Aturan Baru DHE Dapat Meningkatkan Cadev Hingga US$50 Miliar

Majikanpulsa.com – Kabar Aturan Baru DHE Dapat Meningkatkan Cadev Hingga US$50 Miliar

#Aturan #Baru #DHE #Dapat #Meningkatkan #Cadev #Hingga #US50 #Miliar

Koordinator Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan baru pemberian Devisa Perolehan Devisa (DHE) akan mampu menambah cadangan devisa Indonesia hingga US$50 miliar per tahun. Menurutnya, hal itu akan meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia dari guncangan eksternal.

“Dari hasil ekspor itu, wajib ditahan selama 3 bulan di Indonesia. Holding-nya sekitar 30% dan dari perhitungan. Dari situ, kita bisa mencadangkan US$40 sampai US$50 miliar untuk satu tahun. Kalau itu kita lakukan. , ini lebih dari biasanya,” ujarnya dalam B-Universe Economic Outlook 2023 dikutip dari siaran pers, Selasa (14/2).

Cadangan devisa Indonesia yang indikator eksternalnya tercatat masih menunjukkan ketahanan yang baik. Pada Januari 2023, cadangan devisa Indonesia mencapai US$139,4 miliar, naik dari posisi Desember 2023 sebesar US$137,2 miliar.

Melalui regulasi DHE yang sedang disusun dan dibahas oleh pemerintah, diharapkan posisi cadangan devisa negara akan semakin tinggi. Airlangga menambahkan, mengambil kebijakan bersama Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan juga menyiapkan stimulus sebagai pendukung regulasi DHE nantinya.

Baca juga: Diakui Luhut, Indonesia sulit menjadi raja baterai kendaraan listrik

“Karena itu di P2SK (UU) sudah terintegrasi dalam pengelolaan dan lintas devisa. Tidak hanya dicatat. Jadi, ini satu lagi terobosan. Transformasi yang dilakukan Pemerintah dan itu antisipatif” kata Airlangga.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintah pusat sedang menyiapkan beberapa kebijakan besar lainnya untuk menghadapi perekonomian ke depan. Beberapa di antaranya adalah bauran kebijakan fiskal dan moneter yang tepat, UU Pembangunan dan Penguatan Sektor Keuangan, dan Perpu Cpita Kerja.

Pemerintah juga berkomitmen melakukan transformasi ekonomi untuk mencapai visi Indonesia 2045 melalui peningkatan industri hilir. Selain itu, peningkatan kapasitas SDM salah satunya melalui Program Kartu Prakerja yang menjadi game changer di masa pandemi covid-19 dan praktik menjadikan Indonesia fokus dunia.

Pemerintah juga berkomitmen untuk menerapkan ekonomi hijau yang ada di KTT G20 dan didukung oleh berbagai investasi dan kesepakatan internasional. Pemerintah juga membangun industri hilir guna meningkatkan nilai jual komoditas. Ekspor bahan mentah akan terus dikurangi dan industri hilir berbasis sumber daya alam di dalam negeri akan terus ditingkatkan. (OL-4)

#Aturan #Baru #DHE #Dapat #Meningkatkan #Cadev #Hingga #US50 #Miliar Aturan Baru DHE Dapat Meningkatkan Cadev Hingga US$50 Miliar

Source: mediaindonesia.com