Amalan Ibadah yang Dianjurkan di Bulan Ramadhan

Amalan Ibadah yang Dianjurkan di Bulan Ramadhan

#Amalan #Ibadah #yang #Dianjurkan #Bulan #Ramadhan

Majikanpulsa.com

Bulan suci Ramadhan dinantikan oleh seluruh umat Islam tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Meski mirip dengan bulan-bulan lain dalam penanggalan Hijriah yang hanya terjadi setahun sekali, namun bulan ini sangat istimewa. Hal ini dikarenakan ada ibadah wajib yaitu puasa dan ibadah sunnah shalat tarawih yang hanya bisa dilakukan pada bulan tersebut. Selain itu, ibadah dan amal yang dilakukan di bulan ini lebih banyak pahalanya daripada ibadah yang dilakukan di waktu-waktu lainnya.

Apa saja amalan yang dianjurkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan? Berikut kami berikan beberapa daftarnya.

  1. Memperbanyak ibadah atau sholat malam

Menurut Hadits Al-Bukhari dan Muslim menurut Aisyah RA bahwa Nabi SAW ketika memasuki 10 malam terakhir mengencangkan ikat pinggang (serius dalam beribadah), memeriahkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan menganjurkan istri-istrinya untuk beribadah. Ibadah yang dimaksud di sini meliputi shalat malam dan dzikir sampai subuh.

  1. Buka puasa dengan suguhan manis

Dikatakan oleh Iman Ja’far Ash Shidiq bahwa Rasulullah SAW biasa memulai berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis. Jika tidak ada, maka mereka akan membuka gula atau kurma.

  1. melakukan sahur

Diantara banyak keutamaan di bulan suci ramadhan yang biasa kita lakukan adalah sahur. Tidak hanya untuk mendapatkan tenaga di siang hari puasa, jika kita melakukan sahur kita akan mendapatkan pahala karena salah satu aktivitas yang kita lakukan.

  1. Mempercepat sholat Maghrib setelah berbuka puasa

Mengutamakan shalat Maghrib merupakan salah satu sunnah yang dicontohkan Nabi SAW sesaat setelah berbuka puasa dan sebelum makan besar.

  1. Membaca atau membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan merupakan ibadah yang paling banyak dilakukan oleh umat Islam. Saat itu, banyak orang membaca dan berlomba-lomba memahami Al-Quran bahkan berkali-kali karena keunggulannya dibanding yang lain. Artinya, setiap surat yang dibaca bernilai sepuluh kebajikan. Bayangkan banyak keutamaan yang akan diraih setelah memahami Al-Quran.

  1. I’tikaf atau mengheningkan cipta di masjid

Artinya tidak hanya orang yang tinggal di mesjid, tetapi juga melakukan ibadah pada saat itu. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada 10 malam terakhir Ramadhan dengan keinginan untuk mencapai lailatul qadar.

  1. Memberi sedekah dan memperbanyak sedekah

Zakat di luar Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi yang mampu. Hal ini dilakukan selain untuk meningkatkan pahala dan kepedulian serta membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu diyakini pula bahwa bersedekah dengan ikhlas akan diampuni dosanya oleh Allah SWT.

Pada kesempatan yang baik ini, salah satu mitra kami yaitu Lazis Jateng kembali menerima Zakat, Infak, Shadaqah, dan Donasi lainnya atas kerjasama NICEpay Indonesia. Dengan kerjasama kami berharap dapat memudahkan Anda untuk berdonasi, terutama di masa pandemi ini.

Ramadhan tahun ini, Lazis Jateng mengambil tema “Puzzle Ramadhan” yang bertujuan untuk menyatukan kebaikan Ramadhan, mempererat kepedulian dan kebahagiaan bagi sesama untuk mendapatkan kemuliaan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Ada program khusus yang diselenggarakan untuk memberikan sumbangan kepada penerima manfaat.

Khusus bagi Anda yang berada di Jawa Tengah dan sekitarnya, mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini dengan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan Lazis Jateng dengan mengunjungi https://lazisjateng.org/.

NICEpay adalah penyedia payment gateway Indonesia tidak hanya menyediakan layanan virtual account melalui 12 bank besar di Indonesia, tetapi juga layanan pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Direct Debit, E-wallet dan QRIS, Convenience Store, Cicilan Non Bank, Payment Link, hingga Layanan SMS Broadcast dan juga Disbursement.

Tidak hanya berperan sebagai solusi pembayaran Indonesia yang terpercaya aman dengan lisensi PCIDSS Level 1 yang selalu diperbaharui setiap tahun dan lisensi dari Bank Indonesia. Selain itu, fitur FRISK (Fraud & Risk Identification System) yang diimplementasikan dapat membantu dalam proses identifikasi dan juga memantau transaksi berisiko pada berbagai parameter. Sehingga keamanan dalam standar internasional dapat terjaga.

Sedangkan untuk bantuan 24/7, tim Customer Service kami yang berpengalaman dalam menyelesaikan masalah transaksi Anda akan siap menjawab melalui email, chat WhatsApp, atau telepon.

Jadi tunggu apa lagi? Bagi Anda yang belum bergabung sebagai merchant kami dan tertarik untuk memulai kerjasama dan mendapatkan keuntungan lebih dari program promosi semacam ini, silakan daftarkan bisnis Anda dengan mengklik tombol di bawah untuk mengunjungi website kami dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan kami.

Miliki NICEpay!

Referensi: lazisjateng.org, kemenag.go.id, orami.co.id

#Amalan #Ibadah #yang #Dianjurkan #Bulan #Ramadhan Amalan Ibadah yang Dianjurkan di Bulan Ramadhan