perubahan serta menjawab pertanyaan apa pun yang mereka miliki. Kemudian, sebelum mengumumkannya, kami perlu mengkomunikasikan kenaikan harga tersebut secara internal, untuk memastikan semua orang di perusahaan kami mengetahui perubahan tersebut dan siap untuk membahasnya. Ini penting untuk staf pemasaran atau layanan pelanggan lainnya, mungkin kami dapat memberi mereka beberapa panduan contoh untuk membantu mereka berbicara tentang struktur penetapan harga yang baru.

Selanjutnya, kita perlu membuat pengumuman, mengirim pesan ke semua pengguna sekaligus dan mungkin mempostingnya di media sosial kita.

waktu juga penting di sini. Pastikan Anda memberi tahu sebanyak mungkin orang sebelum harga naik.

Jika pengumuman sudah selesai, berikan jawaban atas beberapa pertanyaan baik melalui sosial media maupun handphone, karena jika kita membiarkan pesan tidak terjawab kita tidak hanya akan membuat pelanggan merasa diabaikan, tetapi kita juga akan mendorong orang lain untuk menyampaikan keluhannya. . Hal ini setidaknya membuat mereka merasa telah diperlakukan dengan adil.

5. Menawarkan Berbagai Pilihan

Cara terbaik untuk memperlancar kenaikan harga adalah dengan menawarkan opsi berlangganan.

Pada contoh sebelumnya, ketika penawaran reguler berubah dari 99k menjadi 199k per bulan, mungkin kita harus menawarkan versi layanan yang lebih murah dengan harga 99k.

Dengan begitu, masyarakat dengan budget yang sangat kecil tetap bisa menggunakan layanan kami. Jadi, alih-alih hanya menggandakan harga penawaran utama dan membuat pelanggan menerimanya, cobalah memberi mereka pilihan. Itu bisa sedikit membandingkan antara harga lama dan baru. Orang akan memiliki ide untuk membandingkan harga baru dengan pilihan lain yang tersedia, dan juga akan fokus pada nilai yang ditawarkan.

Itu cara untuk menaikkan harga dan mengurangi dampak pada pelanggan kami. Komunikasi yang jelas adalah kuncinya, tetapi penting juga untuk menawarkan opsi berlangganan, berbicara tentang nilai penawaran, dan bersikap percaya diri daripada meminta maaf. Dapatkan informasi harga emas batangan terbaru di Pegadaian. Dengan begitu, Anda akan terinformasi dan juga mendapatkan harga terbaik saat berencana membeli emas batangan.


Cara Menaikkan Harga Tanpa Risiko Kehilangan Pelanggan

#Cara #Menaikkan #Harga #Tanpa #Risiko #Kehilangan #Pelanggan

Sumber : sahabat.pegadaian.co.id