Perbedaan Antara Keamanan TI dan Keamanan Siber

Perbedaan Antara Keamanan TI dan Keamanan Siber

Keamanan TI dan keamanan siber sering digunakan secara bergantian, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Keamanan TI mencakup perlindungan terhadap perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan, sementara keamanan siber meliputi segala aspek perlindungan data, aplikasi, dan pengguna internet. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat menjaga keamanan secara efektif dalam lingkungan komputer dan teknologi informasi.

Keamanan siber dan teknologi informasi bertujuan untuk menjaga keamanan pengguna, gadget, dan data, tetapi mereka melakukan ini dengan cara yang berbeda.

TI berarti “Teknologi Informasi,” yang menggunakan komputer, peralatan jaringan, dan perangkat lunak untuk menyimpan dan berbagi informasi. Melindungi jaringan, komputer, dan aset digital dari intrusi adalah tujuan utama keamanan siber.

Bidang apa pun mengharuskan anggotanya untuk melakukan tugas tertentu. Jika Anda memasukkan TI atau keamanan siber, Anda harus menjaga data sensitif dan manusia tetap aman dari peretas. Penipuan identitas, kehilangan data, akses ilegal ke email atau basis data, dan pemasangan perangkat lunak berbahaya adalah beberapa dari banyak hasil buruk peretasan.

Berikut adalah pandangan yang lebih dalam tentang persamaan dan perbedaan antara keamanan TI dan kejahatan dunia maya.

Keamanan TI vs. Keamanan Siber: Apa kesamaannya?

Mari kita mulai dengan mengklarifikasi kemungkinan kesalahpahaman antara dua kata dengan makna yang sebanding. Kedua istilah tersebut menjelaskan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah akses tidak sah ke atau penggunaan sistem informasi atau untuk mengembalikannya ke keadaan sebelumnya setelah serangan.

Selain itu, ada hubungan yang kuat antara keamanan internet dan keamanan TI. Meskipun kedua proses tersebut sebanding dan dapat bekerja sama secara efektif, penting untuk membedakannya untuk hasil yang optimal.

Perlindungan data yang sebenarnya adalah masalah dalam keamanan internet dan keamanan TI. Kedua pendekatan mengambil tindakan pencegahan terhadap kebocoran data, seperti mengamankan pintu ke area server dan hanya mengizinkan personel yang berwenang di dalam.

Selain itu, TI dan keamanan siber mengevaluasi nilai data yang ingin mereka jaga. Dengan kata lain, kedua praktik tersebut bertujuan untuk memprioritaskan data penting. Misalnya, Anda mengelola bank. Inventaris nama pelanggan Anda adalah informasi berharga, tetapi melindungi nomor ID, kode PIN, dan alamat mereka bisa dibilang lebih penting.

Sebagian besar tindakan pencegahan diambil untuk melindungi data sensitif dalam TI dan keamanan dunia maya.

Apa itu keamanan TI?

Keamanan TI adalah subjek yang jauh lebih luas daripada keamanan siber karena memungkinkan seseorang untuk melindungi tidak hanya data yang telah direkam secara digital tetapi juga data yang bersifat rahasia dan penting dan perlu dilindungi. Jenis data ini membutuhkan keamanan dan perlindungan.

Tanggung jawab keamanan TI meliputi:

  • Keamanan fisik – membatasi entri ke komponen rahasia oleh individu yang tidak diinginkan.
  • Keamanan dari pelanggaran teknologi – Informasi yang disimpan di jaringan atau dalam perjalanan ke atau dari jaringan dilindungi oleh langkah-langkah keamanan teknis.
  • Keamanan administratif – mengacu pada aturan dan prosedur untuk membatasi aktivitas jaringan yang berbahaya atau tidak pantas.

Jika Anda seorang profesional keamanan TI, Anda dapat memiliki pengetahuan keamanan siber fungsional tanpa mengkhususkan diri atau bekerja di lapangan. Profesional keamanan TI dapat menangani semuanya mulai dari memastikan keamanan fisik perangkat perusahaan hingga memastikan koneksi jaringan secara konsisten. Cakupannya cukup luas.

Jenis Keamanan TI

Berikut adalah beberapa jenis keamanan TI yang dapat membantu bisnis menjaga keamanan data penting:

  • Kontrol Akses: Langkah-langkah keamanan ini menentukan karyawan mana yang dapat menangani informasi dan sumber daya bisnis yang sensitif. Ini membatasi kemampuan karyawan untuk memanfaatkan sumber daya internet perusahaan secara fisik.
  • Kontrol Kepatuhan: Norma keamanan siber dan undang-undang perlindungan data adalah fokus mereka, dengan yang terakhir memiliki pengurangan risiko keamanan sebagai tujuan yang dinyatakan. Mereka membutuhkan evaluasi risiko yang terkait dengan keamanan data dan penegakan peraturan terkait.
  • Kontrol Prosedural: Aset berwujud perusahaan, seperti pusat data, sistem komputer, dll., Akan dipantau untuk mengidentifikasi dan mengurangi ancaman keamanan. Mereka juga mencakup struktur keamanan, protokol dan strategi reaksi peristiwa, pelatihan kesadaran keamanan, dan pendidikan kepatuhan.
  • Kontrol Teknis: Autentikasi multifaktor (MFA) digunakan untuk login, oleh program antivirus dan perlindungan, dan di tempat lain untuk meningkatkan keamanan.

Mengapa Keamanan TI penting?

Dalam hal keamanan data perusahaan, keamanan siber dan keamanan iIT memainkan peran penting dalam operasi bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi yang lebih penting yang dilakukan oleh keamanan informasi:

  • Jaminan kapasitas perusahaan yang berkelanjutan untuk beroperasi secara efektif
  • Itu protects informasi yang dikumpulkan, dipelihara, dan dimanfaatkan oleh organisasi.
  • Ini memberi bisnis kemampuan untuk menjalankan aplikasi dengan aman dalam infrastruktur TI mereka.
  • Ini melindungi aset teknologi organisasi.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu keamanan TI dan bagaimana ia melindungi data orang dan bisnis, mari kita definisikan keamanan dunia maya dengan cepat sebelum membaca tentang perbedaannya.

Apa itu Keamanan Siber?

Memahami pentingnya data, ancaman yang dihadapinya, di mana ia berada, dan banyak lagi sangat penting untuk menjaganya tetap aman. Dengan ini, Anda bertujuan untuk melindungi informasi pribadi dan penting dari pengintaian.

Pakar keamanan siber tidak khawatir tentang melindungi perangkat keras perangkat seperti server, PC, router, sakelar, modem, iPad, ponsel, dan banyak lagi, tetapi mereka melindungi informasi yang tersimpan di dalamnya.

Jenis Keamanan Siber

Keamanan siber mencakup berbagai subbidang, yang masing-masing menghadirkan tantangan uniknya bagi para ahli. Di bawah ini adalah sebagai berikut:

  • Keamanan Jaringan: Kategori keamanan ini melindungi jaringan agar tidak disalahgunakan, terganggu, diakses oleh pihak yang tidak sah, dan mengalami gangguan layanan. Kaspersky adalah salah satu program keamanan jaringan paling efektif yang tersedia.
  • Keamanan Cloud: Ini adalah kombinasi dari beberapa proses, perlindungan, teknologi, dan kebijakan berbeda yang dimaksudkan untuk berfungsi bersama untuk menjaga keamanan aplikasi dan infrastruktur berbasis cloud.
  • Keamanan Aplikasi: Prosedur ini membantu mengidentifikasi, memperbaiki, dan meningkatkan keamanan aplikasi. Akibatnya, bisnis dapat mencegah penjahat mendapatkan kode aplikasi dan data mereka dengan lebih baik.
  • Infrastruktur Kritis: Itu memanfaatkan berbagai program yang dapat melakukan berbagai tugas terkait keamanan, seperti perangkat lunak anti-malware, detektor virus, dan aplikasi serupa lainnya.

Mengapa keamanan siber itu penting?

Keamanan siber dan keamanan TI sama pentingnya saat melindungi informasi sensitif perusahaan dari bahaya eksternal. Beberapa alasan paling penting mengapa keamanan siber sangat penting bagi bisnis dibahas di bawah ini.

  • Baik orang maupun bisnis rentan terhadap serangan dunia maya.
  • Ada lebih banyak serangan siber karena laju perubahan dan perkembangan teknologi yang cepat.
  • Jika perusahaan tidak berinvestasi dalam Keamanan Cyber, aktor jahat dapat menyebabkan kerugian signifikan bagi perusahaan, operasinya, dan hilangnya data dan pekerjaan.
  • Korban serangan siber tidak terbatas pada korporasi.
  • Peraturan baru dan lebih baik untuk melindungi orang dan bisnis dari bahaya dunia maya dapat dikembangkan dengan bantuan pakar keamanan siber.

Bagaimana keamanan TI dan Keamanan Siber tumpang tindih?

Karena kejahatan dunia maya dan keamanan komputer sering digunakan secara bergantian, ada tumpang tindih di antara keduanya.

Informasi hari ini disimpan secara online di situs web lokal atau jarak jauh atau di cloud. Penyusup di dunia maya dapat memperoleh keuntungan dari data ini jika mereka dapat memperolehnya.

Bagi keduanya, melindungi kepentingan data adalah penting. Keamanan TI berfokus pada menjaga kerahasiaan informasi sensitif sambil menjaga sistem penting tetap online dan dapat diakses setiap saat. Menjaga agar informasi tidak diakses secara tidak sengaja secara online adalah fokus utama keamanan siber.

Dalam kedua kasus tersebut, struktur keamanan yang mencakup keamanan yang memadai harus dibuat untuk mencegah akses ilegal ke informasi sensitif. Ini dimulai dengan memahami data mana yang jika dilihat tanpa izin, akan menyebabkan kerugian paling signifikan bagi perusahaan.

Di mana tim yang berbeda di dunia memiliki sumber daya khusus, kedua tim kemungkinan akan berkolaborasi untuk mengembangkan kerangka kerja data yang aman, dengan kelompok keamanan informasi memilih data yang akan diamankan dan tim keamanan siber membuat perjanjian untuk perlindungan data.

Keamanan TI vs. Keamanan Siber: Apakah Perbedaannya?

Sekarang, mari kita bahas perbedaan antara keamanan TI dan keamanan siber secara mendalam sehingga Anda dapat membedakannya dan memahami teknologi mana yang akan digunakan.

Sistem yang digunakan untuk menyimpan dan mengkomunikasikan informasi digital adalah penekanan utama dari teknologi informasi. Sebaliknya, keamanan siber terutama melindungi informasi digital yang disimpan dalam jaringan tersebut.

Target utama dari langkah-langkah keamanan siber biasanya adalah data dan sistem yang ada di ranah digital. Beberapa contoh infrastruktur adalah pusat data dan jaringan area lokal yang menyimpan dan bertukar informasi.

Singkatnya, keamanan siber adalah praktik menjaga agaINST akses tidak sah ke informasi sensitif yang disimpan di komputer, jaringan, atau perangkat lunak.

Individu yang bekerja di bidang TI dan keamanan siber menggunakan berbagai nama yang menunjukkan tingkat sekolah, keahlian, dan ruang lingkup tanggung jawab mereka.  Keamanan TI adalah subbidang yang menjaga keamanan data, sistem, dan jaringan sensitif.

Setiap rencana untuk melindungi aset digital dan mengawasi potensi pelanggaran keamanan adalah kemungkinan hasil dari pekerjaan spesialis keamanan TI. Data mungkin dilindungi, tetapi mereka juga dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi perangkat keras yang menyimpannya.

Keamanan TI melindungi perangkat dan data dari akses yang tidak diinginkan. Di sisi lain, Keamanan Siber dianggap sebagai bagian dari keamanan komputer oleh beberapa ahli. Pekerja teknologi informasi, keamanan siber, dan keamanan informasi sering berbagi tugas.

InfoSec melindungi data selama transfer dan penyimpanan. Keamanan informasi mencakup semua jenis data.

Spesialis TI mengembangkan dan mengawasi aturan keamanan pengguna, jaringan, dan data. Profesional dalam keamanan TI mengajar orang-orang yang menggunakan jaringan tentang masalah keamanan dan mendesak mereka untuk mengikuti standar keamanan, memeriksa peristiwa keamanan, dan mencatat apa yang terjadi untuk menghentikan ancaman berulang.

Akhir Kata

Pada akhir posting blog ini, Anda harus lebih memahami perbedaan dan kesejajaran antara dua jenis utama perlindungan data dan alasan kebingungan umum di antara mereka.

Menjaga keamanan data sensitif adalah prioritas keamanan siber dan TI utama. Dalam konteks ini, “keamanan TI” mencakup berbagai topik terkait. Tujuan utama sistem adalah untuk mencegah kehilangan data dalam keadaan apa pun. Ini juga bekerja dengan data digital dan fisik. Keamanan siber, sebaliknya, tidak hanya membahas informasi digital tetapi juga masalah terkait dunia maya seperti pelanggaran, serangan, penipuan, penegakan hukum, dan banyak lagi.

Dalam dunia teknologi informasi, keamanan TI dan keamanan siber seringkali disamakan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan signifikan. Keamanan TI lebih berkaitan dengan perlindungan fisik dan data pada perangkat dan jaringan. Sementara keamanan siber lebih melibatkan pencegahan serangan cyber. Memahami perbedaannya penting untuk melindungi organisasi dari ancaman cyber di era digital ini. Kunjungi https://majikanpulsa.com untuk informasi lebih lanjut.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Perbedaan #Antara #Keamanan #dan #Keamanan #Siber majikan pulsa Perbedaan Antara Keamanan TI dan Keamanan Siber